#InspirasiRamadan

7 Alasan Bunuh Diri Itu Gak Akan Pernah Bisa Menyelesaikan Masalah medscape.com

7 Alasan Bunuh Diri Itu Gak Akan Pernah Bisa Menyelesaikan Masalah

Jangan pernah jadikan pilihan

Baru-baru ini kita dikejutkan dengan peristiwa bunuh diri yang disiarkan secara langsung lewat akun media sosial orang yang bersangkutan. Walaupun Indonesia gak termasuk dalam daftar 10 besar negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi, tetap saja jumlah korban dan upaya bunuh dirinya gak bisa dipandang sebelah mata. Banyak yang mempublikasikan rencananya dalam status, unggahan foto ataupun foto profil media sosial. Ketahuilah bahwa bunuh diri gak akan pernah jadi jalan keluar menyelesaikan masalah. Ini 7 alasannya!

1. Kalau mau membuktikan segala sesuatu dengan bunuh diri, kamu gak akan bisa membuktikannya, karena setelah kamu tewas, gak ada apapun yang bisa kamu lakukan.

Termasuk membuktikan seberapa besar cintamu pada seseorang. Ataupun membuktikan seberapa berdedikasinya kamu pada sesuatu. Percuma. Bunuh diri dalam stigma orang pada umumnya adalah menyerah dan menyerah justru adalah tanda bahwa kamu sudah gak mampu membuktikan atau memperjuangkan sesuatu.

2. Alih-alih mendapat simpati, kamu justru akan mendapat gunjingan dan kamu meninggalkan dunia dalam kesan yang buruk.

Sudah rahasia umum bahwa bunuh diri itu dianggap sebagai tanda seseorang yang lemah. Lemah baik secara mental maupun iman. Jadi jangan salahkan bila banyak orang yang justru akan menghina bukannya simpati dengan pesan terakhir yang disampaikan sebelum bunuh diri. Kesan pertama memang penting, tapi kesan terakhir kita di dunia jauh lebih penting dari itu karena itu lah yang menunjukkan kualitas sebagai manusia.

3. Dengan bunuh diri, kamu justru akan meninggalkan lebih banyak masalah, termasuk semua tanggung jawabmu baik materiil dan moril.

Bunuh diri adalah tindakan paling egois yang bisa dilakukan seseorang, karena itu adalah tanda bahwa ia gak percaya lagi pada siapapun baik itu pasangan, keluarga, sahabat bahkan Tuhan YME. Bunuh diri yang secara tiba-tiba itu akan menimbulkan lebih banyak masalah secara tiba-tiba juga.

Baca Juga: Ini 8 Alasan Kenapa Banyak Orang Indonesia Mudah Percaya Hoax atau Kabar Bohong!

4. Bunuh diri itu bukan menyelesaikan masalah, itu bentuk yang paling jelas tentang lari dari masalah. Selamanya.

Bagaimana bisa menyelesaikan masalah dengan bunuh diri? Yang ada kamu justru akan melimpahkan masalah itu pada orang lain, misalnya: pada keluargamu, pada anakmu, pada pasanganmu, pada sahabat dekatmu dan lainnya. Itu adalah beban yang membuat kepergianmu itu gak disedihkan oleh mereka, tapi dibenci.

5. Dengan bunuh diri, kamu justru akan mengecewakan semua orang terdekatmu. Karena secara gak langsung kamu menganggap mereka gak bisa dipercayai untuk membantu menyelesaikan masalahmu.

Jangan pernah ragu atau gengsi untuk menyampaikan masalahmu dan mencari bantuan. Selalu ada bantuan di luar sana jika kamu memang serius mencarinya.

6. Bunuh diri bukan hanya berarti gak menghargai dirimu sendiri dengan usaha Tuhan menciptakanmu, tapi juga berarti gak percaya bahwa kamu masih memiliki Tuhan untuk menyelesaikan masalahmu.

Hukumannya pun berat karena itu berlaku selamanya di alam abadi. Sebagai negara beragama, percayalah bahwa Tuhan memberikan masalah kepadamu gak akan pernah melebihi kemampuanmu, kalau kamu merasa gak mampu, kamu selalu bisa meminta bantuan.

7. Ketika kamu merasa gak mampu membanggakan orang yang kamu sayangi, ketahuilah bahwa bunuh diri justru akan semakin mengecewakan mereka.

Pahamilah bahwa jika bunuh diri adalah salah satu pilihan dari penyelesaian masalah, maka kamu gak akan pernah mendengar nama-nama orang besar seperti Jack Ma, Susi Pudjiastuti, Oprah Winfrey dan masih banyak lagi. Mereka adalah orang-orang yang gak pernah menjadikan bunuh diri sebagai pilihan dan terus bertarung dengan kejamnya realita kehidupan.

Kapanpun itu, siapapun kamu, di manapun kamu berada, kamu akan selalu dihadapkan dengan masalah. Jangan pernah jadikan bunuh diri sebagai pilihan. Hadapi masalahmu dan jadilah kuat! Teruslah berjuang! Buat bangga mereka dan dirimu sendiri!

Baca Juga: Temanmu Mendadak Menyanyi? Responmu Ke Dia Bisa Menunjukkan Kepribadianmu


Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Vote
    Senang 20%
  • Vote Vote
    Sedih 0%
  • Vote Vote
    Terhibur 20%
  • Vote Vote
    Marah 0%
  • Vote Vote
    Kaget 0%
  • Vote Vote
    Terinspirasi 60%

ARTIKEL TERKINI

About IDNtimes