10 Situs Keren dan Bermanfaat yang Gak Boleh Dilewatkan Anak Kuliahan

Semuanya gratisssss!!

10 Situs Keren dan Bermanfaat yang Gak Boleh Dilewatkan Anak Kuliahan unsplash.com

Menginjak masa kuliah, kebutuhan seseorang akan selalu meningkat. Apalagi jika ngekos di perantauan. Gak cuma makan dan tempat tinggal, anggaran buku dan tugas penelitian membengkak. Kalau begini, kita dituntut pintar mengelola keuangan.

Buat anak kuliahan, gak usah khawatir. Ada 10 situs yang membantu seluruh kebutuhanmu selama kuliah. Apa saja?

1. Ketika kuliah di perantauan, mahasiswa perlu uang saku tambahan. Jika ini adalah kamu, Sribulancer.com adalah jawaban!

Sribulancer adalah situs yang mempertemukan perusahaan dengan para pekerja lepas. Karena freelance tidak terikat jam kerja, situs ini sangat direkomendasikan untukmu. Kamu bisa memilih kategori lowongan yang sesuai keahlian. Ada kategori website, penulisan, desain, bisnis dan pemasaran, pengembangan dan aplikasi mobile, serta data entri.

2. Kalau ingin pekerjaan yang beragam, bukalah StudentJob.co.id. Selain freelance, lowongan magang dan part-time tersedia.

StudentJob.co.id punya pilihan magang, parttime, dan volunteer. Kamu juga bisa membaca artikel-artikelnya demi meningkatkan skill.

3. Saat tugas paper datang, kamu bisa menyingkat waktu. Jurnal LIPI adalah situs untuk referensimu.

Situs ini menyediakan jurnal gratis! Meski tampilannya sederhana, tidak perlu bingung mencari jurnal yang diinginkan. Carilah di kolom pencarian dan klik hasilnya. Tampilan selanjutnya, klik “arsip lengkap” (di bawah kolom “Penulis”) atau nomor di bawahnya.

Begitu muncul deretan judul, klik salah satu. Kamu akan melihat abstrak jurnal. Langsung saja klik “Naskah lengkap” di kiri bawah. Jika naskah tersebut berlisensi terbuka, jurnal langsung terunduh ke PC.

4. Selain jurnal, LIPI menyediakan buku digital. Kamu bisa mengunduhnya cuma-cuma.

Lebih dari 1.000 buku dapat diunduh gratis dalam format PDF. Tinggal cari kata kunci buku, klik judul, klik "unduh naskah PDF" di sebelah kiri. Selesai! Buku terunduh otomatis ke folder penyimpanan.

5. Bukupedia.com tidak hanya menyediakan referensi untuk kuliah saja. Kamu pun bisa membeli buku impor tanpa syarat yang berat.

Bukupedia.com memiliki banyak koleksi buku dari beragam kategori dan E-book. Mulai dari ekonomi, teknologi, sastra, arsitektur dan sebagainya juga tersedia. Di samping itu, kamu juga dapat membeli buku impor dari Amazon dengan mata uang rupiah dan tanpa kartu kredit. Menarik, bukan?

Baca Juga: 11 Alasan Ini Membuktikan Kenapa Kamu Wajib Lanjut Kuliah S2

6. Kalau sulit mengatur keuangan, coba klik LiveOlive.com. Bukan hanya semasa kuliah, situs ini juga penting untuk proyeksi keuangan jangka panjang.

Situs dengan tagline “Money Center” ini, sebenarnya ditujukan untuk cewek. Namun cowok-cowok bisa mencobanya. Sebab aplikasi gratis ini sangat berguna untuk proyeksi keuangan sekarang hingga masa depan.

Dalam “Money Map”, kamu diharuskan mengisi data pribadi, kekayaan bersih, gaya hidup, sumber pendapatan, dan rencana pensiun. Tenang! Kamu tidak perlu mengisi semua data yang belum dimiliki, kok! Data tersebut bisa diubah seiring fase hidupmu.

7. Memperbanyak informasi beasiswa membuat kesempatan terbuka lebih lebar. PusatInformasiBeasiswa.com adalah gudangnya.

PusatInformasiBeasiswa.com adalah situs komprehensif untukmu. Mulai dari info beasiswa S1, S2, S3, fellowship, beasiswa non gelar, hingga lowongan kerja tersedia. Semakin seru lagi karena tersedia tips mendapatkan beasiswa impian.

8. Praktek mata kuliah “Metode Penelitian”? Mulai dari sekarang, jadikan “Google Form” sebagai respondennya!

Sebelum internet marak, survei, kuisioner dan angket harus disebarkan manual. Berkat “Google Form”, kamu tinggal menyebarkan lewat dunia maya dan dapatkan respon lebih besar. Gratis!

Setelah punya akun Gmail, masuk ke Google Form. Klik “Start a new form”, buat judul, deskripsi, pertanyaan, serta jawaban sesuai dengan survei yang dirancang. Selesai dan sebarkan!

9. Kamu yang belajar bahasa asing, pasti akan suka situs Translate.com. Situs ini membuatmu belajar pengucapan bahasa asing.

Saat ini, situs Translate.com sudah didukung dengan 84 bahasa di dunia. Mulai dari Bahasa Inggris hingga Bahasa Jawa. Yang menarik, untuk bahasa tertentu, terjemahannya pun diikuti dengan audio. Tentunya ini sangat membantumu belajar mengeja kata-kata asing.

Namun perlu diingat untuk bahasa seperti Mandarin, Jepang, Rusia, Korea, dan Arab. Penerjemahan bahasa tersebut melibatkan penulisan aksara negara yang bersangkutan, bukan dengan huruf Roman.

10. Sewa kosmu habis? Kamu gak akan bingung cari ke mana kalau yang dibuka Cari-Kos.com!

Buat anak kuliah yang ngekos, situs ini pasti akan sangat membantu. Apalagi kalau sewa kos habis dan harus pindah. Sejauh ini, Cari-Kos memiliki data kos di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Kamu yang sepakat menyewa rumah dengan teman atau saudara, bisa juga mencari info sewa rumah.

Gimana? Semoga situs tadi bermanfaat ya buat kamu! Kamu punya info situs lainnya? Tuliskan di kolom komentar, yuk!

Baca Juga: 20 Tanda Bahwa Kamu Salah Pilih Jurusan Kuliah

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 30%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 3%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 7%
  • Vote Marah Vote
    Marah 3%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 4%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 53%
ARTIKEL TERKINI