Cuma Mahasiswa Gunadarma yang Bakal Paham dengan Hal Unik Ini!

#IniKampusku Nomor 3 tuh paling beda dari kampus lain.

 Cuma Mahasiswa Gunadarma yang Bakal Paham dengan Hal Unik Ini!wikimapia.org

Line IDN Times

Buat kalian yang baru aja lulus SMA, kuliah menjadi salah satu poin pilihan yang paling banyak di ambil, khusus nya mereka yang terlahir dari keluarga kelas menengah ke atas atau yang memang belum terlalu mementingkan untuk memiliki pekerjaan ketika lulus.

Sebagian besar pasti menginginkan untuk bisa di terima di universitas negeri, namun tidak jarang pula yang memilih untuk masuk ke universitas swasta namun kualitas pendidikannya tidak kalah dengan universitas negeri, Universitas Gunadarma adalah salah satu nya. 

Tahu nggak kalau universitas swasta yang terletak di kota Depok, Jawa Barat ini ternyata memiliki banyak fakta unik, dan hanya mahasiswa Gunadarma saja yang akan merasakan beberapa hal berikut ini selama menjalani perkuliahan, apa aja ya?

1. Berasa kuliah di UI

jelajahdepok.blogspot.co.id

Kalau yang satu ini paling terasa banget buat mahasiswa yang pulang pergi naik kereta commuter line, anak kereta alias "angker". Terasa banget kayak anak UI, karena mereka yang dapat jadwal kuliah di kampus D Gunadarma bakal turun di stasiun yang sama dengan mahasiswa Universitas Indonesia, yakni Stasiun Pondok Cina. Bisa di bilang, kampus D Gunadarma yang terletak di Jalan Margonda ini berdempetan dengan kawasan Universitas Indonesia, dan gedung Universitas Indonesia bisa di lihat sangat jelas dari gedung kampus D Gunadarma. Stasiun Pondok Cina terletak di antara dua kampus yang berdempetan, Gunadarma dan Universitas Indonesia dan menjadi "pemisah" antara dua kampus tersebut.

Tidak hanya itu, sebelum di pindahkan, salah satu kantin Universitas Indonesia yang terletak di belakang Stasiun Pondok Cina ini juga menjadi tempat makan favorit mahasiswa Gunadarma yang mendapatkan jadwal kuliah di kampus D. Jadi, pas makan di kantin UI kalian yang kuliah di Gunadarma bakal ngerasain banget suasana natural dari pada kampus UI. Menarik kan swasta rasa negeri? Di kampus mana lagi kalian bakal ngerasain kuliah serasa di UI selain di Gunadarma guys?

2. Kampus yang pindah-pindah

wikimapia.org

Kalau kalian mendaftar di Gunadarma kampus Depok, jangan kaget kalau kalian bakal ngerasain yang namanya kuliah bukan di kampus yang sama setiap harinya. Kuliah hari Senin, Selasa, praktikum di laboratorium bakalan kalian jalani selama sepekan di kampus yang terletak di lokasi yang berbeda, namun lumayan berdekatan meski harus naik angkutan umum. 

Ya, Gunadarma kampus Depok terbagi dari 4 kampus besar, yakni kampus D yang terletak di Jalan Margonda Raya, kampus H, kampus G dan kampus E yang berada di jalan yang sama, yakni Jalan Akses UI, Cimanggis kota Depok. Khusus untuk kampus H adalah laboratorium terintegrasi atau biasa di kenal dengan I-Lab (Intergrated Laboratory). Buat kalian anak fakultas Sastra, jangan kaget kalau di hari yang sama kalian bakal kuliah di kampus yang berbeda, karena bisa jadi kalian akan praktikum di Laboratorium Bahasa Dasar di kampus E, sementara sebelum nya kalian mendapat jadwal kuliah di kampus D. 

3. Parkir motor lebih ekskusif dan nyaman di parkiran gedung

dipawardhana.wordpress.com

Berbeda dengan kampus lain yang berstatus negeri sekalipun, bahkan berbeda dengan kebanyakan tempat parkir di pusat perbelanjaan mewah sekalipun. Cuma di Universitas Gunadarma, kalian yang naik motor bakal parkir di gedung parkiran yang langsung terhubung dengan gedung kampus melalui sky bridge dan tiap lantai parkiran memiliki kode lantai seperti 2A, 2B dan sebagainya.

Motor kalian bakal aman, gak kena hujan dan panas karena selama kalian parkir di gedung parkiran yang ada atap nya, bakal di jagain sama petugas keamanan. Hal ini jauh berbeda dengan parkiran mobil yang terletak di luar gedung, di lapangan parkir yang lebih minim penjagaan, gak ada atap nya yang bakal melindungi dari hujan dan panas (kecuali pohon), dan kurang eksklusif. Hal ini sangat unik, karena berbeda dengan tempat lainnya yang justru parkiran gedung adalah tempat parkir mobil. 

Kalau kalian dapat jadwal kuliah di kampus D, motor kalian bakal parkir di tempat yang nyaman banget karena gedung parkiran motor terhubung langsung dengan gedung 6, dan bisa naik ke lantai atas dengan lift. Gedung parkiran motor juga memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni hingga lebih dari 600 unit motor hingga ke lantai paling atas (top floor).  Berbeda dengan mobil yang parkir di area parkir depan gedung 4, kalian yang naik mobil harus berjalan jauh dan naik tangga untuk sampai ke lantai 2 gedung 6, baru bisa naik lift atau naik tangga ke bawah area Sekretariat Dosen. 

4. Komunitas motor Vespa dalam kampus

pbs.twimg.com

Kalau kalian dapat jadwal kuliah sampai sore di kampus E Gunadarma di hari Rabu, jangan kaget kalau kalian menemukan banyak banget motor Vespa klasik dari tahun 1960 an hingga keluaran tahun terbaru yang parkir di mading kampus E setiap jam 6 sore. Deretan motor Vespa yang parkir itu adalah milik komunitas Vespa Gunadarma yang menampung para mahasiswa dan alumni Gunadarma pecinta motor Italia, Vespa. Komunitas yang udah terbentuk sejak tahun 2009 itu sebelum nya bernama GS-OC (Gunadarma Scooter Owner Club), lalu mereka mengubah nama nya menjadi Vespa Gunadarma.  

Biasanya mereka bakal ngumpul di mading kampus E Gunadarma tiap hari Rabu, dan di sana kalian bakal lihat pemandangan motor-motor Vespa klasik dari tahun 1960-an hingga yang terbaru tahun 2017 milik mahasiswa pecinta Vespa Universitas Gunadarma yang masih kinclong meski udah keluaran tahun tua.

 Komunitas Vespa Gunadarma ini juga sering banget ngadain riding santai, seperti yang terakhir adalah riding bareng ke Senayan dalam rangka acara Jakarta Mods May Day 2017. Terlihat banget solidaritas para pengguna Vespa di Gunadarma yang gak pernah luntur dari tahun 2009 hingga kini. Kabar nya sih dari akun Instagram nya @Vespagunadarma, komunitas Vespa Gunadarma baru aja ganti kepengurusan dan kini memiliki wakil ketua komunitas yang juga seorang entrepreneur muda. Dengar-dengar sih selain doi ganteng banget, pintar, dekat sama dosen, menjadi rebutan para mahasiswi di kampus doi juga memiliki banyak prestasi. Hebat kan Gunadarma?

 

Nah, itu guys fakta unik yang cuma bisa kalian temukan ketika kalian kuliah di Universitas Gunadarma, meskipun swasta namun juga gak kalah bagus kualitas nya dengan kampus negeri. Gunadarma emang kampus swasta paling favorit.

So, kalau kalian punya fakta menarik tentang kampus kalian, coba share fakta unik di kampus kalian ke idntimes community!

Tulis cerita serba-serbi mengenai kampusmu. Gunakan tagar #IniKampusku pada awal judul artikelmu. Dapatkan gratis 200 poin bagi artikel yang berhasil diterbitkan IDN Times Community.

Krisyunian Gamao

Mahasiswa jurusan sastra inggris, hobi motor, hobi travelling, hobi kuliner... 081288261964

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI