7 Kesalahan di Media Sosial Ini Bisa Hancurkan Karirmu

Posting now, think later

7 Kesalahan di Media Sosial Ini Bisa Hancurkan Karirmu theodysseyonline.com

Line IDN Times

Di zaman serba maju sekarang ini, semua orang seperti sudah sangat tergantung dengan teknologi. Tidak mengenal usia, hampir semua orang pasti memiliki yang namanya media sosial. Tapi ternyata, dari banyaknya keuntungan menggunakan media sosial, ada juga yang bisa menimbulkan kerugian jika kamu tidak bijak dalam menggunakannya.

Karena media sosial itu seperti buku pribadi yang bisa dilihat semua orang, jadi jangan sampai kamu salah bicara atau mengeluarkan komentar yang tidak-tidak karena hal tersebut bisa berpengaruh dalam kemajuan karirmu, lho. Jadi, jangan sampai kamu melakukan kesalahan di media sosial seperti dibawah ini ya! Karena bisa menghancurkan karirmu loh.

1. Complain tentang perusahaan tempatmu bekerja.

Jika kamu merasakan ketidaknyamanan dalam hal apapun tentang pekerjaanmu, yang harus kamu lakukan bukan update status tapi menghubungi orang yang bertanggung jawab di kantormu atas ketidaknyamananmu. Pekerjaan memang butuh kenyamanan, tapi kalau kamu tidak mendapatkannya kamu tidak boleh juga membaginya di sosial media. Itu hanya akan menimbulkan kesan buruk terhadapmu, bukan terhadap tempat dimana kamu bekerja.

2. Membagikan konten yang kamu tidak tahu jelas apa isinya.

Saat kamu membagi sebuah link berisi konten, video atau apapun, kamu harus memastikan bahwa kamu tahu jelas apa isinya. Jangan sampai kamu asal membaginya saja dengan alasan lucu atau sedang heboh dibicarakan. Jika kamu asal-asalan menggunakan media sosialmu, kamu sendiri yang akan rugi karena orang lain, rekan kerja ataupun bosmu akan menganggap kamu adalah orang yang gegabah.

3. Memposting berita yang tidak benar atau menyebar fitnah.

Sekalipun kamu memiliki pendapat tentang sesuatu, maka pastikan postinganmu itu bersifat positif. Jangan sampai kamu mengatakan hal-hal negatif dengan bahasa yang tidak kalah kasarnya. Apalagi yang bersifat memaki, mencemooh atau menyakiti orang lain secara verbal. Kamu harus bisa menahan dirimu sekalipun kamu sedang marah. Jangan luapkan amarahmu di media sosial. Media sosial bukan tempat yang tepat untuk marah-marah.

4. Mengomentari postingan seseorang dengan maksud yang buruk.

Sekalipun kamu memiliki masalah dengan seseorang sehingga kamu tidak menyukai apapun yang dia posting, kamu jangan sampai mengomentari hal yang buruk tentangnya karena kamu bisa menimbulkan pertengkaran yang bisa dilihat semua orang secara terang-terangan. Lebih baik kamu bicara langsung padanya orang tersebut jika kamu memiliki masalah. Tapi yang lebih baik lagi, jangan bertengkar.

Baca Juga: Lakukan 8 Hal Ini di Sosial Mediamu, Dijamin Karirmu Akan Naik

5. Tidak mengetahui dengan benar kode etik tempatmu bekerja sehingga menyebarkannya begitu saja lewat sosial media.

Hal yang satu ini adalah terpenting dalam kesalahan menggunakan media sosial. Jangan sampai kamu menyebarkan data tempatmu bekerja yang bersifat rahasia karena ini jelas akan langsung mempengaruhi karirmu. Semua orang kantormu akan langsung tahu sekali kamu mempostingnya dan kamu pasti tidak akan dipertahankan lama oleh perusahaanmu ini karena sikapmu termasuk melanggar dan membahayakan perusahaan.

6. Membuat status yang berisi tentang curhatan tawaran pekerjaan di tempat lain.

Jangan sampai kamu becerita tentang tawaran pekerjaan yang datang padamu di saat kamu masih bekerja di perusahaan yang lama. Semua yang kamu posting memang adalah halmu, tapi memposting hal seperti ini sama sekali tidak pantas. Jika kamu mendapatkan tawaran pekerjaan yang baru, maka sebaiknya kamu berkonsultasi dengan orang, bukan barang.

7. Posting now, think later.

Apapun yang kamu posting di media sosial, jangan sampai kamu mempostingnya dulu setelah itu baru menyesal dan bingung harus berbuat apa. Pastikan postinganmu adalah postingan yang positif entah apapun bentuknya. Berpikirlah dulu sebelum melakukan sesuatu. Berpikirlah dulu sebelum menekan tombol ‘post’.

Media sosial memang adalah sarana yang baik untuk meningkatkan karirmu, tapi bisa juga menjadi penghancur jika kamu tidak tahu cara menggunakannya dengan baik. Jika kamu ingin membangun karirmu dengan baik, maka bangunlah image yang baik juga. Jadi sekarang sudah tau kan kesalahan-kesalahan di media sosial yang dapat membuat karirmu hancur. Semoga bermanfaat ya untuk kamu para millennials!

Baca Juga: 7 Kalimat Haram Kamu Ucapkan Pada Bos Kalau Gak Mau Dipecat

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI