TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sering Lakukan 8 Hal Ini Bisa Sebabkan Kamu Selalu Gagal Lho

Anak muda harus baca!

imdb.com

Pernah gak sih kamu mengadakan evaluasi dari setiap kegagalan yang kamu alami? Bisa jadi kegagalan tersebut terjadi karena kesalahanmu sendiri. Atau bisa juga karena kamu tidak mempersiapkan segala sesuatu dengan cermat. Sebagai anak muda, kegagalan seharusnya bisa jadi pelajaran yang berharga untuk lebih meningkat.

Kalau memang kegagalan yang kamu alami itu adalah karena dirimu sendiri, maka bisa jadi 8 hal ini adalah salah satunya. Hidup ini adalah pelajaran, jadi pastikan kamu belajar dengan baik di setiap ujiannya supaya kamu bisa naik kelas.

1. Kamu kurang gigih dalam mengusahakannya

imdb.com

Ini bisa dari beberapa aspek. Bisa dari kamu tidak yakin, bisa juga karena kamu kurang belajar, atau dari kamu yang setengah-setengah dalam mengerjakan itu. Kegigihan akan sangat membantumu dalam berkembang. Kalau kamu tidak gigih maka kamu tetap akan ada di tempat yang sama. Dalam hidup, naik kelas atau jalan satu langkah saja itu butuh perjuangan.

2. Kamu kurang meyakini kalau kamu akan mendapatkannya

imdb.com

Dalam memperjuangkan sesuatu, keyakinan ibaran pondasi yang harus sekali kamu miliki. Jika kamu sendiri tidak yakin, maka jalan yang kamu tempuh juga tidak akan jelas dan usaha yang kamu lakukan juga tidak akan maksimal. Kamu harus yakin dulu pertama untuk menjalankannya dengan sepenuh hati dan tenaga.

3. Kamu terpengaruh dengan kesalahan yang pernah kamu lakukan di masa lalu

imdb.com

Jangan sampai pikiranmu sendiri menghambat kesuksesan yang sebenarnya bisa kamu dapatkan. Hanya karena kamu pernah gagal kemarin, tidak berarti kamu akan gagal lagi nanti. Semua tergantung dari apa yang kamu percayai dan kamu usahakan. Jika kamu berpikir kamu akan gagal, maka kamu pasti gagal.

Baca juga: 7 Hal 'Sepele' yang Pada Akhirnya Cuma Bikin Kerjamu Gak Produktif

4. Kamu tidak disiplin dalam mengerjakan hal tersebut

imdb.com

Jika kamu mengerjakan setengah-setengah, apalagi dengan tidak disiplin, maka jangan heran dengan hasil yang tidak maksimal juga. Segala sesuatu itu pasti ada penyebabnya. Apa yang kamu dapatkan hari ini, itu adalah hasil tindakanmu kemarin. Begitu juga apa yang kamu dapatkan besok, adalah hasil tindakanmu hari ini.

5. Kamu terlalu rasional tentang mimpimu sendiri

imdb.com

Jadi rasional itu memang baik, tapi tanpa kamu sadari jika kamu tidak bisa mengontrolnya, itu akan jadi penghalang untukmu maju. Rasionalitas bisa jadi tembok kuat yang menghalangi kesuksesanmu sendiri. Terkadang kamu harus menembus semua tembok kemustahilan untuk bisa meraih sesuatu yang luar biasa.

6. Kamu mempertahankan atitude yang tidak baik

imdb.com

Sikap yang buruk tidak akan membawamu pada hasil yang baik. Apalagi ini tentang mimpi, tentang tujuan dan sesuatu yang ingin kamu raih. Jangan sampai kamu menghalalkan segala cara sampai mengorbankan orang lain. Jangan sampai kamu memilih untuk tidak jujur, jangan sampai kamu memilih untuk mencoreng nama baikmu sendiri.

7. Kamu kurang percaya diri bahwa kamu mampu

imdb.com

Jika kamu meyakini sesuatu maka percaya atau tidak semesta akan membantu. Jangan sampai hanya karena kamu kurang percaya diri, kamu tidak jadi mendapatkan apa yang sudah lama kamu kejar. Mulai sekarang, bangun kepercayaan dirimu sendiri dan pertahankan itu sampai kapanpun. Akan ada banyak orang yang meragukanmu, tapi kalau kamu yakin, kamu pasti bisa meraihnya.

Baca juga: 8 Karakteristik Tanda Kamu Sudah Punya Komitmen Bagus Sejak Muda

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya