Ini Lho, 8 Kontribusi Mudah yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Kartini Muda Masa Kini

#DearSister: Ibu kita kartini, putri sejati...

Ini Lho, 8 Kontribusi Mudah yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Kartini Muda Masa Kini www.layar.id

Di Indonesia, tanggal 21 April kita peringati sebagai hari Kartini. Raden Ayu Kartini, alias Ibu kartini, adalah salah satu tokoh wanita Indonesia yang merupakan pahlawan nasional Indonesia. Kartini sangat fenomenal sekali karena jasanya, yaitu memperjuangkan kebebasan para wanita saat masa penjajahan.

Yap, emansipasi wanita. Hal ini dikarenakan jaman dahulu para wanita dilarang untuk bersekolah atau menuntut ilmu, memperoleh kesetaraan, dan masih banyak lainnya. Dampaknya, bisa kita rasakan sekarang.Nah, sebagai generasi wanita di era modern ini, kita masih bisa kok 'berjuang' seperti kartini dengan cara yang tentunya lebih mudah dilakukan. Apa saja?

1. Tambahlah wawasanmu dengan membaca buku atau baca berita di Internet.

Buku adalah jendela dunia. Yap, dengan membaca buku, kamu enggak perlu pergi ke luar negeri dulu untuk mengetahui budaya atau makanan khasnya. Sumber ilmu itu berasal dari buku. Para kartini muda, ayo perbanyak wawasanmu dengan membaca buku. Atau mau lebih praktis lagi? Kalian juga bisa membaca berita atau artikel terbaru lewat internet. Punya gadget semua, 'kan?

2. Menjaga sikap kita.

Percuma memiliki wajah yang cantik bak bidadari, namun sikapnya kurang sopan. Ibu Kartini memiliki rupa yang cantik juga sederhana. Sikapnya yang anggun, ramah dan rasa peduli yang teramat besar itu, membuatnya disegani oleh banyak orang, Khususnya para perempuan. Jadi, dengan menjaga sikap, kita telah berkontribusi menjadi kartini muda yang modern.

3. Belajar untuk 'menulis'.

Menulis juga bisa menjadi sebuah kontribusi para kartini masa kini, lho. Tuangkan saja ide atau opinimu ke dalam sebuah tulisan. Siapa tahu, kisahmu menjadi inspirasi untuk banyak orang. Sama seperti kartini yang inspirable banget, kamu juga bisa, kan? Ayo mulai menulis! Kalau merasa kesusahan untuk menulis buku, menulis di blog saja sudah bagus kok. Tulislah sesuatu yang bermanfaat, ya.

4. Aktif dalam kegiatan sosial.

Kita hidup bermasyarakat. Artinya, kita enggak hidup sendirian di bumi ini. Kita hidup bersama dengan orang lain juga, yang nasibnya belum tentu sama. Nah, para kartini modern enggak akan lupa untuk membantu sesamanya yang membutuhkan bantuan. Kartini modern akan ikut dalam acara bakti sosial walaupun hanya sekedar menyumbangkan barang. Tunjukkan kepedulianmu kepada sesama, ya.

5. Perkaya dan latih 'bakat' yang kita punya.

Asah kemampuan yang kamu punya. Kamu punya bakat menyanyi, silahkan les menyanyi. Atau punya bakat untuk menulis artikel, maka mulailah untuk menulis artikel. Siapa tahu kamu kelak bisa membanggakan Indonesia dengan karyamu itu. Wah, kartini masa kini banget, deh.

6. Mencoba untuk berbisnis.

Coba untuk berbisnis, yuk! Karena dengan berbisnis, maka kamu sedang berusaha untuk mandiri, dan juga mengembangkan kemampuan yang kamu punya. Lalu, ketika bisnismu membutuhkan karyawan, maka kamu bisa memperkerjakan orang lain. Berjasalah dirimu karena telah memberikan pekerjaan kepada seseorang. Apalagi kalau sebagian keuntungan yang kamu dapat, bisa disumbangkan untuk amal. Top banget, deh!

7. Peduli akan lingkungan.

Kartini muda juga enggak boleh lupa kepada alam yang sudah membantu untuk memenuhi kebutuhan manusia di bumi ini. Mulailah lebih peduli dengan lingkungan sekitarmu. Dimulai dari hal kecil, seperti membuang sampah di tempat sampah, melakukan daur ulang, atau menanam tanaman. 

8. Berani untuk beropini dengan lugas dan mempertanggung jawabkan pendapatnya.

Dulu ibu kartini dengan berani dan berusaha keras memperjuangkan hak para wanita untuk mendapatkan kesetaraan dalam hal pendidikan dan fasilitas. Walaupun ditentang oleh orang banyak, kartini tetap berjuang, memperjuangkan suaranya demi para wanita. Ibu kartini menyampaikan dengan lugas dan juga tegas, dan membuat orang lain terkesima dan pada akhirnya usahanya pun enggak sia-sia. Para kartini muda, jangan hanya bungkam. Berikan opini dan suaramu dengan penuh tanggung jawab, sehingga dapat menginspirasi banyak orang.

Ayo para kartini muda dan modern, saatnya tunjukkan kontribusimu untuk negara Indonesia!

Apresiasi #ParaPerempuanHebat yang ada di sekitarmu melalui IDN Times Community!

Putri Aisya

seseorang yang menikmati hidup dengan berdagang dan menulis. "Difficult roads often lead to beautiful destinations"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 33%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 33%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 0%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 33%
ARTIKEL TERKINI