Ada banyak jenis rambut yang dimiliki oleh perempuan. Ada yang lurus, keriting, ikal, kribo serta teksturnya pun berbeda-beda. Beragam jenis rambut ini mempengaruhi cara pengeringannya. Cara mengeringkan rambut lurus tentu berbeda dengan rambut keriting, kribo dan seterusnya. Tapi gak cuma dilihat dari hal ini saja lho, ada banyak step yang perlu kamu tahu soal cara mengeringkan rambut supaya mahkotamu tetap indah dan senantiasa terjaga.

Coba nih intip beberapa cara mengeringkan rambut dengan tepat yang mungkin belum kamu tahu.

1. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu kamu tahu persis jenis dan tekstur rambutmu

Agar Tidak Rusak, Ini 5 Cara Paling Tepat untuk Mengeringkan Rambutlionesse.org

Sebelum memulai mengeringkan rambut dengan tepat, kamu harus tahu pasti jenis dan tekstur rambut apa yang kamu miliki. Memang hal ini tampak sepele, namun urusan mengetahui tekstur rambut sendiri ternyata cukup sulit lho.

Tekstur rambut dipengaruhi oleh folikel, yaitu kantung kecil di bagian rambut tempat berakarnya seluruh rambut di kepala. Folikel ini pun bermacam-macam, ada yang tebal, tipis dan sedang. Kalau kamu masih bingung menentukan jenis dan tekstur rambutmu dengan tepat, konsultasikan pada ahlinya.

2. Pemilihan alat pengering yang tepat sangat menentukan keberhasilanmu dalam mengeringkan rambut

Agar Tidak Rusak, Ini 5 Cara Paling Tepat untuk Mengeringkan Rambutlivinginanotherlanguage.com

Tingkat keberhasilan mengeringkan rambut dengan sempurna sedikit banyak juga dipengaruhi oleh alat pengering atau hair dryer. Gunakan hair dryer dengan daya yang tinggi (di atas 1800 watt) untuk mendapatkan rambut kering sempurna dan berkilau. Tapi ingat, hindari mengeringkan rambut dengan pemanas terlalu sering karena bisa mengakibatkan rambut kering dan kusam.

Baca juga: Para Ahli Menyarankan Makeup Baiknya Disimpan di Kulkas, Kenapa?

3. Khusus untuk rambut lurus, kamu diperbolehkan mengeringkan rambut dengan handuk

Agar Tidak Rusak, Ini 5 Cara Paling Tepat untuk Mengeringkan Rambutaquis.com

Mengeringkan rambut dengan handuk memang tak terlalu baik untuk rambut, tapi hal ini gak berlaku untuk kamu yang berambut lurus. Pertama, keringkan rambut yang basah dengan handuk pada bagian ujungnya sampai rambut sedikit lembap. Setelah itu gunakan sisir bulat untuk mengangkat dan menarik rambut saat rambut dikeringkan dengan hair dryer. Hasilnya, rambutmu akan terlihat jauh lebih berkilau.

4. Untuk rambut ikal dan keriting, hindari mengeringkan rambut dengan handuk

Agar Tidak Rusak, Ini 5 Cara Paling Tepat untuk Mengeringkan RambutSumber Gambar: glamour.com

Kamu yang berambut ikal atau keriting, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk tidak mengeringkan rambut dengan handuk. Hal ini bisa menyebabkan rambut ikal dan keritingmu tidak terlihat apik dan berkilau. Lebih baik pilih cara pengeringan alami tanpa alat, atau jika harus memakai alat pun sebaiknya perhatikan stepnya dengan sempurna. Gunakan hair dryer dalam keadaan rambut sangat basah dan atur rambut dengan sisir bergigi jarang selama proses pengeringan. Percayalah, hasilnya rambut akan tampak apik dan menawan saat kering nanti.

5. Terakhir, gunakan serum yang tepat untuk mendaparkan rambut yang sempurna

Agar Tidak Rusak, Ini 5 Cara Paling Tepat untuk Mengeringkan Rambuttroprouge.com

Jangan lupa untuk menambahkan serum saat melakukan pengeringan rambut. Sesuaikan serum dengan jenis rambutmu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Konsultasikan dengan ahli jika kamu kesulitan memilih serum yang paling tepat untuk rambut.

Setelah ini, mengeringkan dan mengatur rambut tak lagi masalah untukmu!

Baca juga: 7 Wanita Berkulit Unik Ini Buktikan Bahwa Cantik Itu Tak Harus Putih