Jika kamu merasa kurang bersemangat dengan hal yang kamu lakukan, banyak orang akan menyuruh bertanya pada dirimu apa passion-mu. Pastinya kamu sendiri gak mau membuang-buang waktumu hanya untuk terus bertanya ke dalam dirimu tentang passion yang kamu inginkan. Kamu hanya butuh tiga hal untuk mencari tahu apa yang harus kamu lakukan saat merasa kurang puas dengan yang kamu lakukan.

1. Pekerjaan apa yang memang kamu inginkan?

Saat Kamu Buntu dengan Hidupmu, Coba Jawab 3 Pertanyaan Ini!businessinsider.com

Cobalah untuk mengerti pekerjaan apa yang kamu inginkan. Kamu harus mengumpulkan hal-hal tentang pekerjaan yang memang kamu inginkan. Pikirkan dengan baik apakah pekerjaan tersebut adalah yang kamu inginkan. Bersiap-siap untuk pergi, memakai baju yang rapi setiap hari, bertemu dengan banyak rekan kerja dan klien, mengikuti banyak agenda rapat dan pulang sore hari kemudian istirahat atau berkumpul dengan teman.

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Jadi Terlalu Kompetitif Itu Buat Kamu Rugi Sendiri

2. Apa yang perlu kamu lakukan untuk menolong orang?

Saat Kamu Buntu dengan Hidupmu, Coba Jawab 3 Pertanyaan Ini!rd.com

Jika memikirkan untuk dirimu sendiri terasa lebih sulit, cobalah pikirkan sesuatu yang dapat berguna bagi orang lain. Dengan begitu kamu akan lebih berfokus untuk melakukan apa yang kamu bisa lakukan. Kamu bisa memilih dan menyeleksi dari ratusan hal yang ingin kamu lakukan.

3. Pelajaran berharga apa yang kamu dapat dari pekerjaanmu?

Saat Kamu Buntu dengan Hidupmu, Coba Jawab 3 Pertanyaan Ini!time.com

Selain menghidupi dirimu, kamu juga perlu memikirkan pelajaran apa yang dapat kamu peroleh dari pekerjaan yang sedang kamu geluti. Kamu bisa merasakan pekerjaan mana yang dapat memberimu nilai-nilai yang kamu petik dan pekerjaan yang tidak. Kamu bisa merasakan dan memilih di antaranya.

Tapi gak semua orang harus ragu dengan passion yang digeluti. Ketiga hal di atas adalah hal yang perlu kamu lakukan di saat kamu merasa tidak puas dengan passion yang sedang kamu geluti. Dengan hanya bertanya terus kepada dirimu, hal itu akan melelahkan. Tetapi jika kamu berfokus terhadap beberapa hal yang memang kamu cari, hal itu akan lebih membantumu menemukan passion dalam hidupmu.

Baca juga: Peribahasa Ala Jawa Apa yang Paling Menggambarkan Dirimu?