Buat cewek, pembalut pasti jadi teman wajib sebulan sekali. Untuk pembalut sendiri, kamu pasti memilih sesuai dengan kenyamanan kamu saat memakainya. Apapun merknya, asal kamu nyaman, maka periode bulanan kamu pasti tidak akan begitu merepotkan.

Walau hanya digunakan selama beberapa hari dan dalam kurun waktu sebulan sekali, tapi jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang bisa berdampak buruk untuk dirimu sendiri. Ini lho 7 kesalahan pakai pembalut yang gak banyak cewek ketahui. Kamu yang sudah tahu, jangan lakukan ini lagi, ya!

1. Gonta-ganti merek pembalut.

7 Kesalahan Pakai Pembalut yang Gak Banyak Cewek Ketahuithebrunettediaries.com

Jika kulitmu termasuk kulit yang sensitif, maka pastikan kamu memilih pembalut berbahan lembut dan bukan plastik yang panas dan memicu terjadinya iritasi. Jika kamu sudah menggunakan satu merk pembalut yang cocok, maka sebaiknya kamu tidak berganti-ganti ke merek yang lainnya karena itu hanya akan membuat kulitmu beradaptasi lagi karena teksturnya yang berbeda.

2. Tidak mengganti pembalut selama berjam-jam.

7 Kesalahan Pakai Pembalut yang Gak Banyak Cewek Ketahuiputthatcheeseburgerdown.com

Jangan hanya mengganti pembalut dua kali sehari. Jangan. Bahkan sekalipun kamu sibuk, pastikan kamu menyempatkan diri untuk menggantinya. Dr. Uma Vaidyanathan dari Max Hospital di New Delhi mengatakan darah menstruasi dapat menyebabkan bau busuk dan jika bantalan tidak diganti secara teratur, ini bisa menyebabkan ruam dan bahkan beberapa infeksi. Dia menambahkan, terutama tiga hari pertama menstruasi, kamu harus sering mengganti pembalutmu karena banyaknya darah yang keluar.

3. Tidak mengganti pembalut setelah buang air besar.

7 Kesalahan Pakai Pembalut yang Gak Banyak Cewek Ketahuimutluvesaglikli.com

Ini harus kamu ingat selalu, buang air besar berarti mengganti pembalut. Karena bakteri yang ada di sekitar anus itu sangat banyak, bayangkan saja jika kamu masih memakai pembalut yang sama setelah buang air besar, bakteri akan semakin cepat berkembang biak dan tidak akan baik untuk kesehatan vagina. Yang terburuk adalah bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

4. Menggunakan dua pembalut sekaligus.

7 Kesalahan Pakai Pembalut yang Gak Banyak Cewek Ketahuilivestrong.com

Walaupun kamu mengalami proses menstruasi yang sangat deras, hindari menggunakan dua pembalut sekaligus. Untuk mengatasinya, lebih baik kamu upgrade ukuran pembalut ke yang lebih besar daripada harus menggunakan dua sekaligus. Hal ini memicu tingkat kelembaban yang meningkat dan bisa membuat bakteri timbul semakin banyak. Lembab sama dengan kuman.

Baca Juga: 10 Kesalahan Makeup yang Bisa Bikin Wajah Terlihat Tua

5. Menggunakan pembalut yang bungkusnya sobek.

7 Kesalahan Pakai Pembalut yang Gak Banyak Cewek Ketahuikalingapost.com

Bungkus pembalut dirancang untuk melindungi pembalut dari debu dan kotoran. Tapi, jika ada sedikit saja lubang pada bungkus pembalutmu sebaiknya kamu jangan memakainya dan langsung membuangnya saja. Jangan mengambil resiko dengan memakainya karena bakteri di dalamnya bisa menempel ke vagina kamu.

6. Menggunakan pembalut yang beraroma.

7 Kesalahan Pakai Pembalut yang Gak Banyak Cewek Ketahuiid.pinterest.com

Beberapa cewek mungkin tidak akan mempermasalahkan pembalut yang beraroma, tapi beberapa yang lain bisa merasa gatal dan kemudian iritasi. Sebenarnya, lebih baik untuk tidak menggunakan pembalut yang beraroma karena kadar parfum di dalamnya tidak baik untuk kesehatan vaginamu. Dr. Wreck mengatakan wewangian dapat mempengaruhi kelembaban area vagina. Apalagi kalau kulitmu sensitif, pasti langsung gatal.

7. Tidak mencuci tangan sebelum mengganti pembalut.

7 Kesalahan Pakai Pembalut yang Gak Banyak Cewek Ketahuiera-soap.com

Tanganmu adalah sumber bakteri. Jika kamu langsung saja menyentuh vagina tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, maka bakteri yang menempel di tanganmu akan langsung berpindah ke vaginamu dan itu tidak baik. Bisa terjadi infeksi jika kamu tidak bisa menjaga kebersihan.

Selama masa datang bulan, yang penting adalah kamu menjaga kebersihan dan tidak lupa untuk mengganti pembalut. Kamu yang merasa sering melakukan kesalahan-kesalahan di atas, jangan lakukan lagi, ya?

Baca Juga: 7 Kesalahan Pakai Bra yang Tanpa Sadar Sering Cewek Lakukan