Para Pemimpin Lembaga Negara Ini Ternyata Jebolan UII, Lho!

#IniKampusku Wah ternyata alumnus UII begitu dipercaya di etalase pengabdian negara ya!

Para Pemimpin Lembaga Negara Ini Ternyata Jebolan UII, Lho!http://widhiyanovatiar.blogspot.co.id

Line IDN Times

Universitas Islam Indonesia (UII) sudah berdiri semenjak negara ini memproklamirkan kemerdekaan dirinya. Tentu saja ada banyak alumni yang kini berkiprah di berbagai bidang, salah satunya adalah pengabdi pada bangsa ini melalui menjadi pemimpin pada beberapa lembaga negara. Ternyata UII berhasil membekali para lulusannya dengan nilai-nilai luhur yang membuat mereka dipercaya untuk memimpin lembaga-lembaga negara berikut ini. Mau tahu siapa saja mereka?

1. Mahfud M.D sebagai Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (2008-2011)

Siapa yang tidak kenal dengan alumni UII yang satu ini? Selain pernah menjabat sebagai ketua Mahkamah Konstitusi, ia sebelumnya sudah dipercaya untuk menjadi Menteri Hukum dan Perundang-undangan serta Menteri Pertahanan Indonesia. Pria kelahiran Madura ini merupakan Professor Hukum Tata Negara di kampus Fakultas Hukum UII.

2. Busyro Muqoddas sebagai Mantan Ketua KPK (2010-2011)

Sebelum dipercaya untuk memegang amanah sebagai ketua KPK, Pak Busyro Muqoddas sebelumnya adalah anggota Komisi Yudisial untuk periode 2005-2010.

3. Ifdhal Kasim sebagai Mantan Ketua Komnas HAM (2007-2012)

Jebolan Fakultas Hukum UII ini dipercaya menjadi ketua Komnas HAM dalam 2 periode masa jabatan. Perlu diketahui kalau peraturan Komnas HAM menyebutkan bahwa pemilihan posisi ketua dan wakil ketua dipilih setiap dua tahun enam bulan. 

4. Artidjo Alkostar sebagai Ketua Muda Kamar Pidana Mahkamah Agung Indonesia

Namanya dikenal luas oleh masyarakat Indonesia setelah dalam suatu persidangan ia mengetuk palu untuk memperberat masa hukuman artis sekaligus politikus, Angelina Sondakh, dari yang semula divonis 4 tahun menjadi 12 tahun.

5. Abdul Haris Semendawai sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (2008-2018)

Sama halnya dengan Pak Ifdhal Kasim, Pak Abdul Haris Semendawai juga dikukuhkan untuk menjabat dalam 2 periode kepengurusan. Hal ini menunjukkan bahwa ia begitu dipercaya selama menjalankan tugasnya.

6. Suparman Marzuki Sebagai Ketua Komisi Yudisial (2013-2015)

Pria yang terlahir di Lampung ini sehari-harinya merupakan dosen di Fakultas Hukum UII yang karena kariernya yang cemerlang akhirnya pada tahun 2013 lalu ia dipercaya untuk menjadi Ketua Komisi Yudisial Indonesia yang ketiga.

7. Siti Noor Laila Sebagai Ketua Komnas HAM (2013-2014)

Setelah Pak Ifdhal Kasim tidak lagi menjabat sebagai Ketua Komnas HAM, ternyata yang menggantikan beliau masih jebolan dari alma meter yang sama, UII, yaitu Ibu Siti Noor Lalila.

 

Begitulah beberapa nama jebolan alumnus UII yang karena kesungguhan dan dedikasinya mereka dipercaya untuk mengabdi pada bangsa dan negaranya melalui beragam lembaga-lembaga negara. Kamu yang lulusan UII, semoga kelak bisa menjadi penerus mereka ya!

Tulis cerita serba-serbi mengenai kampusmu. Gunakan tagar #IniKampusku pada awal judul artikelmu. Dapatkan gratis 200 poin bagi artikel yang berhasil diterbitkan IDN Times Community.

Shibgho

Meninggalkan jejak lewat tulisan. Intip info lainnya http://serbaserbijos.blogspot.co.id/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI