#BaikItuMudah Ini Makna Pengorbanan yang Dapat Ditiru dari Sosok Ibu

Sosoknya sungguh luar biasa...

#BaikItuMudah Ini Makna Pengorbanan yang Dapat Ditiru dari Sosok Ibulegacyletter.org

Line IDN Times

Perdebatan mengenai peran antara menjadi ibu rumah tangga atau menjadi wanita karier seakan tak pernah habis. Termasuk hingga saat ini, di mana kaum perempuan dianggap sudah lebih berani untuk mengejar mimpi dan mengaktualisasikan diri mereka. Hal ini yang saya tangkap ketika membaca kisah Keke Kania mengenai ceritanya membagi waktu antara karier dan keluarga.

Bicara mengenai topik tersebut, maka aku tak akan pernah lupa akan sosok ibu. Tak terelakkan lagi, beliau merupakan sosok terpenting dalam hidupku. Banyak hal kupelajari darinya, salah satunya ialah bagaimana ia mencoba mengerahkan segala usaha terbaiknya bagi rumah dan juga sekolah--tempat ia bekerja.

Ibuku memang seorang ibu rumah tangga, sekaligus berprofesi sebagai guru di salah satu taman kanak-kanak (TK) di kota Bandung. Sejak awal pernikahan, beliau memang telah bertekad untuk bekerja. "Sesuai mimpi Ibu," katanya. Baginya dengan menjadi guru, beliau bisa berbagi ilmu kepada anak-anak yang membutuhkan. Melalui profesi yang disebut mulia tersebut, Ibu juga merasakan hidupnya jadi lebih bermakna dan berguna bagi orang sekitar.

Hebatnya sosok Ibu ialah, tak pernah sekalipun kami merasa kekurangan akan perhatiannya. Ia tetap memberikan perhatian yang maksimal bagi keluarga; mulai dari merawat kami, menyiapkan makanan bergizi, hingga mendengarkan keluh-kesah kami sebagai anak-anaknya. Padahal jika diperhatikan, sudah pasti waktunya banyak tersita untuk dua 'dunia' yang berbeda tersebut.

Tentu, tak jarang ada saja cibiran yang datang kepadanya. Tak bisa mengurus kelurga, tak pandai memasak. Namun, Ibu lebih memilih untuk tidak ambil pusing. Sebaik mungkin ia mencoba untuk menjalani perannya sebagai ibu dan juga sebagai guru. Terbukti, ketangguhannya mengantarkan kami hingga kini sedemikian dewasa dan masuk ke jenjang perguruan tinggi.

Belajar dari pengalaman di atas, aku pun belajar bahwa pada dasarnya tak ada yang tak mungkin di dunia ini. #BaikItuMudah adanya, apabila kita memang serius menjalaninya untuk tujuan yang baik. Apa yang Ibu perlihatkan kepadaku sungguh menjadi motivasi tersendiri bagiku untuk bisa menjalani hidup yang seimbang, dan mengatur prioritas dengan baik. I love you, Mom!

Zulfikar Abu Khansa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI