7 Alasan Kenapa Kesuksesan Itu Harus Dikejar, Bukan Cuma Ditunggu

Emangnya kenapa?

7 Alasan Kenapa Kesuksesan Itu Harus Dikejar, Bukan Cuma Ditunggublog.allstate.com

Line IDN Times

“Success doesn’t come to you, you go to it” - Marva Collins

Sebagian besar dari kamu tentu setuju dengan quote di atas. Ya, kesuksesan adalah hal yang wajib diusahakan, bukan cuma diimpikan. Kita tidak boleh hanya duduk santai sambil menunggu kesuksesan menghampiri. Sebaliknya, berjuanglah dengan keras demi meraih berbagai hal yang diimpikan

Namun, sebetulnya tahukah kamu alasan mengapa kita harus berjuang? Jika belum, yuk simak 7 alasan mengapa kesuksesan itu harus diusahakan, dan bukan untuk ditunggu saja:

1. Sejarah membuktikan kalau orang sukses itu berjuang. Bukan cuma duduk santai menunggu momen itu datang

Kalau kita iseng browsing kisah orang paling sukses di dunia, salah satu ciri khas yang selalu sama adalah mereka gak pernah berhenti berusaha. Beberapa tokoh seperti Colonel Sanders, Walt Disney, bahkan Soichiro Honda pernah mengalami pahitnya kegagalan. 

Mulai dari ditolak saat berdagang, dipecat dari perusahaan, sampai dengan dikucilkan dalam pergaulan, semuanya pernah dialami. Namun, berbagai hal menyakitkan tersebut gak bikin mereka berhenti. Mereka justru semakin semangat berjuang untuk mewujudkan impian. Berkaca dari kisah tersebut, kita bisa belajar kalau kesuksesan memang sesuatu yang harus dikejar, bukan?

2. Kalau cuma diam, kita hanya akan memperpanjang masa tunggu menuju kesuksesan

Meraih kesuksesan itu ibarat mencicil rumah. Kita harus mengangsurnya sedikit demi sedikit, agar suatu hari rumah tersebut bisa jadi milik kita. Sebab, akan sulit untuk mendapatkannya apabila kita hanya duduk diam dan tidak segera mulai mencicilnya. Nah, analogi tersebut dapat digunakan ketika mengejar kesuksesan. Kita tidak akan mengecap keberhasilan kalau hanya berdiam diri. Sebaliknya, kita harus terus “mengangsur” kesuksesan dengan melakukan berbagai hal positif dalam kehidupan sehari-hari.

3. Ingat, saat mengejar kesuksesan kita juga berpacu dengan waktu

Hal apa yang ingin kamu capai dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan? Memiliki karier cemerlang, memberangkatkan orangtua ke tanah suci, atau membeli rumah idaman? Jika kamu sudah memiliki daftar impian, segeralah bergerak secepatnya. Karena jika tidak segera dikejar, bukan tak mungkin estimasi waktumu dalam meraih impian pun jadi tertunda.

4. Kita bisa saja gagal meraih impian karena lebih memilih untuk menunggu, bukan berusaha

Konsekuensi terburuk dari orang yang tidak cepat bertindak adalah kegagalan. Bukan tidak mungkin, kita harus berhadapan dengan kegagalan karena terlambat mengambil sikap. Misalnya saat kita menunda-nunda waktu untuk mendaftar tes seleksi masuk perusahaan impian, bisa jadi kita kehilangan kesempatan tersebut karena akhirnya waktu pendaftarannya sudah habis.

Untuk itu, ada baiknya untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan dan segera mengejar impianmu, apapun bentuknya. Apabila kamu bermimpi untuk menjadi pemimpin yang baik di masa depan, cepatlah ambil tindakan nyata seperti mengikuti kompetisi Unilever Future Leaders’ League. Banyak ilmu yang bisa kamu pelajari untuk mengasah skill yang kamu miliki. Dengan begitu, keinginanmu untuk menjadi leader di masa mendatang pun akan lebih mudah terwujud.

5. Kalau bisa sekarang, kenapa harus nanti?

Semakin cepat kita mengejar kesuksesan, maka semakin cepat pula kita merasakan hasilnya. Kalau kamu bisa mulai merintis bisnismu dari sekarang, kenapa harus menunggu nanti? Bukankah makin cepat keinginan tersebut dikejar, itu artinya langkahmu menuju kesuksesan juga semakin dekat?

6. Tidak ada orang yang akan mengantarkan kesuksesan untuk kita. Kita sendirilah yang harus berjuang untuk menghampirinya

Setiap orang memiliki tanggung jawabnya masing-masing dalam mewujudkan impian mereka. Tak ada satu orang pun di luar sana yang berkewajiban membantu kita untuk mengejar apa yang kita mau. Untuk itu IDNtimes sarankan, bergeraklah secepat yang kita bisa. Menghabiskan waktu untuk menunggu bantuan datang dari orang lain hanya akan menghambat langkahmu mencapai keberhasilan.

7. Selagi muda, manfaatkanlah waktu dan tenaga yang kita miliki untuk mengejar cita-cita

Alasan terakhir mengapa kita tidak boleh menunggu adalah karena waktu dan tenaga yang dimiliki tentu ada batasnya. Di masa muda kita sekarang, stok waktu dan tenaga yang dapat dimanfaatkan untuk meraih keberhasilan pasti lebih besar. Begitupun dengan peluang yang ada sekarang ini. Hal yang sama belum tentu kita miliki nantinya. Jadi daripada hanya menunggu tanpa kepastian, yuk sama-sama berjuang meraih apa yang kamu inginkan!

Loading video...

Tentunya masih banyak lagi alasan mengapa mengejar kesuksesan adalah hal penting yang wajib kita lakukan sekarang ini. Semoga 7 alasan di atas sudah cukup menginspirasimu untuk segera melakukan tindakan nyata. Ingat, jika bukan sekarang, kapan lagi?
 

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI