Memiliki kesempatan untuk kuliah di luar negeri adalah impian semua orang. Mengapa tidak, dengan berkuliah  diluar negeri kamu akan menemukan suasana baru yang berbeda dan takjub mulai dari budaya, pola pikir, kebiasaan, cara belajar dan pastinya kamu akan bertemu dengan teman baru. Terlebih lagi kalau kamu kuliahnya pakai beasiswa, wah kamu pasti beruntung sekali!

Tapi kamu harus tahu apa yang harus kamu persiapkan sebelum apply beasiswa ke luar negeri, yuk simak informasinya.

1. Prestasi Akademik

Sudah Persiapkan 5 Hal Penting Ini? Kamu Layak Kuliah ke Luar NegeriInstagram.com/harvard

Kamu harus memiliki nilai rapor atau IPK yang baik setiap semesternya. Berusahalah untuk menjadi juara kelas dan ikuti beberapa olimpiade untuk menambah pengalaman kamu.

2. Prestasi Non-Akademik

Sudah Persiapkan 5 Hal Penting Ini? Kamu Layak Kuliah ke Luar NegeriInstagram.com

Selain jago di akademik kamu juga harus menggali bakat atau passion kamu, baik itu dibidang olahraga, musik, menulis, speaking, fotografi dan masih banyak lagi. Terus gali dan kembangkan bakatmu ya.

3. Berada di lingkungan yang tepat

Sudah Persiapkan 5 Hal Penting Ini? Kamu Layak Kuliah ke Luar NegeriInstagram.com/pexelsphotos

Teman adalah hal yang paling berpengaruh terhadap kepribadianmu. Carilah teman yang mempunyai visi dan misi yang sama denganmu. Jika kalian sama-sama mempunyai cita-cita ingin kuliah ke luar negeri maka kalian akan saling memotivasi dan menginspirasi. Hal ini sangatlah penting.

4. Menguasai bahasa asing

Sudah Persiapkan 5 Hal Penting Ini? Kamu Layak Kuliah ke Luar NegeriInstagram.com/harvard

Jika ingin kuliah di luar negeri kamu juga wajib menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris. Hal ini sangat penting untuk mempermudah kamu berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa lain seperti bahasa Arab, Korea, Jerman dan Mandarin juga bahasa yang populer untuk dipelajari. Kamu bisa belajar sendiri atau mengikuti kursus bahasa asing, yang penting sering latihan ya.

5. Restu kedua orangtua

Sudah Persiapkan 5 Hal Penting Ini? Kamu Layak Kuliah ke Luar NegeriInstagram.com/julia_mironenko

Ini sangat penting, meskipun kamu sudah mempersiapkan segalanya tapi tanpa restu dari kedua orangtuamu semuanya akan sia-sia. Minta maaflah kepada kedua orangtuamu dan mintalah restu mereka agar kamu diberi kelancaran untuk bisa menggapai semua cita-citamu. Percayalah  do’a kedua orangtua kamu sangat mustajab.

Sudah siap kuliah di luar negeri?

#EdFunFact: Dapatkan bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel dengan topik education!

Irma Wijaya

Mahasiswi UNIMED Jurusan Manajemen. Suka dengan hal-hal yang baru dan positif. E-mail: adeeirma579@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.