10 Tanda Ternyata Kamu Lebih Dewasa dari yang Dibayangkan

Kamu tidak marah saat dinasehati

10 Tanda Ternyata Kamu Lebih Dewasa dari yang Dibayangkanyahoo.com

Line IDN Times

Seperti yang sudah semua orang tahu bahwa dewasa itu tidak dilihat dari umur. Banyak juga orang yang sudah memasuki umur yang matang tapi masih saja suka marah tanpa alasan yang jelas. Atau ada juga orang yang masih muda tapi bisa menasehati orangtua dengan sabar.

Semuanya tergantung dari bagaimana kamu memandang kedewasaan itu sendiri. Jangan hanya karena kamu bertambah usia makanya mau jadi dewasa. Bukan sok tua, dewasa berbeda dari sok tua. Berikut ini adalah 10 tanda ternyata kamu lebih dewasa dari yang kamu bayangkan. Usia mudamu sama sekali tidak jadi penghalang untuk kamu lebih dewasa, kok.

1. Kamu sama sekali tidak mengalami masalah dengan perubahan.

Kamu sudah tahu bahwa tidak ada yang menetap di dunia ini, itu sebabnya kamu tidak merasa ada masalah dengan perubahan yang terjadi. Kamu malah menikmatinya dan bisa membuat dirimu nyaman dengan perubahan tersebut.

2. Kamu menyadari bahwa bahagia itu ketika kamu sudah bekerja keras.

Bukan saat kamu menghabiskan waktu dengan teman atau marathon nonton film, tapi saat kamu sudah bekerja keras, di situlah kamu merasa bahagia dan puas. Kamu merasa bangga dengan dirimu sendiri yang sudah mau berusaha.

3. Kamu menyadari bahwa dunia ini bukan tentang kamu saja.

Dalam artian, kamu tidak egois atau haus perhatian. Kamu tahu dengan jelas bahwa dunia ini bukan tentang kamu saja tapi ada banyak hal lain di luar sana yang butuh perhatian juga. Kamu juga menyadari kalau kamu tidak akan selalu mendapatkan apa yang kamu mau dan tidak ada yang salah dengan hal itu.

4. Orangtuamu tidak menyuruhmu meminta maaf, tapi kamu meminta maaf sendiri dan benar-benar tahu kalau kamu salah.

Bahkan sekalipun kamu tidak disuruh, hatimu tahu kamu berbuat salah dan harus minta maaf. Dengan berani dan rendah hati, kamu meminta maaf dengan tulus dan menyadari bahwa kamu bersalah. Sebenarnya, inilah hal yang paling penting saat seseorang berbuat salah, yaitu ketika dia menyadari kesalahannya.

5. Kamu akhirnya menyadari kalau keluarga lebih membutuhkanmu dibanding teman-temanmu.

Semakin dewasa kamu akan menjadi lebih sayang dengan keluargamu dan ingin sebanyak mungkin menghabiskan waktu dengan mereka. Terlepas dari banyaknya kegiatan yang harus kamu jalani, kamu tetap meluangkan waktu untuk pergi bersama dengan keluarga.

6. Kamu bisa menyaring kata-katamu sebelum kamu mengeluarkannya.

Kamu tahu kapan waktunya kamu mengeluarkan argumen dan kapan harus diam. Tidak melulu ingin didengar, kamu juga bersedia untuk mendengar. Kamu memiliki kesadaran penuh bahwa timbal balik di dunia ini harus seimbang.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak Sujiwo Tejo Ini Bikin Kamu Lebih Bijaksana

7. Pekerjaan adalah hal yang penting bagimu, walaupun itu hanya sebagai batu loncatan.

Walaupun kamu bekerja hanya sebagai batu loncatan, kamu tetap memberikan effort lebih dan bertanggung jawab untuk pekerjaanmu. Kamu tidak akan malas-malasan apalagi menganggap pekerjaan adalah hal yang tidak penting.

8. Kamu menyisihkan waktu bagi dirimu sendiri untuk tidak melakukan apa-apa.

Kamu menyadari bahwa kamu butuh waktu untuk kamu dan dirimu sendiri. Kamu menikmati waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu suka. Entah hobi atau hanya sekadar jalan-jalan sendiri, kamu tahu benar bahwa hal itu sangat baik untukmu.

9. Kamu tahu kalau uang tidak bisa membeli kebahagiaan.

Dengan pengetahuanmu tentang hal itu, kamu tidak menjadi sosok yang serakah dan haus uang. Kamu malah bisa lebih menghargai uang dan rendah hati. Kamu juga tidak akan mengeluarkan uangmu untuk hal-hal yang tidak diperlukan, lebih bijaksana mengelola uang.

10. Kamu tidak marah saat ibumu menasehatimu.

Seseorang disebut belum dewasa itu justru saat dia merasa terganggu dengan nasehat ibunya. Jika ibumu menasehatimu dan dalam pikiranmu muncul kalimat, “Apasih, aku kan sudah besar” justru saat itulah kamu adalah sosok yang belum dewasa.

Jika kamu merasa sudah melakukan hal-hal di atas, itu tandanya kamu sudah dewasa lebih dari yang kamu pikirkan. Tidak peduli berapapun umurmu, kamu adalah sosok dewasa yang mandiri. Dengan memiliki sifat seperti ini, kamu pasti bisa menjalani hidupmu sebaik mungkin dan tanpa penyesalan apapun.

Baca Juga: Cuma Orang Pintar Beneran yang Gak Lakukan 10 Hal Ini

Read More
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI