8 Hal Seputar Pacaran yang Harus Kamu Ketahui di Usia 20-an

Apa kamu ingin pacaran yang serius?

8 Hal Seputar Pacaran yang Harus Kamu Ketahui di Usia 20-an.tumblr.com

Line IDN Times

Saat usia 20-an, atau di bawahnya, ada banyak kesalahan yang kita lakukan saat pacaran. Dengan bertambahnya usia, mungkin kita juga bisa banyak belajar dari pengalaman-pengalamanan itu. Apa aja sih nasihat yang bisa didengar mereka yang 20-an tentang percintaan?

1. Jangan bawa 'bagasi' dari hubungan sebelumnya.

Mungkin cowokmu yang sebelumnya suka bohong. Mungkin cewekmu yang sebelumnya suka cemburu. Tapi yang lalu udah berlalu. Jangan samain dia yang sekarang ama mantan kamu yang dulu. Mungkin kamu dulu pernah disakiti, tapi sekarang mereka bukan orang yang sama, jadi jangan bawa 'bagasi' masa lalumu menghantui hubunganmu yang sekarang.

2. Jauhi pemikiran 'dongeng'.

Terutama buat para cewek, kalian pasti ingin punya kisah cinta seperti Cinderella atau Putri Salju. Kamu ingin diselamatin dengan cinta luar biasa seorang cowok dan hidup bahagia selamanya. Jadi kalau gak ada cowok kita gak bisa happy gitu? Kebahagiaan kita gak seharusnya bergantung pada orang lain. Kisah dongeng seperti itu memang indah, tapi mereka juga udah kadaluarsa. Jaman udah banyak berubah. Mungkin udah saatnya kamu meng-update kisah cinta dongengmu juga.

3. Dasar dari hubungan yang baik adalah pertemanan.

komitmen.jpg7-themes.com

Sebelum membangun hubungan yang romantis, bangunlah sebuah pertemanan dulu dengan si dia. Dengan begitu, kalian akan saling bebas satu sama lain, dan ini akan jadi dasar yang kuat untuk membangun hubungan cinta di atasnya.

4. Milikilah ekspektasi yang realistis.

Kamu mungkin punya tipe ideal: yang tinggi, berotot, kulitnya putih, matanya besar, tajir, jago masak, dan lain-lain. Tapi tahukah kamu, hal-hal demikian malah akan menjadi pembatas atau hambatan untuk kamu melihat seseorang? Jadilah adil dan obyektif saat kamu memiliki ekspektasi untuk orang lain. Dan pikirkan, apakah kamu sudah sesuai dengan ekspektasi-ekspektasi tinggimu juga?

5. Kunci hubungan yang sukses adalah komunikasi.

komunikasi-15167eb32e37bc738e9f8e890de2c1bf.jpgyouqueen.com

Komunikasi yang dimaksud bukan sekedar "lagi apa" atau "udah makan belum?" tapi benar-benar ungkapin apapun yang ada di hatimu. Kalian harus sama-sama saling jujur dan gak menghakimi satu sama lain. Ciptakanlah zona aman dan zona bebas menghakimi dalam hubungan komunikasi kalian.

Baca Juga: 10 Langkah Ampuh untuk Memikat Hati Seorang Aquarius

6. Jangan korbankan dirimu sendiri untuk orang lain.

sayangidiri-d2ee6f1b9383b70f4a8c79241296017d.jpgthoughtcatalog.com

Ini bukan berarti kita akan jadi egois. Tapi yang dimaksud adalah sayangilah dirimu sendiri sebelum kamu bisa menerima cinta orang lain. Kamu gak perlu minder dan merubah dirimu agar diterima orang lain, termasuk pacarmu sendiri. Tetaplah jadi dirimu sendiri dan orang yang benar-benar sayang padamu bakal nerima kamu apa adanya.

7. Saling menghargai satu sama lain adalah rahasia kesuksesan hubungan.

Dengan berjalannya waktu, mungkin kamu mulai melihat hal-hal yang kamu gak sukai di pasanganmu. Tapi, tetap menghargai dan mengingat sisi positif mereka adalah jawabannya. Kalau kamu fokus dengan yang negatif aja, kamu jadi akan gak menghargai mereka lagi, dan kamu akan lupa kenapa kamu jatuh cinta dengannya dulu.

8. Jangan lupa siapa dirimu.

Kalian berdua punya identitas masing-masing, namamu bukanlah "pacar si A". Kamu adalah kamu, jangan lupa itu. Kalian boleh pacaran, tapi kalian juga punya hidup masing-masing. Kamu masih punya teman-teman, saudara, keluarga, kegiatan, dan mimpi masa depanmu. Kamu harus bisa menyeimbangkan hidup pacaran dengan hidupmu sebelum dia. Dengan begitu, kamu tidak akan jadi ketergantungan terhadap dia atau melupakan dirimu saat kamu mulai pacaran. Dan kalian berdua akan bisa terus fokus untuk masa depan kalian bersama.

Pacaran orang dewasa itu rasanya lebih rumit, tapi inilah yang namanya pacaran 'serius'. Setuju gak?

Baca Juga: Berani Mencintainya dalam Diam, Berarti Juga Harus Berani Terluka dalam Diam

Read More
ARTIKEL REKOMENDASI