Anggapan bahwa tinggal di daerah pedesaan itu sangat enak dan gak sepadat di perkotaan memang benar. Tapi bukan berarti daerah perkotaan itu jelek lho, meski memang sering banget dikaitkan dengan polusi udaranya. Eits, tunggu dulu! Sebenarnya tinggal di perkotaan itu gak nyiksa kok, apalagi kalau punya kriteria berikut ini.

1. Masih banyak tanaman dan pepohonan

Idaman Banget! Ini 5 Kriteria Kota yang Bisa Bikin Kamu BetahPexels/Pixabay

Hidup diperkotaan memang selalu dikaitkan dengan daerah yang penuh dengan polusi. Belum lagi kalau ditambah dengan bertambahnya penduduk dan urbanisasi yang cepat. Tapi sekarang patut bersyukur lho, pasalnya sekarang ini kita semakin mudah menemukan kawasan hijau. Kamu pasti sudah tahu kalau oksigen yang kita hirup itu berasal dari tumbuhan. Jadi, semakin banyak tanaman yang kita tanam maka semakin bagus udaranya. Jangan bisanya cuma nebang pohon saja ya.

2. Punya tata kota yang bagus (modern)

Idaman Banget! Ini 5 Kriteria Kota yang Bisa Bikin Kamu BetahPexels/Pixabay

Gak cuma rumah yang bersih, semua orang pasti pengen banget deh punya desain tata kota yang bagus. Kalau yang satu ini sih merupakan salah satu bagian terpenting dari pembangunan sebuah kota. Kalau kamu mau kota kamu terlihat lebih modern, terintegrasi, dan juga ramah lingkungan, maka kamu butuh mereka yang ahli dalam menganalisis kelayakan lokasi serta merumuskan perencanaan properti dan real estate.

Kalau kamu merasa tertantang dengan masalah yang dihadapi masyarakat ini, kamu bisa gabung di Podomoro University. Lewat kurikulum Perencanaan Wilayah dan Kota, kamu akan dilatih untuk memiliki pola pikir kewirausahaan dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan isu perkotaan. Jadi setelah lulus, kamu makin terampil dengan segala permasalahan kawasan regional dan perkotaan.

3. Sarana transportasi yang memadai

Idaman Banget! Ini 5 Kriteria Kota yang Bisa Bikin Kamu BetahPexels/Life of Pix

Supaya makin gampang buat di jangkau, alangkah baiknya kalau ditunjang dengan sarana transportasi yang memadai. Makanya gak heran kalau belakangan ini gencar banget pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana transportasi publik. Kalau moda transportasinya sudah nyaman, dijamin deh masyarakat bisa berpindah haluan dengan angkutan umum. Lumayan banget kan buat mengurangi kemacetan?

4. Sumber air yang bersih

Idaman Banget! Ini 5 Kriteria Kota yang Bisa Bikin Kamu BetahPexels/Kaboompics, Karolina

Kebutuhan air bersih rasanya sudah jadi kebutuhan penting bagi semua masyarakat. Tapi jangan cuma ngeluh, kamu juga harus tetap menjaga air tersebut tetap bersih. Tinggal di perkotaan juga sering dikaitkan dengan pencemaran lingkungan lewat bahan kimia oleh oknum yang gak bertanggung jawab. Perlu diketahui, bahan-bahan kimia ini bisa bikin air jadi tercemar karena zat-zat kimia yang mudah larut di dalam air. So, mulai dari sekarang coba deh biasain buat kurangi penggunaan bahan kimia.

5. Punya lingkungan yang sehat

Idaman Banget! Ini 5 Kriteria Kota yang Bisa Bikin Kamu BetahPexels/500photos.com

Percaya gak percaya, tinggal di lingkungan yang kotor itu bisa bikin kamu terkena penyakit lho. Apalagi kalau kamu tinggal di tengah padatnya kehidupan perkotaan, sampah bisa berserakan di selokan atau bahkan dibiarkan menumpuk begitu saja. Nah, ini dia sumber penyakitnya! Jadi jangan biarkan lingkunganmu jadi kumuh ya, kamu harus bisa sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Buat kamu yang ngaku kreatif, bahkan kamu bisa sulap barang-barang gak terpakai ini jadi sebuah karya yang bermanfaat lho.

Gimana, setuju gak sama kelima kriteria hunian idaman ini? Kalau kamu setuju, ini sejalan banget sama visi dan misi Perencanaan Wilayah dan Kota di Podomoro University. Lewat metode pembelajaran do and learn, kamu bisa merencanakan pembangunan properti dan real estate dan bahkan terjun langsung melihat proses pembangunan properti di dalam laboratorium organik, yaitu pada proyek-proyek Agung Podomoro Land. Seru banget kan? Tunggu apa lagi, yuk daftarkan diri kalian di Podomoro University!