#InspirasiRamadan

Biar Kamu Gak Menyesal di Hari Tua, Lakukan 9 Hal Ini Sekarang Juga! unsplash.com

Biar Kamu Gak Menyesal di Hari Tua, Lakukan 9 Hal Ini Sekarang Juga!

Anak muda harus baca!

Kamu mungkin sudah memiliki rencana tentang bagaimana kehidupanmu di masa depan. Menggapai berbagai hal dalam kurun waktu 5 tahun atau 10 tahun mendatang. Namun, bagaimana jika segala yang kamu rencanakan tidak tercapai?

Ketidakberhasilan tentu tidak datang dengan sendirinya. Ada hal-hal yang mempengaruhi kegagalan tersebut. Dan pastinya, kegagalan di masa depan bisa terjadi karena kesalahan yang terjadi hari ini. Untuk itu, mulai sekarang, kamu harus melakukan tindakan pengembangan dirimu sendiri agar kamu tidak perlu menyesal dalam hidup.

1. Belajar memaafkan dan melupakan.

Banyak orang bisa memaafkan tapi tidak dengan melupakan. Walau sulit, belajarlah untuk memaafkan sekaligus melupakan kesalahan orang lain. Yang membutmu tidak maju dan tetap berada di tempat yang sama adalah karena kamu tidak mau melupakan masa lalu. Kamu masih mau disiksa oleh rasa kecewa sehingga tidak mau untuk melupakan. Belajarlah memaafkan, belajarlah melupakan.

2. Menjauhi orang-orang yang berpengaruh buruk terhadapmu.

Pergaulan yang buruk bisa mempengaruhi kebiasaanmu yang baik. Jangan berurusan dengan orang-orang yang membawa pengaruh buruk untukmu. Kamu berhak maju, kalau orang lain menghalangimu, maka tidak perlu lagi berdekatan dengan orang-orang semacam itu.

3. Mengalahkan ketakutan dalam dirimu.

Apa yang membuatmu takut; takut gagal atau apapun, kalahkan itu. Kamu tentu adalah satu-satunya orang yang tahu apa kelemahan dirimu. Setelha tahu, kalahkan sendiri rasa takutmu terhadap apapun itu. Jangan sampai kemajuan dirimu terhambat karena rasa takut yang tidak bisa kamu atasi.

4. Melakukan solo traveling.

Jalan-jalan sendiri sangat bagus untuk membuatmu lebih bisa mengandalkan dirimu dan tahu sampai mana kemampuan yang kamu miliki. Jalan-jalan dengan teman memang menyenangkan, tapi jalan-jalan sendiri patut kamu coba.

5. Membaca buku yang memotivasi diri sendiri.

Tidak menutup kemungkinan, bahwa jika orang lain tidak bisa memotivasi dirimu maka carilah buku yang bisa malakukannya.

Baca Juga: Perbedaan Pribadi Amatiran vs. Profesional, Kamu yang Mana?

6. Mendekorasi ulang kamarmu.

Lakukan perbaharuan kecil, misalnya saja mendekorasi ulang kamarmu sendiri. Melakukan pembaharuan akan membuat otakmu lebih segar setelah segala kepenatan yang kamu alami. Setelah otakmu segar, tentu kamu bisa melakukan aktivitas dengan maksimal.

7. Jangan kecanduan sosial media.

Kecanduan sosial media hanya akan membuatmu tidak produktif dan tidak menghasilkan sesuatu yang berarti. Selain itu, bergantung dengan sosial media bisa membuat rasa ingin tahumu tantang urusan orang lain mencuat tak karuan.

8. Mengambil foto untuk setiap momen.

Lakukan yang membuatmu bahagia dan ambil foto untuk setiap momen. Waktu memang berlalu, tapi kenangan membahagiakan tentu harus diabadikan.

9. Menunjukkan kepedulianmu terhadap orang lain setiap hari.

Menunjukkan kepedulianmu merupakan hal yang penting karena kamu tidak tahu sampai kapan orang tersebut akan terus berada bersamamu. Tidak ada yang aka tinggal tetap di dunia ini, maka lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan untuk orang lain.

Baca Juga: Daftar Kebiasaan Kecil yang Tanpa Sadar Bikin Hidupmu Jadi Makin Negatif


Bagaimana perasaanmu setelah membaca artikel ini?

  • Vote Vote
    Senang 11%
  • Vote Vote
    Sedih 6%
  • Vote Vote
    Terhibur 16%
  • Vote Vote
    Marah 3%
  • Vote Vote
    Kaget 7%
  • Vote Vote
    Terinspirasi 57%

ARTIKEL TERKINI

About IDNtimes