11 Hal Kecil Ini Ampuh Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baik

Berani terapkan?

11 Hal Kecil Ini Ampuh Membuatmu Jadi Orang yang Lebih Baik findglocal.com

Kegiatan dan aktivitas yang dilakukan setiap orang tiap harinya berbeda-beda. Rata-rata orang menghabiskan waktunya dalam sehari untuk melakukan kewajiban, entah itu sekolah, kuliah maupun kerja. Semua aktivitas yang dilakukan terus-menerus tersebut tanpa sadar menjadi kebiasaan. Nah, kebiasaan yang dilakukan terus-menerus pada akhirnya bisa menjadi kepribadian.

Untuk itu, kamu harus memastikan agar kegiatan yang kamu lakukan adalah kegiatan positif sehingga menjadi kebiasaan yang baik dan pada akhirnya menjadi kepribadian yang baik. Berikut ini, ada 12 hal kecil yang kamu anggap sepele padahal bisa membuatmu menjadi orang yang lebih baik.

1. Mendengar lebih banyak dari bicara.

Kamu pasti sudah sering mendengar sebuah pernyataan “Banyak bicara berarti banyak salah.” Dengan kamu yang banyak sekali bicara bahkan tidak memberikan orang lain untuk mengutarakan pendapatnya juga tentu bukan merupakan kebiasaan yang baik. Mendengar memang hal sepele, tapi, jika kamu bisa membiasakan dirimu untuk melakukannya sebelum orang lain, maka kamu jelas menjadi orang yang lebih baik lagi.

2. Minum air putih dibanding soda.

Soda memang menyegarkan, tapi jika kamu menyayangi tubuhmu maka kamu akan menjaga kesehatannya. Lebih baik kamu mengubah kebiasaanmu untuk minum soda yang menggantinya dengan air putih. Karena kamu sudah tahu bahwa terlalu banyak minum soda itu tidak baik untuk kesehatan, jadi tidak perlu diteruskan, kan?

3. Pergi tidur di jam yang masuk akal.

Jangan tidur terlalu larut. Kenapa? Karena kamu manusia dan bukan kelelawar. Tubuhmu butuh istirahat. Setelah seharian beraktivitas, tubuhmu pantas mendapatkan kesempatan untuk istirahat. Lagipula jika kamu tidak tidur tepat waktu, maka kamu sendiri yang akan merasa lelah keesokan harinya. Istirahat yang cukup akan membuatmu menjadi lebih tenang dan fokus. Waktu istirahat yang cukup juga bisa membuatmu tidak mudah stress dan pastinya segar.

4. Membaca buku/menonton video yang menginspirasi.

Enah itu buku, cerita pendek, autobiografi, video di youtube sampai cerita di media sosial yang mampu menginspirasimu, luhat semuanya. Saat kamu membanca atau menonton sesuatu yang membuatmu tersentuh kemudian termotivasi, otakmu secara otomatis akan merekamnya dan mengingatkanmu untuk melakukan hal yang benar. Otakmu juga akan melarangmu melakukan pelanggaran karena bacaan/tontonanmu yang bermanfaat.

5. Memeluk orang yang kamu sayangi.

Entah itu orangtua, kakak atau adik, memeluk orang yang kamu sayangi bisa membuatmu menjadi lebih tenang. Dengan kerukunan, pastinya hidupmu akan menjadi hidup yang positif karena dukungan orang-orang terdekat yang kamu sayangi.

6. Memberi pujian sederhana pada orang lain.

Jadilah orang yang menyebarkan energi baik. Kamu bisa memulainya dengan memberikan pujian sederhana seperti “Baju kamu bagus sekali,” atau sekadar memuji warna lipstik baru temanmu. Hal kecil seperti ini bisa menciptakan senyuman di wajah mereka. Dengan membawa energi positif, pastinya suasana di sekitarmu juga akan nyaman dan baik.

Baca Juga: Jawab 8 Pertanyaan Ini untuk Tahu Apa Kamu Akan Jadi Orang Sukses

7. Mengutarakan apa yang kamu mau.

Jangan diam jika kamu tidak setuju akan sesuatu. Jangan juga ikut-ikutan tidak setuju padahal sebenarnya kamu setuju. Hal ini memang terlihat kecil, mungkin kamu berpikir lebih baik ambil aman saja dengan mengikuti banyak orang. Tapi, jika diteruskan hal ini bisa jadi kebiasaan yang berbahaya buatmu sendiri. Lama-lama, kamu tidak bisa membedakan lagi mana yang kamu inginkan dan mana yang tidak.

8. Menyanyi atau menari di kamar.

Faedahnya apa? Membawa ketenangan. Melakukan hal-hak kecil untuk diri sendiri tentu tidak ada ruginya, kan? Malah kamu akan mendapatkan keuntungan yaitu merasa lebih bahagia dari sebelumnya. Jika kamu tidur dan bangun dalam keadaan bahagia, maka kamu juga akan membagikan kebahagiaan itu pada orang lain sekalipun kamu tidak menyadarinya.

9. Olahraga.

Kamu jelas harus tahu bagaimana menjaga diri dan kesehatanmu sendiri. Menjadi orang yang lebih baik tentu membutuhkan kesehatan yang prima. Lagipula, kesehatan yang buruk sangat berpengaruh pada mood-mu yang bisa hancur karena tubuhmu yang lemas dan sakit.

10. Tersenyum.

Membagikan senyum sama dengan membagikan kebahagiaan. Sekalipun kamu tidak bisa membantu semua orang dengan masalah yang mereka miliki, tapi dengan memberikan senyuman, maka sama saja kamu meringankan kesedihan hati orang-orang di sekitarmu. Senyum saja sepele kan? Tapi masih sangat banyak juga yang bahkan pelit untuk tersenyum. Jika senyum saja pelit, bagaimana dengan yang lain?

11. Mencatat semua kegiatan dalam sehari.

Walau belum terbiasa, kamu bisa mulai melakukannya hari ini. Catatannya juga bukan buat siapa-siapa melainkan untuk dirimu sendiri. Apa saja yang hendak yang sudah kamu lakukan pada hari ini. Dengan mencatat semuanya, maka kamu sedang mengevaluasi dirimu sendiri. Jika kamu merasa hari ini kamu terlalu membuang waktu dengan banyak melakukan hal-hal yang tidak perlu, maka besoknya kamu bisa mengantisipasi hal itu terjadi lagi.

Jadi orang yang lebih baik memang tidak semudah jadi orang jahat, tapi asal kamu memiliki kemauan kuat untuk menjadi orang yang lebih baik dan berguna untuk sesamamu, maka usahamu pasti membuahkan hasil yang baik.

Baca Juga: 10 Prinsip Hidup yang Berhasil Dipelajari Orang Sukses Sejak Dulu

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 18%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 0%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 11%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 4%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 68%
ARTIKEL TERKINI