TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

12 Tipe Umum Mahasiswa Berdasarkan Aktivitas di Kampus

Yang masuk tipe kupu-kupu mana?

ilustrasi mahasiswa (pexels.com/George Pak)

Kehidupan kampus memang memiliki banyak cerita. Tiap orang akan merasakan dunia kampus secara berbeda tergantung dari kegiatan yang di lakukan sebagai rutinitasnya.

Tidak ada jenis mahasiswa yang terbaik karena masing-masih punya poin pembelajaran dan momennya sendiri-sendiri. Berikut 12 tipe mahasiswa paling umum yang akan kamu jumpai di kampus...

1. Mahasiswa Kupu-Kupu

qz.com

Kupu-kupu = kuliah pulang – kuliah pulang

Kegiatan mahasiswa ini sehari-hari adalah kuliah, kemudian langsung pulang ke rumah. Bukan berarti mahasiswa ini kurang kesibukan, tapi bisa jadi karena sumber kesibukannya ada di rumah. Entah itu sudah harus mengurus anak, mengurus orangtua, menjalankan bisnisnya dari rumah ataupun kesibukan lainnya. Belajarlah untuk mendahulukan keluarga dari mahasiswa tipe ini.

2. Mahasiswa Kuda-Kuda

mirror.co.uk

Kuda-kuda = kuliah dagang – kuliah dagang

Jika kamu jeli melihat sekelilingmu saat kuliah, pasti ada mahasiswa yang berdagang sesuatu di luar jam kuliahnya. Baik berdagang suatu produk maupun jasa. Mahasiswa ini akan oportunis menawarkan jualannya di berbagai kesempatan, termasuk saat berteman dengannya di media sosial. Belajarlah pengalaman berdagang dari mahasiswa ini.

3. Mahasiswa Kura-Kura

keepo.me

Kura-kura = kuliah rapat – kuliah rapat

Kamu pasti akan melihat banyak sekali mahasiswa tipe ini di kampus. Mereka sangat sibuk rapat kerja atau rapat koordinasi di luar jam kuliah mereka. Baik itu untuk keperluan akademis, organisasi, unit kegiatan mahasiswa, event, proyek dan lain sebagainya. Belajarlah menjadi kritis dari mahasiswa tipe ini.

4. Mahasiswa Kunang -Kunang

sedanghangat.com

Kunang-kunang = kuliah nangkring-kuliah nangkring

Ada banyak tempat buat nangkring untuk mahasiswa, mulai dari warteg, warkop, pinggir jalan dengan abang-abang jualan pentol sampai taman kota dengan wi-fi gratis. Semua tempat itu digunakan untuk sekedar duduk, minum kopi, makan jajan bersama, menangkap Pokemon di Pokemon Go dan berbincang-bincang apapun yang bisa saja tiba-tiba mengarah pada kebijakan negara. Belajarlah cara menemukan perasaan santai dari mahasiswa jenis ini.

5. Mahasiswa Kucing-Kucing

huffingtonpost.com

Kucing-kucing = kuliah cari yang bening-kuliah cari yang bening

Konon katanya ada mahasiswa yang sejak dari jaman sekolah selalu berorientasi untuk mencari jodoh di kesempatan apapun. Jika ini masih berlanjut hingga dia kuliah, berarti kisah cintanya dari jaman sekolah tidak sukses.

Jalan pandangnya visioner, ia akan melihat apakah seseorang itu layak menjadi pendamping hidupnya hingga akhir hayat atau tidak. Postingan dan update-nya di media sosial berkisar pada cinta-cintaan. Kamu bisa belajar mengasah sisi romantismu dari mahasiswa ini.

Baca Juga: 15 Tipe Mahasiswa Berdasarkan Hobinya di dalam (dan di luar) Kampus, Kamu yang Mana?

6. Mahasiswa Kuman-Kuman

brit.co

Kuman-kuman = kuliah main-kuliah main

Kamu akan menemukan teman kuliah yang seakan-akan main melulu jika tidak kuliah. Kalaupun dia adalah anak rantau, dia tiba-tiba sudah tahu semua tempat main di kota tempat dia kuliah dalam waktu dekat.

Hobi main tidak berarti buruk, justru ini akan berguna ketika nanti di dunia kerja. Mereka akan terbiasa dengan istilah "work hard, play harder". Kamu perlu belajar untuk menemukan cara having fun di tengah kesibukan dari mereka.

7. Mahasiswa Kutu Kupret

usnews.com

Kutu kupret = Kuliah tugas-kuliah presentasi

Mahasiswa rajin atau bisa juga jenius ini biasanya menjadi korban saat mendapat tugas kelompok. Di luar jam kuliah, dia akan mengerjakan tugas kelompoknya dan pada saat presentasi, dia pun yang akan maju untuk presentasi hasil tugasnya karena memang hanya dia lah yang mengerti tugas tersebut.

Namun kondisi tersebut akan bermanfaat bagi dia sendiri karena mengerjakan tugas itu secara tidak langsung membuatnya belajar materi perkuliahan. Jangan terkejut jika mahasiswa tipe ini merajai top 20 chart IPK tertinggi di jurusanmu. Belajarlah menjadi rajin dari mereka.

8. Mahasiswa Kue-Kue

knox.edu

Kue-kue = kuliah gawe-kuliah gawe

Terlepas dari kondisi yang memang memaksa mereka harus bekerja ataupun memang bekerja karena keinginan sendiri, mahasiswa tipe ini jago membagi waktu dan energinya. Bayangkan ia harus menyelesaikan tugas kuliah dan lanjut menyelesaikan tugas di tempat kerjanya. Pengalaman kerja yang ia lakukan akan menambah catatan bagus riwayat hidupnya, sehingga memiliki nilai lebih dibanding teman lain ketika mencari kerja begitu lulus kuliah. Belajarlah untuk menjadi berdedikasi dari mereka.

9. Mahasiswa Kumus-Kumus

fbs.uny.ac.id

Kumus-kumus = kuliah musik-kuliah musik

Panggung menjadi dunia favorit mahasiswa jenis ini. Begitu jam perkuliahan selesai, bermusik adalah sebuah kewajiban. Mereka sadar bahwa cari kerja itu susah, jadi mereka memutuskan kuliah. Tapi keputusan ini tidak lantas membuat mereka melupakan passion utama mereka, yaitu bermusik. Kamu bisa belajar untuk memperjuangkan hal yang kamu cintai dari mereka.

10. Mahasiswa Kukur-Kukur

everything.plus

Kukur-kukur = kuliah kursus-kuliah kursus

Mahasiswa oportunis ini akan mengikuti berbagai macam training, seminar, workshop, penyuluhan, kursus, les dan semacamnya. Ada yang mengincar sertifikat atau piagam untuk memperindah daftar riwayat hidupnya, ada yang ingin menyerap ilmu sebanyak-banyaknya, ada yang ingin menambah koneksi dan ada juga yang mencari konsumsi gratisan (terutama mayoritas mahasiswa nge-kost). Belajarlah untuk melihat peluang dari mahasiswa tipe ini.

11. Mahasiswa Kuper-Kuper

jalantikus.com

Kuper-kuper = kuliah perawatan-kuliah perawatan

Tahukah kamu bahwa beberapa profesi walaupun di luar dunia hiburan, ada yang memandang penampilan sebagai syarat masuknya. Mahasiswa tipe ini membiasakan diri untuk mampu memenuhi kualifikasi itu. Tidak harus profesi yang mengharuskan mereka untuk berpenampilan menarik, namun terbiasa untuk berpenampilan menarik akan memberikan nilai lebih. Jadi kamu akan menemukan beberapa teman kuliah yang tampil kinclong dan warna atau model rambut berganti-ganti. Kamu bisa belajar menghargai diri sendiri dari mereka.

Baca Juga: 8 Pekerjaan Bergengsi yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Sambil Kuliah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya