23 Nasihat Hidup yang Wajib Diingat Ketika Kamu Menginjak Usia 23 Tahun

Hidupmu baru saja dimulai!

23 Nasihat Hidup yang Wajib Diingat Ketika Kamu Menginjak Usia 23 Tahun Sumber Gambar: flickr.com

Di umur ini, bisa dianggap kamu sedang berada di fase baru beranjak dewasa dan baru memulai hidup yang sebenarnya. Terkadang diumur 23, dunia tidak sepenuhnya berada di pihak kita. Masalah pekerjaan, percintaan, atau bahkan perasaan yang tidak terarah akan sering muncul di umur ini. Jika memang kamu sedang merasakan hal seperti ini, kita senasib.

1. Kamu tidak akan sendiri sampai sisa akhir hidupmu.

2015-05-lt-guynextdoor-c17936612686a9133a5fc3bf21a717ed.jpgSumber Gambar : lifeteen.com

Di umur 23 ini memang merupakan umur di mana kamu akan merasakan ketidaknyamanan lebih sering dari umur-umur lainnya. Masa perkuliahan mungkin sudah usai. Di umur ini, kehidupan karirmu baru saja dimulai. Dan kehidupan sosialmu mungkin sedang terasa janggal akan perubahan yang sedang terjadi. Kamu sudah tidak sedekat dulu dengan orang-orang di sekitarmu. Cobalah biarkan waktu berjalan. Biarkan hubungan sosialmu berkembang. Beri sedikit kesempatan untuk dirimu sendiri agar mengatur jarak dengan orang-orang yang di sekitarmu. Kesendiriaan tidak akan terjadi selamanya. Percayalah.

2. Tidak usah mengejar karir impianmu untuk sekarang.

150923-mov-theinternjpgcroppromo-xlarge2-039a25fb71348bbdcbc0da9827a0fe1f.jpgSumber Gambar : slate.com

Tidak apa-apa jika mengambil pekerjaan yang tidak terlalu kamu sukai, karena kamu harus memenuhi kebutuhan ataupun tagihan. Tidak apa-apa untuk menghabiskan waktu luangmu untuk mengambil job tambahan atau freelance untuk mendapatkan pengalaman lebih. Ada beribu-ribu jalan menuju karir impianmu. Teruslah berjalan, walaupun perlahan.

3. Semua orang pernah merasa tersesat sesekali.

feeling-lost-3bf97669b952dd3910ce3bc8c46b9723.jpgSumber Gambar : quotesgram.com

Serius deh. Semua orang yang kamu kenal pasti pernah melalui fase saat mereka merasa sama sekali nggak punya tujuan hidup atau nggak tahu apa yang sedang mereka jalani. Jika hal ini terjadi padamu, cobalah untuk keluar dari fase ini secepat mungkin.

4. Kamu masih punya banyak waktu untuk gagal.

umur4-tescom-7cd7e5ea154459fdd35d96a8b1663e3c.jpgSumber Gambar: tes.com

Kamu masih berhak gagal untuk urusan cinta, karir, ataupun tujuan hidupmu. Kamu masih cukup muda untuk jatuh dan kembali berdiri, untuk beberapa waktu. Jangan takut akan resiko yang besar jika kamu masih punya waktu dan tenaga untuk mengulang jika gagal.

5. Seseorang akan mencintaimu lagi.

ways-to-know-if-your-new-relationship-is-serious-82cf982904d2239e6fb6cc9136e7479d.jpgSumber Gambar : womenosophy.com.com

Di umur 23 ini, jika kamu single, pasti ada saatnya kamu merasa membutuhkan support dari orang yang statusnya lebih dari sekedar teman. Tidak usah takut, kemampuan untuk mencintai orang tidak akan memudar jika telah lama tidak mencinta.

6. Kamu akan mencintai dirimu sendiri lagi.

201211-orig-deepak-chopra9-949x534-c021f4629dfb4376fd0b2b62a7b78737.jpgSumber Gambar : www.oprah.com

Persepsi diri akan menyesuaikan seiring dengan pendewasaan yang muncul. Jangan salahkan dirimu terhadap keadaanmu sekarang. Kamu masih punya begitu banyak waktu untuk tumbuh menjadi orang yang benar-benar kamu inginkan.

7. Kamu berhak mengatur batas untuk dirimu sendiri.

fence-d53ca37919c932c237f93ebcfc488fd7.jpgSumber Gambar : www.ericbhorn.com

Mungkin kamu berpikir bahwa beranjak dewasa kamu masih harus mengatakan ‘ya’ untuk banyak hal. Tapi kenyataannya, kamu berhak untuk mengatur batasan pribadi agar hidupmu lebih stabil. Kamu tidak harus meraih hak untuk dirimu sendiri karena itu merupakan kewajibanmu.

8. Kamu tak akan sepenuhnya tanpa support.

clasped-hands-c908900cd169671f48abd1feb888c609.jpgSumber Gambar : www.gracewayrecovery.com

Mungkin kamu tidak cukup beruntung karena tidak mempunyai orangtua yang bisa mendukungmu secara finansial atau bahkan teman yang bersedia setiap saat untuk memberi support secara emosional. Tapi yakinlah, pasti kamu akan memiliki orang-orang yang akan membantumu mungkin dengan cara yang tidak akan kamu harapkan sebelumnya.

9. Merasa kecewa kepada dirimu sendiri berarti kamu yakin bahwa kamu bisa menjadi lebih baik.

o-anxiety-heart-risk-facebook-zps3vsbxogv-725a724922a303727513fe1d74f4ab91.jpgSumber Gambar : www.uniquefunda.com

Jika kamu tidak pernah merasakan jatuh bangun untuk tujuan hidupmu, berarti kamu hidup di cara yang salah. Kekecewaan, kenyataannya membuatmu percaya bahwa hal yang lebih besar akan terjadi pada hidupmu untuk kedepannya. Mempercayai hal ini akan membawamu lebih jauh dari apa yang kamu bisa bayangkan.

10. Ini bukan tugasmu untuk hidup di mimpi orang lain.

it-s-no-secret-it-s-just-not-your-business-eed615395c305e69b0702eda92459ef5.jpgSumber Gambar : boldomatic.com

Kamu tidak harus pindah ke Singapura jika kantor itu tidak membuatmu senang. Kamu tidak harus pindah ke kota besar untuk mendapatkan jabatan penting jika hanya untuk memberikan kesan yang hebat pada orang-orang. Pilihan yang kamu ambil akan mengatur pilihan-pilihan lain kedepannya. Jadi, kamu berhak untuk memilih pilihan sesuai dengan keinginanmu.

11. "Tidak" adalah kata yang paling penting. Beranikan diri untuk mengucapkannya.

say-no-5be38d87974e6739e5d551b1d517f61f.jpgSumber Gambar : www.womenshealthmag.com

Percayalah, kamu berhak menggunakan kata ini. Katakan tidak untuk pekerjaan yang tidak membuatmu semangat. Katakan tidak kepada orang-orang yang hanya membawa pengaruh negatif untuk dirimu. Katakan tidak untuk semua kesempatan yang bisa menahan perjuanganmu untuk menuju hidup yang lebih baik.

Katakan “tidak” secara percaya diri dan teratur jika kamu memang butuh. Ini adalah salah satu hakmu dan untuk beberapa hal, merupakan aset terbesarmu.

Baca Juga: Kamu yang Lahir di Tahun 1993 Pasti Merasakan 13 Hal Ini!

12. Tidak ada yang bisa membaca pikiranmu, kamu harus utarakan apa yang kamu mau.

single-hand-of-drowning-man-in-sea-asking-for-help-5453bc324a3317b4312d029d59e1a435.jpgSumber Gambar : frederikc.com

Tidak akan ada yang tiba-tiba datang menawarkanmu sebuah pekerjaan impian karena kamu merasa sudah cukup teratur dalam menjalani hidup. Kamu harus meminta – secara langsung dan kadang terus menerus – untuk beberapa hal. Sayangnya, dunia dewasa memang seperti ini. Jika kamu sudah terbiasa meminta untuk beberapa hal, kamu akan mendapatkan hasilnya secara nyata. Hasil yang orang lain tidak akan dapatkan karena mereka terlalu takut untuk meminta.

13. Stop merasa malu!

banner-4-63581696ab24f758e180cc6ea06d1c6a.jpgSumber Gambar : standupforgood.com

Tidak usah merasa malu soal pekerjaan yang kamu jalani atau orang yang kamu kencani atau di posisi mana kamu hidup sekarang. Malu adalah pilihan. Semakin kamu bangga dengan dirimu sendiri, semakin kamu bergerak lebih jauh untuk hidup kedepannya. Percaya diri adalah kunci menuju sukses.

14. Tubuhmu tidak berumur 17 tahun lagi.

umur14-partiesandpottytrainingcom-af5ddaf9e34354f114b613d11e168def.jpgSumber Gambar: partiesandpottytraining.com

Kurangilah mengkonsumsi alkohol, makanan berminyak atau menghabiskan waktu untuk tidur siang. Tubuhmu sudah mulai mengalami perubahan dan tentunya kamu juga harus mengubah kebiasaan tersebut. Rawatlah tubumu dengan benar untuk mendapatkan dampak yang positif untuk hidupmu sendiri.

15. Kamu mungkin lebih mempesona dari yang kamu bayangkan.

umur15-huffpostcom-467642838297df090f455abb0553437e.jpgSumber Gambar: huffpost.com

Di umur awal dua puluhan, percayalah kamu lebih mempesona dari yang kamu bisa bayangkan. Tingkatkan percaya diri dalam penampilan kamu. Coba untuk mulai lebih mempercayai dirimu sendiri.

16. Kamu belum sepenuhnya dewasa, dan mungkin belum akan beranjak dewasa.

umur16-huffpostcom-087c2ad4f174f897582f3404488c1f8c.jpgSumber Gambar: huffpost.com

Mungkin kamu memang sering mengalami momen-momen terindah pada awal dua puluhan. Tapi momen-momen tersebut tidak akan bertahan lama. Hidup itu berubah secara konstan. Pikiranmu masih berkembang. Kamu pun masih berkembang. Dan hal terburuk yang bisa kamu alami saat ini adalah menjadi stagnan.

17. Kamu harus sedikit beristirahat.

late-9a65dd5a05c8c767438839bd7cc475fb.jpgSumber Gambar : chitralok.com

Pada umur 23, sangat mudah untuk terbuai dengan pekerjaan, percintaan, atau pencarian jati diri bahwa kita sendiri lupa untuk mengambil napas. Untuk beristirahat. Kamu berhak untuk menikmati hidupmu sendiri. Masa depanmu akan muncul secara perlahan kok nantinya.

18. Kehilangan teman merupakan hal yang biasa.

umur18-huffpostcom-84bd83fa12b65494f3797da6676e9aea.jpgSumber Gambar: huffpost.com

Sudah tidak keep in touch dengan teman-teman terdekatmu sebelumnya merupakan hal yang biasa terjadi jika kamu sedang beranjak dewasa. Beberapa hal memang memudar karena memang harus seperti itu. Kalo hal ini terjadi, mungkin saja pertemananmu hanya berlangsung untuk beberapa periode, gak untuk selamanya. Jangan sedih, hal itu lumrah kok.

19. Kamu akan meninggalkan orang-orang seiring kamu berkembang dan hal ini tidak menunjukkan bahwa kamu orang yang buruk.

b6608989-ce3f42a9-wk-4550xxxlarge-2xxxxlarge-0b76eaec98ba5ecc23ce249c0a114d12.jpgSumber Gambar : popsugar.com

Semua orang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan mereka. Dan seiring kamu beranjak dewasa, kamu akan menyadari bahwa beberapa orang hampir memilih untuk berdiam dan menahan diri mereka. Dan hal ini bukanlah urusanmu untuk membantu mereka. Kamu bisa mencintai mereka, mendukung mereka, meyakinkan mereka, tapi pada akhirnya kamu tidak akan bisa membantu mereka secara langsung.

Mereka harus bertanggung jawab atas hidupnya dan kamu juga harus bertanggung jawab untuk hidupmu sendiri. Jangan berpikir kamu egois atau tidak baik untuk tetap melaju ke depan tanpa mereka.

20. Stop membandingkan segala hal, kecuali menjadikannya untuk motivasi.

reasons-to-stop-comparing-yourself-with-others-627f5ed53ed2b374d9effd0aad586265.pngSumber Gambar : functionallies.com

Bandingkanlah hidup kamu dengan orang lain hanya untuk memotivasi diri sendiri agar bangkit menuju kehidupan yang lebih baik. Jangan menjadikan perbandingan ini sebagai hal yang bisa mengalahkan dirimu sendiri.

21. Semua orang pernah hancur.

umur21-hdfinewallpaperscom-dd6c58ad0a443940da77611578007bee.jpgSumber Gambar: hdfinewallpapers.com

Bener deh, semua orang pasti pernah melakukan satu kesalahan yang besar yang seandainya bisa dilupain, bakal mereka lupain. Hanya kita saja yang cenderung untuk tidak memberitahu kesalahan tersebut. Percaya deh, kamu gak sendiri. Semua orang pernah merasa hancur, tapi mereka punya cara mereka sendiri untuk bangkit lagi. Nah! Kalo kamu merasa demikian, kamu akan menemukan jalan untuk bangkit kok secara tidak sadar.

22. Semua orang pasti ketakutan.

depressed-kid-suicidal-boy-9fa34ea48ed96edec0f05a039b4cca50.jpgSumber Gambar: imgtrendy.com

Gak ada yang akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya pada dirimu. Tidak ada yang 100 persen yakin bagaimana untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Gak ada yang tahu. Bahkan orang yang paling percaya diri pun terkadang punya sedikit ketidakyakinan atau ketakutan. Hidup memang seperti itu. Ketidakpastian adalah hal utama untuk seluruh peristiwa yang akan terjadi nantinya.

23. Hidup sama halnya seperti rollercoaster.

20100918-glwood-148-35605e261a341667e4b65e0d8b1a0437.jpgSumber Gambar : photoshelter.com

Jika kamu sudah tahu gimana hidup kedepannya, yakin deh, hidupmu akan menjadi membosankan. Gak usah takut kalau mengalami naik turun bak menaiki rollercoaster, karena itu merupakan bagian alami yang akan membuat hidupmu lebih menarik. Intinya, nikmati aja.

Untuk kamu yang sudah umur 23, semoga pelajaran ini bisa menginspirasimu yaa.

Baca Juga: Bro, Usiamu Sudah 20 Tahun? Lakukan 11 Hal Ini Agar Kamu Nggak Menyesal di Masa Tua!

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 16%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 6%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 9%
  • Vote Marah Vote
    Marah 2%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 3%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 65%
ARTIKEL TERKINI