Pahami 10 Fakta Hidup Ini Sekarang, Atau Kamu Akan Menyesal!

Berhenti berkata "Seandainya..."

Pahami 10 Fakta Hidup Ini Sekarang, Atau Kamu Akan Menyesal! unsplash.com

Bertanggung jawab untuk karir yang kamu miliki bukanlah perkara mudah. Entah itu tetap bertahan pada pekerjaan, pindah pekerjaan, membuka usaha atau melanjutkan sekolah dibutuhkan keberanian yang besar. Tapi, keberanian tentu bukan satu-satunya hal yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan yang berdampak di masa depan. Dibutuhkan intuisi yang jelas dari setiap tindakan, apakah tindakan tersebut dilakukan bisa membawa hasil yang kamu inginkan atau tidak.

Sebagai penyemangat, bukan hanya dibutuhkan orang-orang sekitar untuk membangkitkan semangat, tapi juga semangat dari diri sendiri. Lewat artikel ini, silakan kamu memilih ingin mempelajarinya atau nanti menyesalinya. Ada 10 hal penting yang bisa jadi sangat bagus untuk menjadi penyemangat karirmu.

1. Sibuk dan produktif itu tidak sama.

Kamu mungkin sangat sibuk dalam sehari, namun saat sore menjelang, kamu akan kebingungan karena belum mengerjakan apapun. Itu artinya kamu hanya menjadi sibuk, sedangkan kamu tidak produktif. Faktanya, sibuk belum tentu produktif dan produktif juga belum tentu sibuk. Mulailah melatih dirimu untuk tidak terpengaruh pada hal-hal kecil yang membuang banyak waktumu sehingga membuatmu tidak produktif. Fokuslah untuk menghasilkan sesuatu, bukan mengerjakan sesuatu.

2. Jangan berkata “Ya” sampai kamu benar-benar menginginkannya.

Hilangkan rasa sungkan. Saat tawaran datang saat kamu sedang bekerja, maka jangan katakan ya sampai kamu benar-benar menginginkannya. Ini juga tentang bagaimana kamu mengatur waktumu dengan baik antara keinginan dan pekerjaan. Jika kamu sendiri merasa kamu belum menyelesaikan pekerjaanmu, maka sebisa mungkin jangan melakukan aktivitas lain yang membuat pekerjaanmu terhambat dan akhirnya terlambat.

3. Keyakinan adalah hal yang paling utama.

Bagaimana kamu meyakini sesuatu itu sangat penting. Contohnya kamu adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang ingin lulus tepat waktu. Maka keyakinan kamu harus benar-benar kuat. Keyakinan kamu yang akan membawamu mendapatkan apa yang kamu mau. Jangan pedulikan bagaimana orang lain menganggap kamu tidak mampu, jangan juga terpancing sehingga kamu mudah merasa down. Jangan sampai orang lain mengambil alih keyakinanmu dan menggantikannya dengan ketakutan.

4. Kamu hidup dalam kehidupan yang kamu ciptakan sendiri.

Hidup yang khawatir, hidup yang penuh ketakutan, atau hidup yang bahagia dan damai, semuanya berada dalam tanganmu. Kamulah penggerak kehidupanmu sendiri. Apapun yang kamu rasakan dalam hidupmu, maka kamu juga ikut andil di dalamnya. Kamu hanya hidup dalam kehidupan yang kamu ciptakan sendiri.

5. Berhenti berkata, “Seandainya..”

“Seandainya aku lulus cepat, aku pasti tidak akan terlalu tua untuk ikut test masuk ke pekerjaan ini,” dan seandainya seandainya lain yang berisi penyesalan dan tidak ada gunanya. Menyesal tidak akan membuatmu maju, malahan menghambatmu bisa berkembang. Tidak perlu lagi berandai-andai, mulai lakukan sekarang hal-hal yang membuatmu tidak akan menyesal nanti.

6. Mulai jadwalkan apa saja yang ingin kamu lakukan.

Apa yang ingin kamu lakukan, mulai dari bangun tidur, berativitas sampai kembali tidur. Walau pertamanya memang sulit, kamu bisa melakukan ini untuk membuatmu tebih terstruktur dalam melakukan sesuatu. Lebih tertata dan teratur.

Baca Juga: Cuma Orang yang Bisa Dipercaya yang Jalani 7 Kebiasaan Ini!

7. Fokus pada solusi, bukan kondisi.

Jika kondisi menghimpitmu, maka fokuslah pada solusi, bukan kondisi yang menekanmu tersebut. Berfokus pada himpitn akan membuatmu tidak bisa menyelesaikannya, bisa-bisa kamu membuang waktu untuk terus memikirkannya saja tanpa bertindak untuk menghilangkannya. Mulai sekarang ingatlah, untuk fokus pada hal-hal yang perlu, bukan sebaliknya.

8. Hilangkan pembicaraan negatif dengan diri sendiri.

Pikiran bisa menyembuhkan tapi juga bisa membunuh. Pikiran yang negatif akan menuntunmu pada kerugian besar untuk dirimu sendiri. Berhenti berpikiran negatif tentang segala sesuatu. Jika kamu berpikir kamu tidak bisa karena itu sudah jadi kebiasaan, maka mulailah memikirkan kata tidak bisa tadi itu adalah juga pikiran negatif. Kamu bukan tidak bisa, hanya tidak mau.

9. Jangan mencari kesempurnaan.

Bahkan dunia ini dan manusia tidak ada yang sempurna. Lalu mengapa menuntut segala sesuatu harus sempurna? Jika kamu hanya terfokus untuk mencari kesempurnaan, maka kamu akan berakhir dengan kekecewaan saja. Lakukan apa yang seharusnya kamu lakukan dengan tekun dan giat. Terus berusaha mencapai tujuan tanpa memedulikan orang lain yang hendaak menjatuhkan.

10. Maafkan dirimu sendiri.

Jangan membenci dirimu sendiri hanya karena kamu gagal untuk satu atau dua hal. Jangan hukum dirimu terlalu berat dengan tidak memaafkan terjadinya kegagalan. Bukan berarti semuanya akan berakhir saat kamu gagal, kamu masih bisa bangkit dan mencoba lagi. Kegagalan justru membuat dirimu semakin kuat. Kuat untuk menghadapi rintangan yang lebih besar lagi untuk meraih kesuksesan.

Baca Juga: 8 Tanda Kamu Gak Akan Pernah Bisa Jadi Orang Kaya

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 25%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 2%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 17%
  • Vote Marah Vote
    Marah 0%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 6%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 50%
ARTIKEL TERKINI