LDR (Long Distance Relationship) atau hubungan jarak jauh merupakan salah satu ujian yang cukup menakutkan dalam hubunganan percintaan. Apalagi buat kamu yang baru saja lulus dari SMA dan si dia kuliah di pulau bahkan negara yang berbeda sama kamu. Biasanya kamu yang tiap hari ketemu dia di sekolah, berangkat dan pulang bareng, ke kantin bareng, sampai yang pacaran sekelas dan selalu kerja kelompok bareng, kamu harus siap untuk sementara waktu hidup tanpa dia di sekitar kamu.

Kamu yang belum terbiasa ngelakuin apapun tanpa dia mulai ngerasa ada yang beda sama hubungan kalian sehingga pertengkaran pun sulit dihindari. Nggak jarang kamu juga makan hati dan banyak mengorbankan waktu dan uang yang cukup banyak demi hubungan kalian. Pasti hal-hal di bawah ini yang sering kamu rasakan.

1. Si dia terlambat greeting karena perbedaan waktu yang cukup signifikan.

10 Hal yang Cuma Dirasakan Cewek yang Sedang Berjuang Menjalani LDRbuzzfeed.com

"Selamat pagi, sayang!"

Ucapan selamat pagi dari dia udah kayak obat, bikin tambah semangat. Sayangnya, itu dulu. Sekarang semua itu cuma angan-angan. Dunia kita udah terbalik. Selamat malam untuk kamu yang jauh di sana.

2. Habis kuota internet karena keseringan video call.

"Kangen. Vidcall, yuk?"

Nggak lengkap rasanya sehari aja belum lihat wajah dia. Waktu semalam suntuk berlalu gitu aja dengan ketawa-ketiwi dan cerita apapun. Nggak berasa juga kuota kamu tiap hari banyak habis buat video call.

3. Pulsa sekarat karena kelamaan teleponan.

10 Hal yang Cuma Dirasakan Cewek yang Sedang Berjuang Menjalani LDRviralplots.com

Co: "Hari ini aku ketemu temen....."

Ce: "Tahu ga, yang tadi aku...."

Co: "Dengerin ya aku mau main gitar"

Ce: "Duet yuk"

Co: "Kamu mau dinyanyiin lagu apa?"

Ngga kerasa nyaris tiga jam kamu teleponan sama dia. Waktu berlalu begitu cepat, secepat operator narik pulsa kamu. Yaudah, gak papa. Sesekali kamu yang nelepon. Kasihan kalau dia terus yang nelpon, ‘kan?

4. Uang jajan habis buat beli pulsa dan kuota internet.

10 Hal yang Cuma Dirasakan Cewek yang Sedang Berjuang Menjalani LDRvagabomb.com

Yah, gimana ya. Kalian berdua sama-sama mahasiswa baru. Masih dijajanin sama orangtua. Nggak berasa ternyata uang jajan kamu lumayan banyak terkuras buat pulsa dan kuota. Dapat wifi gratisan itu anugerah banget.

5. Si dia sibuk banget sama kehidupan baru sampai-sampai sering terlambat kabarin kamu.

10 Hal yang Cuma Dirasakan Cewek yang Sedang Berjuang Menjalani LDRox.ac.uk

Nyaris dua bulan kalian menjalani hubungan jarak jauh. Awal-awal kepergian, setiap hari dia selalu ngehubungin kamu. Dalam sehari dia punya banyak waktu buat kamu. Tapi semua mulai berubah. Dia sibuk sama lingkungan barunya sedangkan kamu selalu luangin waktu sesibuk apa pun buat cek layar ponsel. Kali aja si dia nge-chat. Tapi sayang lagi-lagi cuman angan-angan.

Co: "Maaf sayang, aku lagi banyak kerjaan. Kamu udah makan?"

Ce: "Telat. Aku udah mau tidur."

Baca Juga: Jika Pasangan LDR Sudah Lolos 7 Ujian Ini, Saatnya Kalian Menikah!

6. Kamu jadi gampang banget sendi sama dia.

10 Hal yang Cuma Dirasakan Cewek yang Sedang Berjuang Menjalani LDRshutterstock.com

Co: "Vidcall yuk. Kangen."

Ce: "Tumben. Biasanya sibuk."

Co: "Maaf ya, kemaren aku emang banyak kerjaan. Sekarang aku santai kok."

Ce: "Oh, jadi kamu hubungin aku kalau santai aja? Kalau sibuk seharian kamu nggak akan hubungin aku? Jadi aku udah gak penting?"

Entahlah. Semua jadi serba salah di mata kamu. Kamu merasa dia mulai berubah. Dia nggak seperhatian dulu sama kamu. Kamu sadar kamu sedikit kekanak-kanakan, tapi kamu nggak bisa menahan perasaan kesal yang mengganjal di hati kamu.

7. Kalau mau ketemuan, mesti nabung dulu buat ongkos beli tiket pesawat atau kereta.

10 Hal yang Cuma Dirasakan Cewek yang Sedang Berjuang Menjalani LDRshutterstock.com

Berasa banget udah setahun lebih kalian dipisahkan oleh jarak. Sekarang dia kayak gimana ya? Makin kurus nggak ya? Kamu sadar nggak segampang itu buat saling tatap wajah secara langsung. Akhirnya si dia maupun kamu nabung dulu biar bisa ketemuan di liburan semester nanti.

8. Kamu ngerasa jomblo di antara teman-temanmu yang lagi pacaran.

Temu-kangen sama teman emang paling asyik di waktu senggang, tapi semua berubah begitu pacar teman kamu datang. Siap-siap aja jadi obat nyamuk. Tadinya mau melepas penat sama temanmu. Yah jadi makin penat!

9. Kamu jadi sering merasa kesepian.

10 Hal yang Cuma Dirasakan Cewek yang Sedang Berjuang Menjalani LDRi.amz.mshcdn.com

Entahlah, ini mungkin perasaan kamu aja. Kalau lagi di kamar, kamu sering berpikir punya pacar tapi berasa jomblo. Disaat teman kamu ke pesta bawa pacar, kamu sendirian aja. Sebenarnya kamu nggak benar-benar kesepian, tapi ada kehampaan di hati kamu.

10. Kadang-kandang terbesit di benakmu, kamu merasa lelah dengan hubungan jarak jauh yang kamu jalani ini.

10 Hal yang Cuma Dirasakan Cewek yang Sedang Berjuang Menjalani LDRthoughtcatalog.files.wordpress.com

Hubungan jarak jauh emang penuh tantangan. Cinta kalian diuji, seberapa mampu kekuatan cinta kalian bersaing dengan jarak yang ada. Komunikasi dan rasa saling percaya itu yang paling penting. Capek dan bosan itu wajar. Tapi percaya kalau kalian berdua sama-sama mau berjuang, jarak itu cuman angin lewat di hubungan kalian.

Semangat, ya yang lagi LDR! Kalian pasti bisa melalui ini!

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Kamu Tahu Saat Mencintai Seorang Introvert