9 Bukti Aneh Kamu Tergolong Orang Berempati Tinggi

Kamu punya insting yang kuat

9 Bukti Aneh Kamu Tergolong Orang Berempati Tinggi instagram.com/miktambayong

Line IDN Times

Seseorang dengan empati tinggi adalah dia yang bisa merasakan apapun yang ada di dalam maupun luar tubuhnya. Dia yang bisa merasakan emosi di luar tubuhnya. Yang dimiliki orang lain maupun yang orang lain rasakan pada orang lain lagi. Lebih tinggi dari peka, empati ini diikuti dengan tindakan dan bukan perasaan saja.

Nah, kalau kamu punya 9 tanda aneh di bawah ini, itu bisa jadi karena kamu adalah orang berempati tinggi. Kamu patut bangga, karena tidak semua orang memiliki empati yang tinggi, jadi sebaiknya kamu terus mengembangkan dirimu dan sadar akan kelebihanmu ini.

1. Kamu tahu dengan mudah suasana apa yang terjalin dalam sebuah ruangan, apakah itu negatif atau positif.

Dengan kata lain, kamu punya firasat. Tentang sifat dan karakter orang lain sekalipun kamu belum mengenal mereka. Biasanya hal ini terjadi secara instan. Kamu akan langsung tahu apakah orang yang berkenalan denganmu ini orang baik atau bukan atau memiliki motivasi atau tidak, kamu akan tahu. Kata hatimu yang mengatakan kebenarannya.

2. Kamu seperti punya antena pada emosi orang lain.

Apa yang mereka rasakan dalam hati. Sekalipun semua orang tidak tahu orang itu sedang sedih karena dia suka bercanda dan selalu riang, kamu akan langsung tahu kalau dia sedang sedih hanya dari melihat mimik mukanya saja. Seperti kamu memiliki antena pada emosi dan perasaan orang lain.

3. Kamu punya insting yang kuat.

Kapan kamu akan menyebrang jalan atau kapan kamu harus mengambil atau melepaskan sesuatu, kamu tahu betul kapan yang tepat. Kamu punya insting kuat untuk segala sesuatu yang kamu lakukan dan kamu sudah terbiasa menggunakannya dalam semua hal yang kamu lakukan.

4. Terkadang, orang menyebutmu dengan sebutan terlalu sensitif.

Orang akan menyebutmu terlalu perasa walau kamu sendiri tidak merasa seperti itu. Kamu hanya melakukan apa yang hatimu mau dan orang lain menganggap itu terlalu lembek. Jangan dengarkan apa kata orang, kamu tidak lemah, justru di situlah kekuatanmu.

5. Kamu tidak akan membeli sesuatu kalau kamu tidak merasa nyaman dengan itu.

Entah sesuatu yang akan kamu kenakan atau membeli rumah atau menempati kos-kosan baru, kamu tidak akan menempatinya kalau kamu tidak merasa nyaman dengan suasananya. Kamu menganggap, kamu bisa bertahan lama di suatu tempat yang suasananya nyambung denganmu.

Baca Juga: 10 Quotes Bijak Tom Hanks Ini Ampuh Tularkan Kebijaksanaan di Dirimu

6. Kamu membutuhkan lebih banyak “Me time” daripada orang lain.

Lebih banyak daripada orang lain, kamu membutuhkan lebih banyak waktu sendiri. Kamu bahkan cenderung penyendiri dan suka berpikir sendiri. Tapi, kamu tetap orang yang sangat peduli dengan orang lain, sekalipun orang lain menganggap kamu terkadang cuek.

7. Kamu unik dan kreatif.

Kamu memiliki cara berpikir yang orang lain tidak pikirkan. Bahkan, kamu memiliki ide yang tidak pernah orang bayangkan sebelumnya. Di kelas, kamu menjadi orang yang diandalkan untuk menjadi pemimpin karena orang lain akan menganggap kamu orang yang cerdas.

8. Terkadang, kamu memiliki perasaan sedih atau senang tanpa alasan yang jelas.

Tanda yang cukup aneh lainnya adalah kamu merasa sedih dan senang tanpa alasan yang jelas. Kamu padahal tidak sedang mendapat kejadian buruk, tapi kamu sedih, itu karena kamu sedang merasakan perasaan di luar tubuhmu. Ada orang lain yang sedih dan tanpa diminta kamu juga akan merasakan mood yang sama.

9. Kamu mudah sekali menangis.

Untuk hal-hal yang dianggap orang biasa saja, kamu malah menangis dan merasakan apa yang orang lain rasakan. Sekalipun dalam hal sepele, kamu mudah mengeluarkan air mata. Itu bukan karena kamu baper, tapi karena kamu adalah orang dengan empati tinggi.

Jika kamu merasa kamu memiliki beberapa tanda di atas, maka sudah jelas jika kamu adalah seseorang dengan empati tinggi. Sebaiknya, kamu jaga baik-baik kelebihanmu ini, tidak semua orang memiliki sifat alami seperti yang kamu miliki, jadi berbanggalah!

Baca Juga: Saat Kamu Merasa Stuck Dalam Hidup, Renungkanlah 7 Pesan Bijak Ini!

Read More
Agustin Fatimah
EditorAgustin Fatimah
ARTIKEL REKOMENDASI