Makna Puasa Bagi Kehidupan a la Emha Ainun Najib

Puasa sebagai sarana untuk kamu "pacaran" denganNya.

Makna Puasa Bagi Kehidupan a la Emha Ainun Najib islamlib.com

Apa yang selama ini kamu ketahui tentang makna puasa kecuali menahan lapar dan dahaga? Bisa jadi kamu hanya tahu kalau puasa hanya ibadah, menahan hawa nafsu dari terbit fajar sampai petang tiba demi pahala. Itu memang benar adanya, akan tetapi, ada banyak pelajaran hidup yang dapat kamu petik dari puasa. Seperti yang diungkapkan oleh seorang cendikiawan islam Emha Ainun Najib.

Tokoh yang biasa disapa Cak Nun ini, mengemukakan sejumlah pandangan luas tentang puasa melalui ceramahnya di berbagai daerah.

Puasa melatihmu "mengerem" agar kamu tidak celaka.

Kalau kamu sedang mengendarai motor dan lajumu terlalu cepat tak terkendali, maka itu akan membahayakan dirimu. Untuk mengontrol dan memperlambat laju motormu itu adalah rem. Begitu juga pada kehidupan kita. Apabila kamu terlampau dalam mengendarai hawa nafsumu maka kamu bisa celaka. Untuk itulah puasa satu bulan Ramadan ini kamu terapkan, sebagai media melatih diri untuk tidak hidup berlebihan.

Puasa melatihmu berkorban, dengan melakukan hal yang tak kamu senangi demi kebaikan.

Berpuasa juga melatih kamu melakukan sesuatu yang tidak kamu suka demi kebaikan. Seperti ketika kamu bekerja keras banting tulang, walau terkadang pekerjaan itu tidak kamu senangi, tapi kamu mencoba untuk rela menjalaninnya demi keberlangsungan hidupmu.

Sama halnya, ketika kamu tidak suka lapar, dan sebenarnya kamu tidak senang melakukan puasa. Kendati demikian, justru karena kamu tidak suka dan tidak senang tapi kamu bersedia melakukan dengan ikhlas demi cinta Tuhan, itulah yang membawamu pada derajat kemulian.

Puasa melatihmu memahami dosis tubuh demi kesehatanmu.

Puasa juga mengandung kebaikan untuk kesehatan tubuh. Secara medis, overdosis membuat kamu tidak sehat, dan underdosis juga membuat kamu tidak sehat. Maka untuk menemukan dosis itulah yang bernama puasa.

Ketika puasa, kamu berlatih untuk menemukan ketepatan takaran antara kenyang dan lapar. Saat berpuasa, kamu sedang memahami kapan saatnya sel-sel tubuhmu benar-benar perlu diberi asupan, dan kapan sel-sel tubuhmu perlu dibiarkan tanpa asupan. Maka kamu makan dengan secukupnya.

Baca juga: 6 Berkah Saat Berpuasa Ini Buat Ramadan Terasa Makin Spesial

Puasa melatih kamu mendewasakan diri.

Ketika kamu punya hak untuk melakukan apapun, tetapi kamu memilih untuk tidak melakukannya, itu juga berpuasa. Bagi anak-anak, apa pun yang membuatnya senang akan ia upayakan untuk terwujud. Akan tetapi, bagi orang yang sudah memiliki kedewasaan ia akan berpikir dampak buruknya, maka seorang dewasa akan berani tidak melakukan hal tersebut walau ia senang, demi kebaikan.

Puasa sebagai sarana untuk kamu pacaran denganNya.

Puasa itu bersifat pribadi. Yang mengetahui hanya Tuhan dan kamu sendiri. Seperti pacaran, hanya kamu dan kekasihmu yang tahu seberapa besar jalinan cinta kalian. Bulan Ramadan dijadikan hari khusus bagi hamba Tuhan untuk bicara hati ke hati, berkontemplasi. Ini seperti malam Minggu, yang menjadi hari yang spesial untuk sepasang kekasih.

Maka berpuasa adalah kesempatan kamu untuk berpacaraan dengan tuhan. Berhubungan berdua dengan tuhan, agar kamu bisa curhat tentang segala hal padanNya.

Baca juga: 9 Tujuan Hebat Bulan Ramadan

Tulis artikel seputar Ramadan, Puasa dan Idul Fitri. Dapatkan gratis 100 poin!

M.A.J.W

Write like capture image | emajewe@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 20%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 0%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 0%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 80%
ARTIKEL TERKINI