Saat pertama kali membuka feed Instagram @y0nea, kita akan tahu betapa besar kecintaannya terhadap buku. Darinya kita bisa menemukan rekomendasi buku-buku lokal edisi terbaru. Foto-fotonya pun disertai bookish merch menggemaskan seperti pembatas buku magnet, lilin aromaterapi dengan tema karakter novel, sampai tas dengan desain bak sampul buku.

Mengingat aktivitas bacanya yang sangat aktif, sebagian besar dari kita mungkin tidak akan menyangka bahwa di kehidupan sehari-hari Yonea juga sangat sibuk menjalani profesinya sebagai apoteker di sebuah rumah sakit di Jogja.

1. Luangkan waktu untuk membaca

Yonea Bakla: Apoteker Inspiratif yang Tularkan Semangat Baca Dimana SajaInstagram.com/y0nea

Membaca adalah kebiasaan, seluang apapun, atau sesibuk apapun. Tidak ada alasan tidak membaca walaupun hanya setengah jam per hari. Mengaku suka membaca sejak kecil, Yonea mendapat banyak hal baru dari buku-buku kesayangannya, bahkan menemukan hiburan ketika mengalami hari yang berat. Mulai dari masa-masa perjuangan menyelesaikan skripsi sampai sekarang ketika berjibaku dengan rutinitas pekerjaan. Setidaknya, Yonea selalu meluangkan waktu di malam hari untuk membaca buku setelah seharian sibuk di Rumah Sakit.

2. Gak hanya kalap beli buku tapi juga harus kuat membabat timbunan buku

Yonea Bakla: Apoteker Inspiratif yang Tularkan Semangat Baca Dimana SajaInstagram.com/y0nea

Berawal dari timbunan buku yang semakin menggunung, Yonea melakoni hari-harinya sebagai bookstagrammer sejak Oktober 2017. Setiap kali usai membaca, ia bagikan ceritanya di Instagram.

Yonea mengingatkan kita agar tidak terjebak pada keasyikan mengoleksi buku namun lupa esensi utamanya, membaca. Boleh saja berdalih beli buku dulu, baca nanti, Tetapi ‘nanti’ akan selamanya jadi ‘nanti’ jika tidak dibarengi niat kuat untuk membaca setiap buku yang sudah dibeli.

3. Resep lain ala Yonea agar rajin baca buku yaitu ikut komunitas baca

Yonea Bakla: Apoteker Inspiratif yang Tularkan Semangat Baca Dimana SajaInstagram.com/y0nea

Kalau ingat duet Boys Like Girls dan Taylor Swift dengan lagunya yang berjudul Two is Better Than One, nah hal tersebut juga berlaku di dunia literasi. Hal itulah yang kini dirasakan oleh Yonea. Melalui Instagram ia bertemu dengan sesama pencinta buku. Pertemanannya dengan orang-orang baru biasa bermula dari mention, tag, sampai DM yang kemudian berujung ke grup khusus di media chatting online. Bersama teman-teman sesama pembaca inilah, semangat bacanya tetap terjaga.

4. Lebih dari sekadar bookstagrammer, Yonea punya niat mulia untuk terus mendorong perkembangan dunia literasi tanah air

Yonea Bakla: Apoteker Inspiratif yang Tularkan Semangat Baca Dimana SajaInstagram.com/y0nea

Ada alasan lain mengapa Yonea tak kenal lelah mengulas buku-buku yang ia baca. Melalui media Instagram, ia berharap review yang ia tulis akan menggerakkan hati banyak orang untuk membeli dan membaca buku-buku yang beredar di pasaran. Dengan demikian para penerbit, penulis, editor, dan sejumlah jajaran pendukung di dunia perbukuan tanah air tidak lesu dalam menghasilkan karya-karya bermutu.

5. Rekomendasi buku dari Yonea

Yonea Bakla: Apoteker Inspiratif yang Tularkan Semangat Baca Dimana SajaInstagram.com/y0nea

Untuk tahun 2018, di antara buku baru yang ia rekomendasikan adalah buku Second Chance series. Terdapat tiga novel, Revenge, Reverse, dan Replace yang ketiganya ditulis oleh ketiga orang yang berbeda. Novel berjudul 24 Jam Bersama Gaspar: Sebuah Cerita Detektif dan Geekerella juga seru untuk dibaca. Buku karya penulis favoritnya, Jane Austen wajib dicoba bagi yang suka romance. Selain itu, Yonea juga penggemar novel Dilan.

Last but not least, menurut Yonea pada dasarnya setiap buku memiliki segmen masing-masing. Kita bebas memilih yang sesuai tema dan sangat disarankan yang sesuai kategori umur. Bijaklah memilih bacaan. Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membaca buku. Saat bingung dan ingin mendapatkan gambaran sekilas dari buku-buku terbaru, kita bisa cari di Instagram melalui fitur explore, dan dengan mudah akan ditemukan ulasan menarik di akun para bookstagrammer seperti @y0nea. Nah, tunggu apa lagi, mari membaca!

BONUS 1000 POIN: Terbitkan 5 artikel dengan kategori News World, Sport, Travel & Women

Henny Alifah

collecting stories

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.