Yakin Paham Budaya Lokal? Kalau Begitu Kamu Wajib Tahu 6 Hal Ini

Coba yuk tes diri sendiri!

Yakin Paham Budaya Lokal? Kalau Begitu Kamu Wajib Tahu 6 Hal Inidolandolen.com

Line IDN Times

Lagi heboh nih, berita motif batik yang lagi-lagi dicuri oleh negara tetangga. Nggak heran sih, kain bercita rasa seni tinggi ini memang punya 'rahasia'nya sendiri yang membuat banyak negara ingin memilikinya. Penasaran dengan rahasia makna yang terkandung pada helaian lembar kain batik? Yuk cek di sini!

1. Motif batik Sidoluhur

Dari sehelai kain batik yang satu ini, kamu bisa mendapatkan pelajaran hidup filosofis Jawa yang sangat dalam! Mempunyai makna keluhuran, batik ini mengajarkan kita untuk menjalani hidup sesuai pada hakikatnya. Mencari kebutuhan materi dengan jalan yang benar, serta mengabdikan kehidupan untuk menjaga martabat keluarga, lingkungan, masyarakat, serta tuhan pencipta, jadi inti nasihat dari batik ini. 

2. Motif batik Gurda

Punya motif batik ini di rumah? Wah bisa jadi modal kamu saat sedang nge-date Nih! Pasalnya, gurda atau garuda yang merupakan burung lambang negara kita ini, memang di gambarkan sebagai simbol pemimpin kehidupan serta kejantanan! Hmm, dijamin kamu terlihat gagah secara instan di depan cewek idamanmu!

3. Motif batik merak simpir

capture-dde50dc5651aa650b71008f8fcf71e3b.PNGDoc. Bakti Budaya Djarum Foundation

Motif batik yang satu ini pastinya gak pernah gagal menarik hatimu bahkan hanya dalam sekali lirik! Ya, setiap goresannya yang di lukis indah pada sehelai kain memang telah dirancang matang-matang untuk memenuhi makna filosofis di dalamnya.

Merak simpir atau merak yang menari mempunyai makna sebagai simbol kasih sayang di antara dua sejoli. Seperti yang kita tahu, merak pejantan memang melakukan tarian ritual untuk menarik betinanya pada saat musim kawin, nah dari sinilah filosofis itu berasal.

Ingin tau lebih jauh mengenai batik yang satu ini, yuk tonton webseries Menitik Hati karya Ghyan, sutradara cewek yang lagi on the rise  banget saat ini!  Meski berlatar cerita cinta mengenai pasangan yang sedang saling naksir, namun pelajaran mengenai kebudayaan Indonesia seperti batik, tetap menonjol banget di web series yang satu ini! Episode sebelumnya bercerita mengenai Arum yang tanpa disengaja bertemu seorang ibu misterius yang bayak muncul di foto instagram Dimas! Siapakah ibu itu? Yuk cari tahu di sini!

Loading video...


4. Motif batik parang kusuma

Motif batik ini sering kamu temui di pasaran? Hmm, gak heran sih motif serta filosofinya yang mendalam memang bikin banyak orang ‘mengincar’ batik yang satu ini! Bermakna proses hidup yang harus dilandasi perjuangan untuk mencari kebahagiaan lahir dan batin, batik ini mengajarkan kamu untuk jadi ‘kusuma’ atau kebanggaan bangsa dan negara!

5. Motif batik Truntum

Diciptakan Kanjeng ratu Kencana, salah seorang ratu keraton, saat sedang merindukan suaminya, batik ini mempunyai makna cinta yang tumbuh kembali. Juga merupakan simbol dari cinta yang tulus tanpa syarat dan semakin berkembang, motif batik yang satu ini sering dipakai orang tua pengantin pada saat pernikahan. Harapannya, cinta kasih dari orang tua dapat turun dan dirasakan kepada anak-anaknya.

6. Motif batik Slobog

Saat melihat motif batik yang satu ini, mungkin kata simpel dan minimalis lah yang terlintas di pikiranmu. Memang tak seperti motif kain yang biasanya ramai, motif ini terkesan sederhana namun terlihat keren karena minimnya motif. 

Ingin memakai motif batik ini untuk outfit sehari-hari? Sebaiknya kamu pikir-pikir lagi deh! Pasalnya kain slobog atau lapang, penggunaannya di khususkan untuk menutup jenazah dengan tujuan mendoakannya agar mendapatkan jalan yang lapang di alam kubur. Hii, jangan sampai karena ingin terlihat modis, eh malah disamakan dengan jenazah!

Nah, itulah arti dari motif batik yang kaya akan filosofis. Bikin kamu makin cinta akan budaya kita yang gak hanya kaya dalam jumlah, namun juga sarat akan makna filosofis didalamnya. Yuk, kita kenali dan jaga ‘harta’ kita yang berharga ini! Jangan sampai dicuri negara lain!

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI