Mungkin kamu sering mendengar program kuliah di luar negeri atau pertukaran pelajar ke luar negeri, tetapi apakah kamu pernah mendengar tentang program short courseShort course merupakan jenis perkuliahan singkat yang biasanya berdurasi selama 1 hingga 8 minggu. Perbedaan dari kuliah di luar negeri atau pertukaran pelajar adalah kegiatan dari program ini lebih beragam, selain kegiatan perkuliahan ada juga konferensi, field trips, pertukaran budaya, belajar bahasa, belajar kebudayaan, dan lain sebagainya.

Salah satu program short course yang menarik dan patut kamu coba adalah Global Korea Scholarship for ASEAN Countries’ SCIENS (SCIence and ENgineering Students). Secara garis besarnya, program ini merupakan jenis short course atau perkuliahan singkat yang ditujukan kepada mahasiswa di seluruh ASEAN yang mengambil program studi sains dan teknik. Program ini merupakan program beasiswa alias gratis! Yup, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mengikuti program ini. Berikut keuntungan mengikuti program ini.

Keuntungan program GKS for ASEAN Countries' SCIENS.

1. Perkuliahan Singkat.

Selama berada di Korea, kamu akan mendapatkan perkuliahan singkat mengenai teknologi informasi. Tentu saja dengan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Kamu juga tidak perlu kuatir mengenai biaya program atau uang perkuliahan singkatmu selama di Korea.

2. Uang Jajan.

Setiap harinya kamu akan mendapatkan uang jalan untuk biaya makan dan hidupmu di Korea.

3. Biaya Tiket Jakarta - Korea - Jakarta.

Tiket pesawatmu dari Jakarta menuju Korea dan kepulanganmu akan ditanggung juga oleh penyelenggara. Wah, menguntungkan sekali 'kan?

4. Travelling.

6 minggu berada di Korea, kamu tidak akan terus-terusan belajar lho, setiap hari sabtu dan minggu kamu akan diajak jalan-jalan keliling Korea Selatan. Biayanya? No problem, semua ditanggung oleh pemerintah Korea.

5. Asuransi.

Kamu juga tidak perlu takut apabila terjadi sesuatu di Korea, penyelenggara sudah menyediakan asuransi selama kamu berada di Korea.

Kegiatan yang dilakukan di Korea.

Masih penasaran dengan apa saja yang akan kamu dilakukan selama 6 minggu disana? Ini dia detil acaranya:

1. Perkuliahan.

Penerima program akan mendapatkan perkuliahan singkat, mata kuliahnya bergantung pada jurusan peserta. Setiap peserta akan mendapatkan 2 mata kuliah yang berbeda yang akan diadakan selama hari senin sampai dengan kamis.

2. Korean language class.

Selain perkuliahan, peserta juga akan mendapatkan kelas Bahasa Korea. Semuanya dimulai dari dasar mengenai percakapan sehari-hari dan kosakata umum.

3. Riset/ penelitian.

Mahaiswa yang mengikuti program ini akan dibagi menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil untuk melakukan penelitian. Hasil penelitian kan dipresentasikan di akhir program kepada profesor akademik dan pihak dari NIIED. Selama penelitian, mahasiswa akan ditraining dan dibimbing oleh mentor dan masing-masing universitas.

4. Lab.

Karena di akhir program ada riset yang harus dipresentasikan, maka lab berfungsi untuk membekali persiapan proyek riset. Di lab, kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan teknis lainnya.

5. Field trips.

Kegiatan ini juga akan dikaitkan dengan jurusan peserta, misalnya kunjugan ke perusahaan teknologi apabila pesertanya merupakan jurusan teknologi informasi. Tetapi, ada juga field trip secara general yang betujuan untuk memperkenalkan peserta kepada budaya dan tempat-tempat istimewa di Korea.

6. Cultural activity.

Seoul tour: jalan-jalan keliling Seoul dan tourist spot seperti restoran yang paling terkenal, Myeongdong, Gwanghamun Palace, Namsan Tower, dan National Museum of Korea,

Ceramic Arts: membuat seni keramik dari tanah liat,

Temple Stay di Gunung Seorak: pengalaman tinggal di kuil dan beradaptasi dengan kehidupan alam,

Mud Festival: festival lumpur tahunan yang paling populer,

DMZ & JSA: perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan,

Everland: theme park terbesar di Korea,

Non verbal Korean Musical: pertunjukan drama musikal yang sangat populer di Korea.

Nah, kamu sudah tertarik untuk mengikuti program ini? Selain GKS for ASEAN Countries' SCIENS program, ada juga beberapa program lain seperti ASEAN in Today's World program yang mengajakmu untuk belajar dan traveling di Vietnam selama 2 minggu. Program lainnya juga terdapat di beberapa website penyedia informasi beasiswa. Jangan lupa mendaftar ya!

Yese Mia

I'm a cheerful blogger! I'm interested in education, interior, animal, fashion, and lifestyle. Contact me: yesemia24@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.