Kamu yang sekarang sedang bingung tentang kuliah yang tidak kunjung selesai, harus mulai punya tekad kuat untuk menyelesaikannya. Kalau kamu terlalu santai dan menganggap enteng pendidikanmu sendiri, kamu sama saja membuang waktu yang tidak bisa kamu tarik kembali.

Nah, buat kamu yang bingung kenapa sih kuliah yang telah kamu rencanakan dengan baik malah tidak selesai-selesai, bisa jadi alasannya ada di bawah ini.

1. Kamu tidak bisa mengatur waktu antara main dan kuliah

Tak Bisa Dipungkiri, Ini 6 Alasan Kenapa Kuliahmu Bisa Moloraceshowbiz.com

Kamu mungkin memiliki banyak teman dari berbagai macam jurusan yang membuatmu akhirnya sulit membagi waktu. Padahal, kunci utama lulus tepat waktu adalah bisa mengorganisir waktu dengan baik. Jika kamu tidak bisa mengatur waktumu sendiri, maka itu juga akan berpengaruh pada sekolahmu. Setidaknya saat main kamu harus tahu waktu. Hasil yang baik memang membutuhkan pengorbanan lebih.

2. Kamu terlalu sibuk dengan organisasi

Tak Bisa Dipungkiri, Ini 6 Alasan Kenapa Kuliahmu Bisa Moloraceshowbiz.com

Ikut dalam berbagai macam organisasi memang tidak ada salahnya. Kamu bisa jadi punya banyak pengalaman dan kenalan. Tapi hal itu bisa jadi salah kamu tidak tepat dalam mengeksekusinya. Ikut organisasi boleh-boleh saja, tapi kuliah harus tetap jalan dong.

3. Kamu sering membolos dan menyebabkan kamu harus mengulang

Tak Bisa Dipungkiri, Ini 6 Alasan Kenapa Kuliahmu Bisa Molorimdb.com

Kamu mungkin memiliki otak yang pintar, tapi itu tidak jadi jaminan kamu bisa lulus cepat. Seperti yang sudah kamu tahu sendiri bahwa ada beberapa faktor dalam nilai yang kamu terima. Kalau kamu sering bolos, maka jangan kaget kalau kamu harus mengulang kelas yang sebenarnya waktunya bisa kamu gunakan untuk segera lulus.

4. Kamu tidak pernah tepat waktu dalam mengumpulkan tugas

Tak Bisa Dipungkiri, Ini 6 Alasan Kenapa Kuliahmu Bisa Molorimdb.com

Iya sih, tugas anak kuliahan memang kadang gak masuk akal banyaknya. Tapi bukan berarti kamu tidak akan mengerjakannya juga kan? Mau tidak mau, suka tidak suka kamu harus tetap mengerjakannya supaya bisa jadi penunjang nilaimu. Setidaknya kamu harus rajin, supaya ada nilai tambah untukmu.

Baca juga: Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak Dibayar

5. Kamu hanya ingin lulus tanpa pernah serius mengusahakannya

Tak Bisa Dipungkiri, Ini 6 Alasan Kenapa Kuliahmu Bisa Molorimdb.com

Kalau bicara soal lulus, siapa sih mahasiswa yang gak ingin lulus cepat. Tapi coba deh kamu introspeksi diri, apakah kamu pernah benar-benar serius mengusahakannya? Bahkan untuk lulus saja tidak cukup hanya ingin saja, kamu bahkan harus memaksa badanmu untuk mau gerak.

6. Kamu punya kebiasaan menunda

Tak Bisa Dipungkiri, Ini 6 Alasan Kenapa Kuliahmu Bisa Moloraceshowbiz.com

Sebaik apapun perencanaan yang kamu miliki, semua itu akan hancur kalau kamu memiliki kebiasaan untuk menundanya. Pada akhirnya, hasil yang kamu terima juga tidak akan sesuai dengan apa yang kamu inginkan kalau kamu tidak bisa menghentikan kebiasaan menunda yang kamu miliki.

Kamu sendiri yang menentukan masa depanmu dan apa yang kamu lakukan sekarang pasti memiliki pengaruh di masa depan. Jadi jangan sampai kesenangan sesaat yang kamu rasakan sekarang berdampak kesedihan di masa depanmu nanti.

Baca juga: 7 Hal 'Sepele' yang Pada Akhirnya Cuma Bikin Kerjamu Gak Produktif