Cewek Wajib Tahu Masa Pakai Kosmetik Supaya Terhindar Dari Efek yang Tidak Diinginkan

Enggak cuma makanan yang punya masa kadaluarsa, lho.

Cewek Wajib Tahu Masa Pakai Kosmetik Supaya Terhindar Dari Efek yang Tidak DiinginkanGoogle

Yang namanya cewek, pasti peralatan perangnya berjibun: kosmetik. Lipstik punya 10, bedak punya 5, atau cat kuku punya 20 buah? ckckck. Sayangnya, kalau kita punya kosmetik terlalu banyak, kita jadi bingung pakai yang mana. Atau, kalian cuma pakai beberapa saja dari keseluruhan kosmetik yang kalian punya. Tapi tahukah kamu kalau kosmetik itu juga punya tanggal kadaluarsa? Kalau belum, simak dibawah ini yuk.

1. Krim Wajah sejenis pelembab, bb cream atau foundie.

cosmos.com.mx

Krim yang kita aplikasikan ke wajah, seperti bb cream atau foundie, punya masa pakai sekitar setahun saja. Kalau tekstrur dan warna berubah, juga wangi yang mulai enggak enak, sebaiknya buang saja. Kalau kita memaksa untuk tetap dipakai, wajah kita bisa kemerahan, gatal bahkan bisa timbul jerawat.

 

2. Bedak

thenotice.net

Bedak dijadikan sebagai bagian finishing dalam make up. Karena bedak bisa mengunci semua yang kita aplikasikan seperti krim wajah, krim jerawat, dan concelaer. Selain itu, bedak juga bisa memberikan hasil akhir yang matte pada wajah kita. Masa pakai dari bedak adalah 2 tahun. Tapi, kalau bedak kita sudah terlihat keras dan menggumpal, maka gantilah dengan bedak yang baru.

3. Concealer, penutup mata panda dan jerawat membandel di wajah.

glossypolish.com

Concelaer ini jadi penyelamat banget disaat mata panda dan jerawat kemerahan menyerang wajah kita. Apalagi dalam keadaan kepepet, concelaer bisa banget untuk diandalkan. Sayangnya, masa pakainya hanya 6 bulan hingga setahun saja. 

4. Eyeliner, si ahli mempertegas bentuk mata.

mulberryandmelrose.wordpress.com

Eyeliner bertugas untuk membingkai mata kita supaya lebih besar, nampak tegas dan 'bangun'. Sekarang ini sudah banyak sekali jenis maskara, mulai dari yang pensil, liquid hingga gel. Untuk eyeliner pensil, perawatannya sama seperti pensil alis dan bertahan hingga 2 tahun. Sedangkan untuk liquid dan gel, hanya 18 bulan saja.

5. Eyeshadow

thefashionspot.com

Pewarna kelopak mata ini punya masa pakai yang berbeda antara yang berbentuk padat dan krim. Untuk eyeshadow padat bertahan hingga 2 tahun, sedangkan yang krim hanya bertahan kurang lebih enam bulan. Bersihkan kuas untuk pengaplikasian agar terhindar dari kuman atau debu.

6. Blush On

haysparkle.com

Blush on bisa membuat pipi seakan nampak segar dan sehat, asalkan pemakaian tidak berlebihan. Berapa lama masa pakainya? Untuk blush on padat, bertahan hingga 2 tahun. Sedangkan yang krim hanya 8 bulan. Jika warna sudah mulai memudar, kusam dan tekstrurnya berubah, segera ganti blush on kamu.

7. Maskara, melentikkan bulu mata juga terlihat panjang dan lebat.

rafichowdhury.com

Salah satu kosmetik favorit cewek-cewek yang mampu membuat mata terlihat lebih segar karena bulu mata yang 'terbuka', lebat dan panjang. Lalu, apa kamu tahu masa pakai dari maskara ini? cukup sebentar, yaitu 3-6 bulan saja. lebih dari itu, maskara akan menggumpal dan akan membuat pemakainya sedikit tidak nyaman.

8. Lipstik

eluxemagazine.com

Sekarang sudah semakin banyak jenis lipstiknya, mulai dari lipbalm, lipgloss hingga lipmatte yang jadi makin ngehits saat ini. Masa pakai lipstik biasa adalah 18 bulan. Jika lebih dari itu, tekstrur dan aroma akan berubah. Khusus lipgloss, masa pakainya lebih singkat, yaitu 1 tahun. 

9. Pensil alis

rafichowdhury.com

Pensil alis punya masa pakai sekitar dua tahun. yang penting, kalian harus rajin meraut supaya bakteri atau kuman tidak bersarang disana. Perawatan dan masa pakai pensil alis sama dengan eyeliner bentuk pensil.

10. Cat kuku

wikipedia.org

Yang hobi banget sama nail art, pasti punya koleksi cat kuku yang berjibun. Dan pasti enggak semua dicobain, apalagi kalau punya 100 lebih cat kuku. Masa pakai cat kuku antara 2 hingga 3 tahun. Bahkan ada yang setahun, sudah terlihat menggumpal, lho.

Hayo, di cek kosmetiknya. Siapa tahu sudah kadaluarsa!

Putri Aisya

seseorang yang menikmati hidup dengan berdagang dan menulis. "Difficult roads often lead to beautiful destinations"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More
Register IDN Times Community
ARTIKEL REKOMENDASI