Bedanya Orang Percaya Diri vs. Orang Narsis, Kamu yang Mana?

Narsis sama percaya diri itu gak sama lho

Bedanya Orang Percaya Diri vs. Orang Narsis, Kamu yang Mana?huffingtonpost.com

Line IDN Times

Memiliki percaya diri itu bagus. Namun kalau terlewat percaya diri, tentu tidak baik juga untuk kepribadianmu. Karena kenarsisan membuatmu menjadi sosok yang menyebalkan karena terlalu membanggakan diri.

Lalu apa sih bedanya orang yang percaya diri dan orang yang narsis? Ini lho perbedaan antara orang yang narsis dan percaya diri yang sehat.

1. Orang narsis menyembunyikan kesalahan, orang yang percaya diri belajar dari kesalahan.

narcissism-2-7051db816e5e820b2289d13fa66acd89.jpgdaysechain.com

Namanya juga narsis, pasti dia bakal gak mau kalau ada orang lain yang tahu kalau dia berbuat salah. Nah, kebalikan dari narsis, orang yang percaya diri akan belajar dari kesalahan yang dia perbuat. Orang percaya diri tidak akan memikirkan lagi apakah kesalahannya tersebut dilihat orang atau tidak.

2. Orang narsis menolak untuk introspeksi diri, orang yang percaya diri selalu introspeksi diri.

7-days-to-make-your-relationship-perfect-1-462b342a090398e23be97555f16a30a8.jpglittledropnet.com

Pada dasarnya, fokus orang narsis bukan dari dirinya sendiri melainkan orang lain. Jadi orang narsis tidak akan mau mengoreksi dirinya karena dia merasa sudah paling benar. Berbeda dengan orang yang percaya diri yang berfokus pada dirinya sehingga dia tidak segan-segan untuk selalu memeriksa diri.

3. Orang narsis memiliki rasa empati yang rendah, orang yang percaya diri memperhatikan sesama.

Mengapa? Karena orang narsis hanya ingin menerima empati, bukan memberinya. Orang narsis akan merasa enggan untuk menolong orang lain. Sedangkan jika dia membutuhkan pertolongan, maka semua orang harus datang menolongnya. Berbeda dengan orang percaya diri yang dengan berani memberikan bantuan kepada orang lain.

4. Orang narsis sangat sensitif dan mudah tersinggung, orang yang percaya diri tidak suka memasukkan persoalan dalam hati.

o-narcissist-facebook-376c22def0baa55069dafc10577f4b74.jpghuffingtonpost.com

Orang yang percaya diri akan menanggapi sesuatu dengan dewasa dan tidak memasukkan sebuah persoalan ke dalam hati. Lain halnya dengan orang narsis yang mudah sekali tersinggung dan memasukkan persoalan ke dalam hati. Intinya, orang narsis memiliki sifat dasar kekanak-kanakan.

Baca Juga: Agar Rasa Bersalah Berlebihan Tak Hantui Hidupmu, Lakukan 7 Hal Ini!

5. Orang narsis suka menyalahkan orang lain, orang yang percaya diri bertanggung jawab.

narcissist-friends-c657c52ba1ad1b7b809e4379a6bdb51f.jpgthenarcissisticlife.com

Orang narsis akan dengan mudah menyalahkan orang lain atau melempar kesalahannya karena dia akan malu jika kesalahannya diketahui orang. Sedangkan orang yang percaya diri akan mengambil risiko dan bertanggung jawab dengan berani.

6. Orang narsis mementingkan kemenangan, orang yang percaya diri mementingkan keadilan.

am-i-dating-a-narcissist-800px-3f834b18387332f608794fad85106a60.jpggothamclub.com

Asal menang, dilihat orang dan mendapat pujian, begitulah sifat orang narsis. Berbeda dengan orang yang percaya diri karena mereka akan lebih mementingkan keadilah daripada kemenangan. Sekalipun kalah, yang penting jujur dan adil.

7. Orang narsis haus perhatian, orang yang percaya diri tidak mengharapkannya.

1-9627caa312a2499a06de6dc74dc076a2.jpgbeirutista.co

Orang narsis akan merasa puas jika mendapat perhatian dan pujian. Jika belum mendapatkannya, maka orang narsis akan mencari-carinya sampai dia mendapatkannya. Berbeda dengan orang percaya diri dan tidak peduli walau tidak ada yang memuji. Bukan cuek, orang percaya diri hanya fokus untuk mengembangkan dirinya, bukan pada pujian orang lain.

Jadi, setelah mengetahui perbedaannya, kamu termasuk pribadi yang mana, nih?

Baca Juga: Cewek Berkarakter, Coba Ajukan 7 Pertanyaan Ini Pada Dirimu Sendiri Tiap Hari

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI