Selain Harus Cerdas dan Rajin, 7 Hal Ini Bantu Bikin Kamu Raih Sukses

Sudah punya belum?

Selain Harus Cerdas dan Rajin, 7 Hal Ini Bantu Bikin Kamu Raih Sukses djarumbeasiswaplus.org

Sukses adalah satu hal yang paling diinginkan oleh anak muda saat ini, setuju gak? Karena itu wajar rasanya kalau tiap anak muda modern mau belajar dan bekerja keras untuk mewujudkan mimpi tersebut. Tapi ternyata, sukses bukan cuma soal belajar dan kerja lebih giat. Minimal, kamu harus mempunyai 7 karakter orang sukses berikut ini:

1. Gak takut dengan persaingan

Ketika banyak orang takut bersaing karena gak siap jika kalah, orang sukses justru merasa sebaliknya. Dia merasa bahwa persaingan adalah pompa untuk dirinya melakukan hal yang lebih baik. Tanpa adanya “lawan” untuk bersaing, calon orang sukses justru merasa ada yang kurang. Untuk itu kamu perlu tahu bagaimana bersaing secara sehat. 

2. Bertindak lebih banyak

Calon orang sukses selalu percaya bahwa pemisah utama antara mimpi dan kenyataan adalah tindakan. Jadi ketika menginginkan sesuatu, mereka akan segera bertindak agar apa yang diinginkan bisa segera tercapai. 

3. Senang memberi solusi

Karakter ketiga yang biasanya dimiliki orang sukses adalah senang memberi solusi. Ketika ada masalah mereka tidak bertindak apatis, melainkan berusaha memikirkan cara menyelesaikannya. Dengan sigap mereka berusaha menemukan akar dari masalah yang ada lalu mencari jalan keluar terbaik. 

Kemampuan untuk menemukan solusi tentunya tidak diperoleh begitu saja. Karenanya calon orang sukses akan mencari tempat belajar untuk melatih kemampuan tersebut. Selain bergabung dengan organisasi, orang dalam kategori ini mencari peluang belajar di lingkup lain. 

Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengikuti Program Djarum Beasiswa Plus di mana penerimanya tak hanya mendapat bantuan dana pendidikan, tapi juga pelatihan soft skills yang berfokus pada pengembangan kecerdasan emosional. 

Program yang diberikan oleh program ini salah satunya adalah Community Empowerment di mana peserta diajak untuk terjun langsung membantu permasalahan sosial. Dengan latihan lapangan seperti ini, anak muda pasti akan terlatih untuk menyusun solusi secara lebih real. Mempratikkan banyak hal dari pelatihan kecerdasan emosional yang diberikan seperti seperti wawasan kebangsaan, pengembangan karakter serta kepemimpinan.

4. Mengakui kesalahan lalu melakukan perbaikan

Kalau kamu adalah tipe orang yang mau mengakui kesalahan lalu memperbaikinya, itu tanda kesuksesan tidak akan jauh darimu. Alasannya mereka yang sukses tidak malu mengakui kalau ada hal yang pasti belum bisa ia lakukan secara sempurna. Untuk itu mereka akan terus belajar. 

5. Mau berkontribusi nyata

Bagi orang sukses, keberhasilan adalah ketika mereka bisa memberi pengaruh nyata kepada lingkungannya. Artinya ketika mereka melihat ada yang salah, calon orang sukses akan segera mencari solusi dari permasalahan tersebut. Tidak cuma berhenti di situ, orang sukses biasanya ikut pula dalam proses eksekusi dari solusi yang telah ia berikan.

Kesadaran akan pentingnya berkontribusi dan bagaimana cara melakukannya inilah yang juga diajarkan dalam Program Djarum Beasiswa Plus. Melalui program Competition Challenges misalnya, penerima beasiswa ini akan mengikuti Debate dan Writing Competition untuk melatih kepekaan dalam memberikan solusi pada fenomena yang terjadi di sekelilingnya Dalam program tersebut peserta akan dirangsang keserasian kemampuan intelektual dan emosionalnya untuk bisa membantu sesama.

Untuk itu bagi kalian anak muda yang menjadi agen perubahan, segera cari tahu lebih jauh mengenai Program Djarum Beasiswa Plus. Karena selain memberikan bantuan pendidikan dalam bentuk dana beasiswa, program ini juga membantu pengembangan mahasiswa untuk menjadi pribadi yang memiliki kecerdasan emosional,siap bersaing meraih sukses. 

6. Tidak pernah merasa pintar sempurna

Walaupun lingkungan sekitarnya merasa bahwa orang sukses sudah mengetahui banyak hal, tapi dia tak pernah merasa cukup. Selalu ada ilmu yang bisa dieksplorasi adalah prinsip orang sukses. Untuk itu ia tidak hanya memiliki semangat belajar, juga memacu dirinya mengembangkan jejaring relasi (networking).

7. Melihat banyak hal dari sisi positif

Jalan menuju kesuksesan pasti tidak akan mudah. Bisa jadi kamu akan bertemu dengan banyak kegagalan, sebelum akhirnya berhasil. Orang sukses dalam perjalanan mengejar kesuksesannya akan selalu menjadi pribadi positif. Sesering apapun ia gagal ia akan melihat hal tersebut bukan sebagai penghalang melainkan kesempatan belajar. 

Menurut IDN Times, karakter adalah “kendaraan utama” bagi siapa saja yang mau sukses. Karena sesulit dan sekeras apapun tantangannya, kalau kamu memiliki 7 modal karakter di atas maka peluang meraih keberhasilan akan makin besar.  Dapatkan rangkaian pelatihan soft skills untuk mengembangkan diri kamu di tautan  program beasiswa ini.

https://djarumbeasiswaplus.org/tentang_kami/program-djarum-beasiswa-plus

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 33%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 0%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 0%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 67%
ARTIKEL TERKINI