Buat kamu yang belum terbiasa membaca, kamu wajib tahu jika sebenarnya membaca itu sangat menyenangkan lho. Kenapa? Ketika kita membaca, kita akan mengikuti alur baca hingga buku yang kita baca selesai. Saat itu otak kita seakan sedang berjalan atau bergerak aktif memikirkan atau membayangkan apa maksud dari isi buku.

Wajar, jika ada penelitian mengatakan membaca mengurangi risiko kepikunan. Nah, untuk kamu yang masih malas membaca. Cara ini bisa bikin minat baca kamu meningkat.

1. Niat dan mulai tentukan buku yang kamu ingin baca berdasarkan kesukaan

Generasi Anti Hoax, Tingkatkan Minat Bacamu dengan 7 Cara Inikchatjjigae.com

Semua tindakan, diawali dengan niat. Jika tidak ada niat, tindakan itu tidak akan terealisasi alias tidak akan terjadi. Setelah berniat untuk membaca, tentukanlah buku seperti apa yang ingin kamu baca berdasarkan kesukaan. Biasanya, sesuatu yang dimulai dengan kesukaan akan memacu diri dan menumbuhkan keingintahuan berikutnya. Hal ini dapat menarik minat bacamu.

2. Singgahlah ke tempat yang menyenangkan untuk membaca agar kamu dapat menikmati isi buku yang dibaca

Generasi Anti Hoax, Tingkatkan Minat Bacamu dengan 7 Cara Inihancinema.net

Carilah tempat yang menyenangkan untuk membaca, karena berpengaruh dalam membangkitkan gairah dalam membaca. Merasa nyaman dan betah saat membaca, membuatmu larut dalam alur cerita buku dan menikmati. 

3. Fokus dan hayati setiap kalimat yang terdapat dalam buku agar terserap oleh otak dan menjadi ilmu

Generasi Anti Hoax, Tingkatkan Minat Bacamu dengan 7 Cara Inifanpop.com

Berkosentrasi diperlukan saat membaca, karena membuat kita semakin penasaran untuk segera membaca ke halaman berikutnya. Hayati setiap kalimat didalamnya, agar kamu tahu maksud dari buku tersebut dan menambah pengetahuan untuk kamu.

4. Buatlah target dalam membaca buku agar tidak ada celah untuk rasa malas

Generasi Anti Hoax, Tingkatkan Minat Bacamu dengan 7 Cara Inidesk.zol.com

Buatlah target baca yang dimulai dengan satu hari, 1 - 3 bab. Atau targetkan dengan 1 buku untuk berapa hari sehingga kamu akan berlanjut ke buku bacaan berikutnya. Jika berat, targetkan 1 bulan 1 buku. Agar kamu dapat segera menyelesaikan buku yang kamu baca dan menghindari malas.

5. Seringlah berkunjung ke perpustakaan umum supaya banyak beraneka ragam buku yang dapat dibaca

Generasi Anti Hoax, Tingkatkan Minat Bacamu dengan 7 Cara Inidailymotion.com

Jika kamu mendapatkan beragam buku yang ingin kamu baca, kamu akan semakin penasaran dan tak sabar untuk kembali ke perpustakaan untuk membaca. Kalau kamu ingin membawa buku pulang, tentunya bisa. Pastikan kamu terdaftar sebagai anggota dari perpustakaan. Ingat, jangan lupa dikembalikan bukunya!

6. Bergabung dalam komunitas baca buku

Generasi Anti Hoax, Tingkatkan Minat Bacamu dengan 7 Cara IniTwitter.com/minigyus

Ketika kamu bergabung dalam komunitas baca buku. Kamu akan mendapatkan banyak teman yang menyukai buku dan mungkin banyak di antara mereka yang telah membaca buku yang belum pernah kamu baca. Di sini, kamu bisa sharing mengenai buku dengan teman sekomunitas, berdiskusi tentang isi suatu buku dan banyak hal menyenangkan mengenai buku yang bisa dibahas bersama.

7. Jadikan buku teman terbaikmu yang bisa selalu menemani kamu

Generasi Anti Hoax, Tingkatkan Minat Bacamu dengan 7 Cara Inilipstiq.com

Anggaplah buku adalah teman terbaikmu yang bisa kamu ajak ke mana pun kamu pergi. Anggaplah bersama buku kamu merasa nyaman dan tidak sendiri. Anggaplah buku itu menyenangkan. Dengan beranggapan yang indah mengenai buku, kamu tak melupakannya untuk dibaca. Bahkan, kemana pun kamu pergi di dalam tas kamu mulai terbiasa ada buku bacaan. 

Nah, itu tadi cara agar minat baca kamu meningkat. Percayalah, jika kamu tidak mencoba. Kamu tidak akan tahu rasanya bersahabat dengan buku. Ingat, buku adalah jendela dunia. Semakin banyak buku yang kamu baca, semakin meningkat pula kualitas wawasanmu.

#EdFunFact: Dapatkan bonus 500 poin bila berhasil menerbitkan 3 artikel dengan topik education!

Tifani Topan

Read, Write, Design and Coffee

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.