10 Wanita Terkaya di Dunia Tahun 2017, Punya Duit Berapa ya Mereka?

Bahkan ada yang memiliki kekayaan 4,9 miliar dolar AS

10 Wanita Terkaya di Dunia Tahun 2017, Punya Duit Berapa ya Mereka? nytimes.com

Di dunia ini, banyak perempuan kaya yang berhasil mengumpulkan pundi-pundi harta karena kegigihannya sendiri dalam bekerja. Namun di antara yang banyak itu, ada 10 perempuan, berdasarkan data Forbes, yang tercatat paling kaya. Siapa saja mereka dan berapa harta yang dimiliki?

1. Zhou Qunfei

Dia adalah pengusaha dari Tiongkok yang membuat touchscreen lens technology. Setelah data publik perusahaannya di pasar Shenzhen ChiNext dibuka pada Maret 2015, ia tercatat menjadi perempuan paling kaya. Kekayaan bersihnya mencapai 10 miliar dolar AS. Sungguh tak disangka karena ia dulunya berasal dari keluarga miskin di Xiangxiang, Provinsi Hunan, Tiongkok. Sebelum ia dilahirkan, ayahnya, seorang mantan tentara kehilangan jari dalam kecelakaan industri pada 1960-an. Hal itu membuat anggota keluarga pontang-panting menghidupi satu sama lain.

2. Marian Ilitch

Ia adalah pengusaha perempuan asal Amerika, yang merupakan co-founder Little Caesars Pizza. Ia berbisnis dengan almarhum suaminya, Mike Ilitch. Marian Bayoff lahir pada 1933 dan dibesarkan di Dearborn, Michigan. Dulu, dia bertemu calon suaminya, Mike Ilitch, yang juga anak imigran Macedonia, pada 1954. Mereka bertemu dalam kencan buta yang diatur oleh ayahnya. Setahun kemudian, mereka menikah. Pasangan ini memiliki tujuh anak. Sekarang, kekayaannya mencapai 6 miliar dolar AS.

3. Chen Lihua

Perempuan ini memiliki kekayaan 5,6 miliar dolar AS. Dia adalah seorang pebisnis dari Beijing. “Mainannya” properti komersial yang mendulang banyak keuntungan. Forbes memasukkannya ke sepuluh perempuan terkaya di Tiongkok. Bahkan, kekayaannya membuatnya mampu dikenal siapa pun. Tak hanya kaya, ia populer lantaran menjadi salah satu diplomat kebudayaan Tiongkok.

4. Pollyanna Chu

Perempuan ini memiliki kekayaan 4,9 miliar dolar AS. Dia merupakan pengusaha asal Hong Kong. Chu menduduki jabatan eksekutif untuk Kingston Financial Group, Golden Resorts Group, dan Tulus Watch. Pada 18 Januari 2017, kekayaannya membuatnya masuk ke daftar 14 orang terkaya di Hong Kong.

5. Wu Yajun

Kekayaannya mencapai 4,5 miliar dolar AS. Ia adalah pengusaha asal Tiongkok. Yajun tercatat sebagai co-founder, mantan CEO, dan ketua Longfor Properties. Dia adalah perempuan terkaya ketiga di Tiongkok menurut Hurun Report China Rich List 2013. Pada 2012, ia memegang gelar wanita terkaya di Tiongkok, serta orang kelima terkaya di Tiongkok. Pada Maret 2013, dia tercatat menjadi orang terkaya ke-299 di dunia, dan masuk 50 wanita paling berpengaruh menurut. Lalu, pada 2014, ia tercatat sebagai wanita paling berpengaruh ke-41 di dunia.

Baca Juga: 11 Alasan Pria Lebih Memilih Perempuan Cerdas Daripada yang Cantik Doang

6. Lam Wai Ying

Kekayaannya 4,1 miliar dolar AS. Lam Wai Ying adalah istri dari Yeung Kin-man, pendiri dan kepala eksekutif Biel Crystal Manufactory, pemasok layar sentuh smartphone Apple yang mempekerjakan 100 ribu orang di Tiongkok. Lam memiliki 49 persen saham. Keuntungannya tiap bulan terungkap pada 2015 setelah Yeung menyumbangkan dana 26 juta dolar AS untuk City University of Hong Kong.

7. Diane Hendricks

Perempuan ini memiliki kekayaan 3,9 miliar dolar AS. Perempuan asal Amerika Serikat ini berprofesi sebagai pengusaha dan produser film. Ia juga seorang dermawan. Hendricks hidup seorang diri. Dia adalah janda dari pengusaha Ken Hendricks.

8. Rafaela Aponte

Perempuan ini punya kekayaan senilai 3,75 miliar dolar AS. Ia dan suami, Gianluigi Aponte, memiliki usaha bersama. Mereka bertemu di kapal ferry pada 1970. Mereka memutuskan untuk memulai usaha pengiriman kargo, yang sekarang disebut MSC. Empat puluh tahun kemudian, MSC telah menjadi perusahaan pelayaran kontainer terbesar kedua di dunia, dengan inventarisasi 480 kapal. Aponte juga menjalankan perusahaan pelayaran terbesar keempat, MSC Cruise, sementara Rafaela bertugas merancang interior kapal.

9. Denise Coates

Kekayaannya mencapai 3,6 miliar dolar AS. Denise Coates adalah pengusaha Inggris. Ia menjadi pendiri perusahaan judi online Bet365.

10. Zhang Xin

Kekayaannya tercatat 3,2 miliar dolar AS. Ia merupakan pengusaha asal Tiongkok yang kini menjabat sebagai CEO SOHO Cina, pengembang real estate terbesar di Beijing. Mulai September 2012, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Direktur Teach For China.

Mereka menjadi sosok yang menginspirasi perempuan di seluruh dunia. Kapan nih Indonesia masuk dalam daftar tersebut?

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Cewek Cerdas Justru Banyak yang Jomblo

Read More

Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Senang Vote
    Senang 25%
  • Vote Sedih Vote
    Sedih 5%
  • Vote Terhibur Vote
    Terhibur 25%
  • Vote Marah Vote
    Marah 5%
  • Vote Kaget Vote
    Kaget 15%
  • Vote Terinspirasi Vote
    Terinspirasi 25%
ARTIKEL TERKINI