Layaknya bagian tubuh lain, rambut juga perlu nutrisi agar selalu lembut dan tidak mudah rontok. Faktanya, keramas dengan sampo dan rutin menggunakan kondisioner tidaklah cukup untuk merawat rambutmu lho, girls!

Kekurangan nutrisi pada rambut dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel rambut terganggu. Akibatnya, rambut akan mudah mengalami banyak masalah.

Nutrisi yang dibutuhkan rambut dapat kita peroleh dengan mengonsumsi berbagai makanan-makanan bergizi dan berprotein. Adapula produk perawatan rambut seperti vitamin dan masker rambut yang beredar di pasaran.

Namun, selain harganya cukup menguras kantongmu, produk tersebut juga mengandung bahan-bahan kimia dan pengawet yang efeknya bisa merugikan bagi kesehatanmu maupun bagi lingkungan. Nah, alternatif lain untuk menutrisi rambutmu secara aman ialah membuat masker rambut dari bahan-bahan alami yang biasanya tersedia di dapurmu.

Yuk, intip lima kreasi masker rambut alami yang bisa kamu buat sendiri.

1. Masker rambut dari avokado dan pisang

5 Kreasi Masker Rambut Alami Dari Bahan-bahan di Dapurmu, Coba Yuk!Solusicantiksehat.com

Untuk membuat rambut lembab, bercahaya serta sehat, ada resep yang murah meriah dan dapat dibuat sendiri di rumah. Campurkan 1 buah pisang ukuran sedang dan setengah buah avokado yang sudah dihaluskan. Lalu tambahkan 3 sdm minyak zaitun dan aduk hingga tercampur rata.

Oleskan masker secara merata ke seluruh rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Diamkan 30 menit hingga masker rambut meresap, lalu keramas dan gunakan kondisioner seperti biasa. Lakukan perawatan ini minimal dua kali dalam sebulan. Dijamin rambutmu akan indah berkilau dan terbebas dari masalah rambut.

2. Masker rambut dari yogurt dan madu

5 Kreasi Masker Rambut Alami Dari Bahan-bahan di Dapurmu, Coba Yuk!babyradio.gr

Bagi kamu yang memiliki rambut kering dan ujungnya pecah-pecah wajib mencoba masker rambut ini. Yogurt merupakan bahan yang paling sering terkandung di dalam produk perawatan rambut. Yogurt mengandung banyak vitamin dan asam lemak yang sangat dibutuhkan untuk rambutmu.

Selain melembabkan, campuran madu dan yogurt sangatlah efektif untuk mengontrol produksi minyak di kulit kepala dan mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel rambut.

Campurkan 6 sdm yogurt dan 2 sdm madu lalu aduk hingga rata. Oleskan masker tersebut pada seluruh rambut dan kulit kepala, lalu pijat-pijat secara perlahan dan diamkan selama 15-30 menit. Bilas dan bersihkan memakai sampo.

3. Masker rambut dari wortel

5 Kreasi Masker Rambut Alami Dari Bahan-bahan di Dapurmu, Coba Yuk!kabarmaya.co.id

Wortel merupakan sayuran yang terkenal kaya akan vitamin A dan baik untuk kesehatan mata. Ternyata, kandungan vitamin A dalam wortel juga sangat bermanfaat untuk merawat rambut dan menjaga rambut tetap sehat, halus dan lembut. Masker ini cocok sekali untuk rambut yang kering karena sering dicatok dan diwarnai.

Haluskan wortel dengan menggunakan blender lalu campurkan dengan dua sendok makan susu dan madu. Aduk hingga merata lalu aplikasikan pada rambut dengan cara dioleskan. Biarkan selama 15-30 menit, lalu bilas rambut menggunakan sampo seperti biasa.

4. Masker rambut dari stroberi dan minyak kelapa

5 Kreasi Masker Rambut Alami Dari Bahan-bahan di Dapurmu, Coba Yuk!kawaiibeautyjapan

Dengan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, stroberi sangat berguna untuk mengatur pH dan juga produksi sebum/minyak pada kulit kepalamu. Sedangkan minyak kelapa memiliki molekul yang sangat kecil dan mampu memasuki pori-pori rambut sehingga dapat menutrisi rambutmu sampai ke inti sel rambut.

Cara penggunaannya cukup mudah. Campurkan 5-6 buah stroberi dengan satu sendok minyak kelapa. Tambahkan sedikit madu, aduk hingga merata lalu aplikasikan pada rambut dengan cara dioleskan. Biarkan selama 15-30 menit, lalu bilas rambut menggunakan sampo.

5. Masker rambut dari oats dan susu

5 Kreasi Masker Rambut Alami Dari Bahan-bahan di Dapurmu, Coba Yuk!Sociolla

Selain sangat sehat untuk dimakan, oats juga memiliki kandungan berupa vitamin serta beta glucan yang bermanfaat bagi rambut dan kulit kepalamu. Kandungan ini berguna untuk mengobati kulit kepala yang bermasalah dan gatal, mengatasi ketombe, dan juga mengatasi beberapa permasalahan rambut lainnya.

Campurkan tiga sendok makan oat dengan dua sendok makan minyak zatun dan dua sendok makan susu segar tanpa rasa. Aduk merata bahan-bahan tadi hingga terbentuk pasta, dan oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepalamu. Pijat lembut dan diamkan sekitar 30 menit, lalu bilaslah dengan sampo.

Gimana, gampang kan membuat kreasi masker rambut alami? Selain hanya membutuhkan bahan–bahan alami yang ada di dapurmu saja, biaya yang harus kamu keluarkan juga sangat minim.

Kamu juga bisa mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal, asalkan rutin menggunakan masker rambut tersebut. Itulah tadi lima kreasi masker rambut alami untuk merawat rambut. Semoga bermanfaat!

Eka Wulansari

INTJ @ewulansari_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.