7 Pertanda Kamu Suka Salahkan Orang Lain untuk Kesalahanmu

Jangan lakukan lagi, ya.

7 Pertanda Kamu Suka Salahkan Orang Lain untuk Kesalahanmu novastreamnetwork.com

Line IDN Times

Mengakui kesalahan memang hal yang berat. Tapi, orang yang sudah dewasa dan tahu tanggung jawab pasti akan tetap mengakuinya walau memalukan. Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu termasuk orang yang mau mengakui kesalahan atau justru menimpakan kesalahan itu pada orang lain? Ingat ini, kamu tidak akan naik dari hasil menjatuhkan orang lain.

Di bawah ini adalah 7 tanda nyata kamu orang yang suka salahkan orang lain untuk kesalahanmu. Kenali tanda-tandanya dan mari instrospeksi diri. Apakah selama ini kamu seperti itu? Kalau iya, sebaiknya kamu menemukan keinginan untuk berubah secepatnya.

1. Saat bersalah, yang kamu pikirkan adalah siapa kambing hitamnya.

Kamu tidak lagi memikirkan bagaimana solusi dari kesalahanmu tapi kamu malah memikirkan siapa kira-kira yang bisa bertanggung jawab atasnya agar kamu tidak ribet. Kalau kamu terus melakukan ini, kamu benar-benar sedang memundurkan dirimu sendiri. 

2. Pendapat orang lain adalah yang paling penting bagimu.

Kamu memilih untuk menghindar daripada ada orang lain yang tahu kalau kamu melakukan kesalahan itu. Kamu sangat ingin dinilai baik dan tidak bercacat cela. Bagimu, pengakuan orang lain adalah segalanya.

3. Kamu selalu komplain untuk masalah yang sama.

Kamu seakan tidak lelah untuk komplain dengan masalah yang itu-itu saja. Di sekolah, rumah maupun kantor, kamu bahkan menemukan banyak hal untuk dikritik, tapi kamu tidak mau dikritik.

4. Kamu sering mengatakan “Gara-gara kamu aku kayak gini.”

Kamu sering sekali mengatakan kalimar tersebut. Rasa bersalah orang lain adalah pemuas bagimu. Seakan kamu merasa sangat senang setelah membuat orang lain merasa bersalah. Jika kamu mengalami tanda ini, berubahlah, jangan jadi orang jahat.

Baca Juga: Saat Semua Orang Tak Percaya Padamu, Ingatlah 8 Hal Esensial Ini!

5. Kamu sering membandingkan hidupmu dengan orang lain.

Kamu akan merasa terganggu kalau temanmu memiliki sesuatu sedangkan kamu tidak. Atau saat orang lain terlihat tidak punya masalah sedangkan kamu punya banyak sekali masalah. Jangan dilanjutkan jika kamu mau hidup bahagia.

6. Kamu menganggap orang lain tidak akan merasa sangat kesulitan hanya karena menanggung satu kesalahanmu.

Pikiran inilah yang menuntunmu untuk akhirnya menyalahkan orang lain. Kamu suka mencari pembenaran. Karena kamu sudah punya banyak masalah makanya kamu menganggap tidak apa-apa menyalahkan orang lain. Ingat, hukum tabur tuai itu ada, saat kamu jahat, orang lain juga akan jahat padamu.

7. Kamu terbiasa mencari perlindungan.

Karena kamu menganggap kamu butuh diperhatikan, disanjung dan dibantu segala sesuatunya. Padahal tidak, kamu harus belajar mandiri dan mengandalkan dirimu. Saat melakukan kesalahanpun, jangan sampai kamu selalu berlindung di balik punggung orang lain. 

Jika kamu merasa kamu mengalami semua tanda di atas, itu tandanya kamu adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Jangan dilanjutkan lagi. Tidak ada yang bisa dibanggakan dari kemenangan dari hasil menyalahkan orang lain. Kalau kamu salah, kamulah yang harus membayar harga atas kesalahanmu, bukan orang lain. Jangan jadi manja dan jahat dengan membebankan semua pada orang lain.

Baca Juga: Awas! Ini 7 Tanda Temanmu Diam-diam Mau Nusuk dari Belakang

Read More
Yogie Fadila
EditorYogie Fadila
ARTIKEL REKOMENDASI