Kehidupan di dunia kuliah sangat berbeda dengan kehidupan masa SMA. Bahkan, di dunia kuliah kamu juga akan bertemu dengan orang yang punya karakter berbeda-beda. Nah, supaya kamu lebih siap menghadapi dunia yang 180 derajat berbedanya dengan masa SMA, kamu perlu melakukan 6 hal ini.

1. Berdiskusilah dengan orang yang mengerti jurusanmu nanti

6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Semasa SMA Biar Siap Saat Masuk KuliahUnsplash/gradikaa_

Supaya bisa mengerti dunia yang bakal kamu hadapi nanti, salah satu caranya adalah berbicara dengan orang yang berada di dunia itu. Berkenalanlah dengan kakak-kakak kelas di jurusan yang akan kamu ambil nanti, dengan begitu kamu tahu gambaran mata kuliahmu.

Jika kamu masih bingung akan mengambil jurusan apa, kamu bisa googling cerita blog yang ditulis mahasiswa di universitas tujuanmu. Dengan begitu, kamu bisa mengerti kurang lebih keseruan dan kesulitan berbagai jurusan.

2. Kembangkan bakatmu!

6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Semasa SMA Biar Siap Saat Masuk KuliahUnsplash/nikarthur

Mumpung masih SMA dan tidak memiliki kesibukan super banyak seperti nanti kamu kuliah, ini waktunya untuk mengembangkan skill atau bakatmu. Belajarlah apapun yang kamu mau di masa-masa ini. Ikutilah aneka macam les yang unik. Percayalah, ini semua akan berguna saat kamu sudah di kuliah ataupun untuk memulai karir setelah masa kuliah.

Jika kamu bingung caranya belajar apapun, kamu juga bisa menggunakan cara setelah ini.

3. Bergabunglah dengan suatu klub tempat kamu bisa berkembang

6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Semasa SMA Biar Siap Saat Masuk KuliahUnsplash/igorovsyannykov

Jika kamu suka olahraga, maka bergabunglah dengan gym atau klub olahraga di kotamu. Jika kamu suka membaca dan menulis, bergabunglah dengan klub buku atau sastra. Bergabung dengan klub-klub seperti ini, akan memberimu kesempatan besar untuk mengembangkan hobimu.

Gak cuma itu, kamu juga bisa ketemu dengan berbagai orang, termasuk anak-anak kuliah. Dari situ, kamu bisa mendengar curhatan mereka tentang kehidupan kuliah. Siapa tahu juga, bergabung dengan klub akan memberimu peluang karier sebelum masuk kuliah, seperti freelance.

4. Jika waktu nganggurmu masih lama, kamu bisa mencoba ikut program magang

6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Semasa SMA Biar Siap Saat Masuk KuliahUnsplash/nicolehoneywill

Beberapa perusahaan membuka kesempatan kamu untuk magang dan merasakan dunia kerja. Rata-rata magang punya syarat minimal tiga bulan. Jika waktu nganggurmu cukup lama, kamu bisa menggunakan cara berikut ini.

Pengalaman magang ini akan sangat bagus untuk portfoliomu nanti. Karena kamu punya pengalaman kerja bahkan sebelum masa kuliah, perusahaan pasti akan lebih memprioritaskanmu dibandingkan fresh graduate lainnya.

5. Mulai bikin portfoliomu

6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Semasa SMA Biar Siap Saat Masuk KuliahUnsplash/hannynaibaho

Siapa bilang portfolio baru bisa dibikin setelah lulus kuliah? Gak juga lho, justru saat kamu menunggu masa kuliah ini waktunya membuat porfoliomu. Kamu bisa memasukkan berbagai pengalaman organisasimu di sini.

Kalau kamu sempat menjalani magang sebelum masuk kuliah, info ini juga bisa kamu masukkan. Meng-update portfolio sekarang akan menolongmu untuk cepat mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah, percaya deh!

6. Terakhir, berliburlah sebelum susah berlibur

6 Hal yang Harus Kamu Lakukan Semasa SMA Biar Siap Saat Masuk KuliahUnsplash/theexplorerdad

Sebelum kamu disibukkan dengan tugas-tugas kuliah, belum ujian dan macam-macam lainnya, pergi berliburlah dulu. Ini akan membuat pikiranmu refresh dan lebih siap menghadapi tugas-tugas kuliah. Hayo, pasti banyak yang mengambil pilihan ini kan dibandingkan dengan lima pilihan di atas?

Selamat buat kamu yang sudah menjalani ini semua, kehidupan kuliah tidak akan membuatmu kaget. Share juga dong caramu, apa yang kamu persiapkan sebelum memasuki dunia kuliah ini.

#EdFunFact: Dapatkan bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel dengan topik education!

Liem Ling

Mendadak lupa mau nulis bio sendiri ;)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.