Refleksi: Kamu Golongan Orang Berhati Besar atau Tukang Iri?

Kamu termasuk yang mana?

Refleksi: Kamu Golongan Orang Berhati Besar atau Tukang Iri?m.njdld.cn

Line IDN Times

Persaingan yang sehat itu bisa membawa orang ke puncak kesuksesan. Namun, hati-hati jika ternyata persaingan yang dialami tidak sehat, bisa-bisa kamu terjerumus ke dalam rasa dengki dan iri. Bahkan, iri hati bisa menghambat kesuksesanmu sendiri.

Kira-kira apa sih perbedaan orang yang berhati besar dan dia yang masih kerap iri dengan orang lain? Yuk, cek tandanya di artikel ini!

1. Memiliki hati yang besar berarti suka melihat kesuksesan orang lain. Bertolak belakang dengan rasa iri yang membuat orang ini diam-diam gembira saat melihat kegagalan sesamanya.

Orang yang berhati besar ikut gembira dengan kesuksesan orang lain. Bahkan, orang ini juga kerap berharap bahwa orang lain bisa sama suksesnya atau bahkan lebih sukses dari dirinya sendiri. Orang berhati besar selalu berpikir positif dan percaya dengan persaingan sehat. Berbeda dengan orang yang dipenuhi rasa iri. Orang ini justru diam-diam senang saat melihat kegagalan yang dialami oleh orang lain.

2. Orang berhati besar suka memberi selamat kepada temannya yang berhasil dan mau belajar dari keberhasilan mereka. Kontras dengan orang iri, mereka enggan memberi selamat dan selalu merasa dirinya yang terbaik.

Karena gemar melihat orang lain sukses, orang berhati besar juga gak segan untuk memberikan ucapan selamat kepada mereka yang berhasil. Bahkan, sekalipun orang yang berhasil adalah rival sendiri. Orang berhati besar juga bersedia introspeksi dari kegagalannya dan belajar dari keberhasilan orang lain. Hal ini bertolak belakang dengan orang yang penuh dengan rasa dengki. Orang ini enggan memberi selamat karena selalu merasa dirinya yang terbaik.

3. Orang berhati besar selalu menetapkan pencapaian jauh-jauh hari. Berbeda dengan orang iri yang latah ingin mencapai apa yang dicapai temannya.

Mereka yang berhati besar bisa dibilang punya kepribadian yang kukuh. Mereka selalu menetapkan target jauh-jauh hari. Hal ini bertolak belakang dengan orang iri. Orang iri justru selalu berganti-ganti pencapaian karena latah ingin mencapai apa yang dicapai orang lain.

4. Memiliki hati besar membuat mereka tak suka ikut campur urusan orang lain. 180 derajat berbeda dengan orang iri yang cenderung ingin tahu.

Individu yang berhati besar gak akan kepo atau ingin tahu urusan orang lain. Mereka fokus dengan hidup mereka sendiri. Bahkan, mereka juga fokus terhadap target yang sudah mereka buat. Berbeda 180 derajat dengan orang iri. Orang iri cenderung kepo dengan urusan lain. Mereka selalu ingin tahu sudah sejauh mana pencapaian orang lain lantas membandingkannya dengan diri mereka.

Baca juga : Refleksi Diri: Ini Perbedaan Besar Orang Irit vs. Pelit

5. Orang berhati besar tidak suka membanding-bandingkan. Memiliki rasa iri, mereka suka membandingkan dan merasa superior.

badfriends-34494c72010d54c7a4882fd0acebf177.pnginstylebuzz.com

Mereka yang memiliki hati besar memang tak suka membanding-bandingkan. Karena fokus terhadap target mereka sendiri, biasanya orang ini juga hidup apa adanya. Berbeda dengan orang iri. Mereka yang punya rasa dengki hobi membandingkan pencapaian pribadi dengan pencapaian orang lain. Bahkan, mereka hampir selalu merasa superior daripada orang lain.

6. Memiliki hati yang besar, mereka ini selalu menjadi dirinya sendiri. Beda dengan orang iri yang cenderung suka menjiplak apa yang dilakukan orang lain.

Orang berhati besar selalu menjadi dirinya sendiri. Karena dia selalu bersyukur terhadap apa yang dimiliki, maka dia juga gak pernah merasa orang lain itu lebih daripada dirinya sendiri. Berbeda dengan orang yang dipenuhi rasa iri dengki, mereka ini cenderung copycat atau menjiplak apa yang dilakukan orang lain. Gak heran orang ini hampir tak punya jati diri karena cenderung meniru orang lain.

7. Orang berhati besar selalu bersyukur atas apa yang dimiliki. Kontradiktif dengan orang iri yang gampang ingin memiliki milik orang lain.

Ini perbedaan kentara dari orang berhati besar dan orang iri. Orang berhati besar selalu bersyukur terhadap apa yang dimiliki. Mereka merasa puas dengan keadaan mereka saat inI. Sangat kontras dengan orang yang selalu merasa iri. Orang yang dipenuhi rasa dengki mudah merasa ingin memiliki apa yang dimiliki atau dicapai oleh orang lain.

8. Orang berhati besar selalu menerima dengan lapang dada. Beda dengan orang iri yang cenderung ingin menang sendiri.

Mereka yang memiliki hati besar selalu menerima kekalahan atau perbedaan dengan lapang dada. Hal ini sangat berbeda dengan orang iri. Orang iri selalu merasa superior dan ingin menang sendiri.

Sekarang sudah tahu kan apa bedanya? Kamu masuk golongan yang mana?

Baca juga : Perbedaan Teman Curhat Tepercaya vs. Teman Ember, Awas Lho!

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI