8 Kebohongan yang Biasa Kamu Katakan Pada Dirimu

"Bahwa kamu tidak punya pilihan"

8 Kebohongan yang Biasa Kamu Katakan Pada Dirimuunsplash.com

Line IDN Times

Kamu mungkin berpikir bahwa kamu sudah jujur dengan dirimu sendiri. Namun di beberapa keadaan, kamu seakan dihadapkan dengan kondisi dimana kamu tidak sadar kamu sedang berbohong tentang dirimu sendiri. Kebohongan ini sering kamu lakukan pada dirimu untuk menghibur diri bahwa sebenarnya kamu tidak sanggup melakukan sesuatu hal dalam kehidupan nyata. Karena ketidakmampuanmu itu makanya kamu terpaksa berbohong untuk menghibur diri.

Walau kamu sering tidak menyadarinya, tapi sebenarnya ini lho 8 kebohongan yang sering kamu katakan tentang dirimu sendiri. Sebenarnya, yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus menerima keadaan bahwa kamu tidak mampu melakukan semuanya. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa memandang dirimu dengan baik dan tidak perlu berbohong lagi.

1. Bahwa kamu bisa mengontrol segala situasi.

control-freak-382c3dd432a6ed449f4a863e71f9a04e.jpgstrategies.com

Faktanya, kamu tidak bisa mengontrol segala situasi. Kamu tidak bisa dan tidak akan pernah bisa. Kamu harus menerima bahwa ada hal-hal di dunia ini yang berada di luar jangkauanmu sehingga kamu tidak bisa mengontrolnya. Jangan memaksakan dirimu untuk melakukan sesuatu yang kamu tidak bisa melakukannya. Nanti kamu sendiri yang akan merasa terluka kalau kamu terus saja berbohong tentang dirimu seperti itu.

2. Bahwa kamu bisa memperbaiki semuanya.

Kenyataannya kamu tidak bisa memperbaiki semuanya. Terkadang kamu gagal dan itu tidak apa-apa. Kamu memang harus gagal agar bisa terus belajar. Kamu tidak perlu sedih jika kamu tidak bisa memperbaiki segalanya. Kamu hanya perlu memaafkan dirimu sendiri dan menerima keadaan bahwa sebagai manusia kamu itu serba terbatas.

3. Bahwa kamu tidak punya cukup waktu.

you-always-have-time-4-c276360cf330583d5721c8ee4fda51e8.jpgseanwes.com

Kamu selalu punya cukup waktu. Kebohongan ini hanya akan membawa kamu pada kemunduran diri sendiri. Bagaimana kamu tahu kamu punya cukup waktu atau tidak jika kamu belum mencoba? Bagaimana kamu bisa bilang kalau kamu tidak punya cukup waktu jika kamu belum melakukannya? Lakukan semuanya dulu. Jangan mengklaim dirimu bahwa kamu tidak punya banyak waktu. Kamu punya, dan apa yang akan kamu lakukan itu yang terpenting.

4. Bahwa kamu pasti aman di masa tuamu.

old-woman-945448-960-720-317e092a48aa2b4bb2b9ed0da017485d.jpgpixabay.com

Kamu mengatakan ini untuk menghibur dirimu sendiri. Kamu tidak tahu apakah kamu akan aman di masa tuamu. Tidak ada satupun manusia yang tahu apa yang akan terjadi besok atau masa depan. Jangan berbohong lagi, lakukan saja hidupmu dengan baik. Jalani semuanya dengan sungguh-sungguh. Entah apa yang akan terjadi padamu nanti, yang jelas sekarang kamu sudah melakukan yang terbaik.

Baca Juga: Gak Harus Nunggu Punya Cowok Buat Bahagia, Ini 7 Alasannya!

5. Bahwa firasatmu itu tidak nyata.

ohgodwhy-735x400-aa9d4d0d25193826d15f49bfc10c6fb4.jpgnaijatakeover.com

Setiap orang memiliki prasangka atau firasat terhadap sesuatu. Jika memang kamu memiliki firasat buruk yang belum terjadi, maka kamu tidak perlu membohongi dirimu sendiri bahwa semua itu tidak nyata. Bukan menjadi curiga, melainkan waspada terhadap situasi itu adalah hal yang baik dan tidak ada salahnya.

6. Bahwa kamu tidak terikat dengan sesuatu.

alone-girl-wallpapers-for-pc-700e978c65c9576ce0eeb49809544087.jpgdiaforetiko.gr

Tanyakan pada dirimu sendiri apa yang membuatmu terikat. Entah itu pekerjaan, pacar atau suatu benda, kamu tidak perlu berbohong jika memang kenyataannya kamu memiliki keterikatan terhadap sesuatu tersebut. Jika kamu terikat dengan pacarmu, maka sebaiknya kamu menahannya. Jangan sampai karena keterikatanmu kamu akan merugikan dirimu sendiri. Seseorang yang terikat itu cenderung bisa dikendalikan. Jadi sebaiknya kamu tidak terikat terhadap apapun.

7. Bahwa kamu tidak terluka dengan sikap orang lain yang menyakitkan.

alone-girl-hug-cute-184f5c9e986d97e17361d92f81fec4f4.jpgtheodysseyonline.com

Jangan berbohong pada dirimu sendiri. Tidak apa-apa jika kamu merasa sakit, tidak apa-apa jika memang kamu merasa disakiti. Jangan mencoba bohong dengan mengatakan kamu tidak tersakiti dengan perlakuan orang yang jahat terhadapmu. Kalau memang mereka jahat, normal bagimu merasakan sakit. Namun, jangan terlalu lama merasakan sakitnya. Mereka yang menjahatimu tidak pantas mendapat kesedihanmu.

8. Bahwa kamu tidak punya pilihan.

alone-girl-cute-hair-5c149b6b3bf6cbc6d4545895b8a6e6ac.jpgadorabletab.com

Kamu selalu punya pilihan. Untuk segala sesuatunya, kamu selalu punya pilihan. Kamu yang berhak memilih apakah kamu mau langsung mandi atau berkutat dengan gadget di pagi hari. Kamu mau pakai baju yang merah atau biru, kamu mau naik kendaraan pribadi atau umum. Kamu selalu punya pilihan untuk segala sesuatu. Jangan pernah berkata bahwa kamu tidak punya pilihan. Bahkan jika kamu dihadapkan dengan situasi sulit, kamu berhak memilih mau memilih yang baik atau jahat.

Entah kamu sadari atau tidak, 8 Kebohongan ini adalah kebohongan yang biasa kamu katakan pada dirimu sendiri. Kamu tidak perlu merasa harus sempurna karena memang manusia tidak ada yang sempurna. Tidak apa-apa jika merasa tersakiti, tidak apa-apa jika gagal, tidak apa-apa jika salah. Terimalah dirimu sendiri maka kamu akan hidup dengan kebebasan hatimu sendiri.

Baca Juga: 9 Ketakutan yang Kudu Kamu Taklukan Sebelum Berusia 25 Tahun

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI