Di Tahun Pertama Kuliah, Lakukan 7 Hal Ini Biar Gak Menyesal!

Jangan sampai kelewatan

Di Tahun Pertama Kuliah, Lakukan 7 Hal Ini Biar Gak Menyesal! instagram.com/alikaislamadina

Saat kamu masuk kuliah pertama kali, kamu akan dibuat nyaman dengan keadaan yang masih santai dan serba asyik karena ketemu teman baru. Memang, kamu memasuki pola baru dimana kamu dihadapkan dengan tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya. Namun, kamu harus tahu dulu medan seperti apa yang hendak kamu hadapi agar kamu tidak menganggap enteng tapi juga tidak terlalu terbeban karenanya.

Untuk itu tenanglah, kamu hanya harus melakukan 7 hal di bawah ini saat kamu memasuki tahun pertama kuliah dan kamu akan menyadari tidak akan ada yang kamu sesali di kehidupan perkuliahanmu. Karena momen ini tidak bisa diulang lagi, maka jangan sampai kamu melewatkannya, ya.

1. Ikut setidaknya 2 komunitas di kampusmu.

Walau kamu mungkin adalah seorang introvert yang tidak mudah bergaul, setidaknya kamu harus mencoba membuka dirimu saat pertama kali masuk kuliah untuk mengikuti setidaknya 2 komunitas di kampusmu. Dengan mengikuti banyak kegiatan, kamu bukan hanya sedang memperluas pergaulanmu tapi kamu juga sedang memperbanyak pengetahuanmu.

2. Menemukan teman beda jurusan.

Punya teman dekat yang sekelas boleh saja. Asal jangan lupakan untuk menemukan teman dekat di lain jurusan. Kamu mungkin akan berpikir bahwa hal ini adalah hal yang sia-sia, tapi sebenarnya justru ini sangat menguntungkan. Jika kamu memiliki teman yang berasal dari jurusan lain, suatu saat dia bisa membantumu untuk mengerjakan sesuatu yang bukan bidangmu. Jika kamu selalu menutup diri untuk orang lain, hidupmu akan monoton dan itu-itu saja.

3. Mengambil kerja paruh waktu.

Karena kamu masih berada di tahun pertama perkuliahanmu, kamu pasti akan menemukan dirimu lebih santai dari biasanya. Kamu akan memiliki banyak waktu luang yang pastinya bisa kamu gunakan untuk melakukan hal-hal yang berguna. Contohnya saja dengan mengambil pekerjaan paruh waktu. Selain menambah uang jajan, kamu bisa mendapat pengalaman kerja.

Baca Juga: 7 Bukti Nyata Kadang Hidup Gak Semudah yang Kamu Bayangkan

4. Tidak melewatkan kelas dengan alasan apapun.

Jangan kamu kira bahwa masih tahun pertama dan kamu bebas bolos seenaknya. Kamu harus tetap rajin dan jangan melewatkan kelas dengan alasan apapun. Bolos yang dibiarkan itu bisa jadi kebiasaan. Jadi jika kamu sering bolos di tahun pertama, maka bisa dipastikan kamu akan sering bolos juga di tahun-tahun berikutnya.

5. Menjadi suporter untuk kampusmu setidaknya satu kali.

Jangan membatasi dirimu untuk melakukan hal yang itu-itu saja, Kamu harus melakukan sesuatu yang baru yang setidaknya berguna untuk dirimu sendiri. Menjadi suporter memang tidak menghasilkan apapun selain lelah, tapi di balik itu, kamu bisa mendapatkan pengalaman seru bersama dengan teman-teman baru.

6. Belajar menemukan cara terbaik untukmu belajar.

Ingatlah bahwa kamu sudah harus menemukan metode belajar yang paling membuatmu nyaman. Entah itu sambil mendengarkan musik, atau harus tempat yang sepi atau harus di kamar sendiri, setidaknya kamu tahu bagaimana membuat dirimu sendiri itu nyaman dan akhirnya membuatmu rajin. Semuanya itu berguna untuk masa depanmu di semester akhirmu nanti.

7. Membuat kenangan dengan mendokumentasikan segalanya.

Jangan lupa untuk mengabadikan semua momen sejak awal kamu masuk kuliah dengan foto. Suatu saat, kamu akan merindukan masa dimana kamu hidup di dunia perkuliahanmu dan foto-foto yang berhasil kamu dapatkan bisa membantu membuatmu memiliki kenangan yang indah dan tek terlupakan. Beberapa tahun setelahnya kamu pasti akan menyadari bahwa foto adalah hal yang penting juga.

Jangan lupa untuk melakukan 7 hal di atas saat kamu memasuki tahun pertama kuliahmu. Jika kamu melakukan hal-hal tersebut, kamu tidak akan pernah menyesalinya di kemudian hari dan saat nanti kamu lulus, kamu akan bersyukur kamu telah melakukan semuanya. Kamu bisa meninggalkan kampus dalam perasaan lega dan puas.

Baca Juga: 7 Alasan Usia 19 Tahun Adalah Tahun Terberat Dalam Hidup

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 25%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 11%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 14%
  • Vote Marah Vote
    Marah 4%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 5%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 41%
ARTIKEL TERKINI