Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Ini

"Maaf aku mencintaimu"

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan IniIDN Times/Sukma Shakti

Minta maaf adalah hal baik. Tapi tidak untuk semua hal. Ada hal-hal yang sebenarnya kamu tak perlu minta maaf.

Jangan menjadi terlalu sensitif dengan meminta maaf hanya karena kamu ingin diterima di suatu kalangan tertentu sehingga kamu perlu menjaga perasaan orang lain. Ingatlah bahwa perasaanmu juga butuh kamu jaga, dan perasaan orang lain menjadi tanggung jawab orang itu sendiri. Kamu yang gampang sekali merasa bersalah, jangan pernah minta maaf soal 10 hal ini, ya!

1. Jangan minta maaf tentang pilihan hatimu.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Inigiphy.com

Apapun pilihanmu, entah kamu memilih yang salah atau benar, yang menguntungkan atau merugikan, yang menyedihkan atau menyenangkan, semuanya berada penuh dalam keputusanmu. Kamu tidak perlu minta maaf untuk sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Jika kamu akhirnya menyesal karena salah memilihpun, itu juga pembelajaran untuk dirimu sendiri.

2. Jangan minta maaf tentang bagaimana kamu ingin menggunakan uangmu.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Inigiphy.com

Entah itu makan banyak di manapun kamu mau, belanja atau jalan-jalan, kamu tidak perlu merasa bersalah karena menghabiskan uangmu. Selama yang kamu gunakan adalah hasil kerja kerasmu sendiri, maka orang lain tidak berhak menerima permintaan maaf darimu. Kamu berhak dan akan selalu berhak melakukan apapun yang kamu inginkan.

3. Jangan minta maaf untuk meminta bantuan.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Inistarwarsrp.net

Semua orang membutuhkan orang lain. Kata yang tepat saat kamu minta bantuan adalah “Tolong,” bukan “Maaf,” kamu tidak perlu minta maaf karena minta bantuan orang lain. Kamu tidak salah, kamu hanya butuh dibantu. Jangan merasa buruk hanya karena orang lain ingin membantumu.

4. Jangan minta maaf tentang bagaimanapun pendapat yang kamu keluarkan.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Iniplaybuzz.com

Entah pendapatmu bertentangan dengan orang lain atau bahkan kamu sendiri yang memiliki pendapat yang berbeda dengan orang lain, tidak seharusnya kamu minta maaf. Kamu tidak perlu minta maaf untuk bagaimanapun juga pendapatmu. Seperti halnya orang lain yang bebas berpendapat, begitu juga dengan dirimu.

5. Jangan minta maaf karena kamu menolak sesuatu.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Iniheadoverfeels.com

Jika tawaran datang padamu dan tawaran tersebut tidak sesuai dengan keinginanmu, maka kamu tidak perlu meminta maaf karena sudah menolaknya. Seperti halnya kamu yang bebas berpendapat, maka kamu juga bebas menolak atau menerima.

Baca juga: 5 Kegiatan Ini Dijamin Bakal Bikin Hubunganmu dan Keluarga Makin Erat

6. Jangan minta maaf karena tidak membalas chat tepat waktu.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Inigifamerica.com

Kamu memiliki kesibukan, orang yang menghubungimu juga pasti tahu bahwa kamu tidak membalas karena sedang melakukan aktivitasmu. Kamu seharusnya tidak perlu meminta maaf karena terlambat atau bahkan terlambat membalas pesan. Itu tidak salah, jangan minta maaf.

7. Jangan minta maaf karena sudah mengekspresikan seperti apa dirimu.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Inimtv.co.uk

Ceria, pemurung, banyak tingkah sampai pendiam, jangan minta maaf menjadi dirimu sendiri. Sekali lagi, maaf seharusnya hanya dipergunakan jika kamu melakukan kesalahan. Jangan minta maaf karena kamu mengekspresikan dirimu.

8. Jangan minta maaf karena memperlakukan orang sama dengan mereka memperlakukanmu.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Iniforums.ubi.com

Jika kamu merasa tidak nyaman karena orang lain memperlakukanmu demikian, kamu tidak perlu meminta maaf karena merasa tidak enak. Orang lain menjahatimu, maka jika kamu merasa tidak ingin bicara dengan mereka itu sah-sah saja, kamu tidak perlu minta maaf untuk itu. Kecuali jika kamu melakukan kesalahan dengan menyakiti perasaan mereka maka kamu pantas minta maaf.

9. Jangan minta maaf karena mengatakan pada seseorang bagaimana perasaanmu.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Iniweheartit.com

Marah, sedih, senang, bagaimapun perasaanmu, kamu tidak perlu minta maaf hanya karena kamu mengatakan tentang apa yang kamu rasakan. Jangan merasa buruk hanya karena kamu sedang sedih, jangan merasa tinggi hanya karena kamu sedang senang, jangan minta maaf jika kamu tidak salah.

10. Jangan minta maaf karena jatuh cinta.

Jangan Minta Maaf untuk 10 Hal yang Sudah Terlanjur Kamu Lakukan Initenor.co

Karena kamu memiliki perasaan diam-diam dengan temanmu makanya kamu merasa bersalah, jangan. Tidak perlu meminta maaf karena perasaan cintamu, kamu berhak mencintai siapa saja yang kamu mau. Akan menjadi salah jika kamu mencintai istri atau suami orang lain, namun selama kamu mencintai seseorang yang tidak memiliki orang lain di sisinya, maka itu tidak salah.

Kamu mungkin sosok berhati lembut yang gampang sekaali merasa bersalah jika memiliki pendapat yang berbeda atau membuat orang lain agak merasa terganggu denganmu. Namun, jika orang lain merasa terganggu denganmu maka bukan kamu yang harus mengambil tanggung jawab dan meminta maaf.

Rasa tidak suka mereka adalah urusan mereka, bukan urusanmu sehingga kamu harus selalu minta maaf untuk apapun juga. Lakukan apapun yang hatimu mau, pilihlah sesuai kehendak hatimu, melangkahlah tanpa ragu, tidak perlu memikirkan apakah itu salah atau benar menurut orang lain. Segala yang terpenting adalah apa yang dikatakan hatimu, bukan apa yang orang lain mau.

Baca juga: Kalau Kamu Lakukan 5 Kebiasaan Ini, Itu Tandanya Kamu Calon Orang Sukses

Read More
Tania
EditorTania
Line IDN Times
ARTIKEL REKOMENDASI