TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kalimat yang Gak Akan Pernah Diucapkan oleh Orang Cerdas. Kamu?

"Kamu itu terlalu baik buat dia" BOOM!

dramafever.com

Orang yang cerdas bukan hanya bisa dilihat dari berapa nilai yang dia dapatkan di sekolah dulu, tapi dari caranya berprilaku. Orang dengan pengetahuan yang banyak, cenderung mengatakan hal yang netral, tidak memihak apalagi menghakimi satu atau dua oknum. Jadi kalau kamu mau dianggap sebagai orang yang cerdas, mulai sekarang mulailah benahi cara kamu bicara.

Nah, berikut adalah 7 kalimat yang gak akan pernah diucapkan oleh orang cerdas. Coba cek, kamu termasuk gak sih?

1. “Kamu itu terlalu baik buat dia.”

soompi.com

Saat kamu mengatakan kalimat ini untuk menghibur, maka di sisi lain kamu telah menyudutkan “dia” dalam kalimatmu ini. Dibanding ini, mengatakan dia akan kehilanganmu akan jadi perkataan yang lebih netral. Jangan memihak, saat kamu tidak tahu jelas mana yang benar.

2. “Di usiamu yang sekarang kamu masih kelihatan keren banget.”

soompi.com

Jika kamu merasa dia keren, maka cukup katakan saja dia keren tanpa membawa-bawa usia di belakangnya. Jadilah lebih netral dan tidak membuat orang lain malah merasa kamu terpaksa memuji.

3. “Aku sudah coba, tapi sia-sia.”

dramafever.com

Dibanding mengatakan ini, akan lebih baik kalau kamu mengatakan bahwa kamu akan mencoba semampumu. Orang yang cerdas akan tahu bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Bahkan ketika keadaan semakin sulit dan menjepit, akan selalu ada jalan keluar kalau kamu mau mengusahakannya ada.

4. “Aku melakukan semuanya serba sendiri.”

allkpop.com

Yang pasti, tidak akan ada orang yang tidak butuh orang lainnya lagi. Mengatakan hal ini hanya akan membuatmu terlihat terlalu jumawa dan angkuh. Bahkan jika kamu berhasil mendapatkan sesuatu, tidak menutup kemungkinan orang lain juga ikut andil di dalamnya. Belajarlah menghargai orang di sekitarmu.

5. “Ini semua gak adil!”

soompi.com

Orang cerdas seharusnya tidak mengukur apa yang adil dan tidak adil dengan membandingkan dengan apa yang orang lain alami. Kalau kamu sering mengatakan ini, tandanya kamu tidak bisa melihat dengan jelas apa yang bisa kamu dapatkan selama ini. Posisimu yang kamu keluhkan, bisa jadi adalah tempat yang diidamkan orang lain.

6. “Aku sudah pernah bilang ke kamu kan...”

bustle.com

Orang cerdas tidak akan menyalahkan siapapun untuk hal buruk yang terjadi. Faktanya, kesialan bisa datang pada siapa saja dan dalam keadaan yang tidak terduga. Jadi menyalahkan orang lain hanya akan membuat keadaan makin kacau. Tidak ada solusi, yang ada hanya orang-orang yang merasa dirinya cukup pintar untuk menyalahkan yang lain.

Verified Writer

Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya